Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:50 WIB
Oleh : Pudja Lestari/ Haniel Rivelino / FFS
Ketua KPU RI Hasyim Asyari dalam sambutannya saat peluncuran maskot dan juga jinggle Pemilu Serentak 2024 di Ancol, Jakarta Utara, Jumat 2 Desember 2022. 

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU dari tingkat pusat hingga kabupaten/ kota dalam kondisi yang sehat dan siap untuk menyelenggarakan Pemilu 2024. Hal ini ditandai dengan jalan sehat yang digelar KPU di Monas, Jakarta, pada Sabtu (3/12/2022) pagi.

Kegiatan jalan sehat ini merupakan kegiatan penutup acara konsolidasi nasional KPU RI menjelang Pemilu 2024 yang digelar pada 1 Desember hingga 3 Desember 2022. Terdapat 6.300 anggota KPU dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia yang mengikuti jalan sehat ini.

Hasyim Asy'ari mengungkapkan jalan sehat ini merupakan upaya KPU untuk menunjukkan kepada masyarakat seluruh personel KPU mempunyai kondisi fisik yang sehat dan siap menyelenggarakan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Bahwa jajaran KPU, personil KPU dalam kondisi sehat walafiat dan siap untuk menyelenggarakan pemilu 2024,” kata Hasyim.

Jalan sehat dimulai pukul 07.00 WIB. Ribuan peserta yang merupakan anggota KPU dari berbagai penjuru di Indonesia memulai gerak jalan dari garis start yang ditempatkan di Lapangan Monas. Rute jalan sehat dilanjutkan dengan menyusuri Jalan MH Thamrin Jakarta, mengelilingi Bundaran Hotel Indonesia, dan kembali menuju garis finis di dalam Lapangan Monas.

Sebelumnya, KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022). Dalam rapat tersebut, KPU melakukan verifikasi partai politik, persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih, penataan daerah pemilihan DPRD kabupaten/kota, pembentukan badan adhoc panitia pemilihan tingkat kecamatan, persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih, dan penyerahan dukungan bagi bakal calon anggota DPD.

Rapat tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutannya, Jokowi meminta KPU memperhatikan hal-hak teknis seperti detail kesiapan sarana dan prasarana logistik dan merencanakan pengadaan dalam jumlah yang sesuai pada waktu yang tepat.

Jokowi juga meminta agar KPU mempersiapkan anggaran Pemilu 2024 secara matang. Hal ini mengingat, Pemilu 2024 berlangsung di tengah ketidakpastian akibat kondisi ekonomi global.

"Pemilu 2024 ini kita selenggarakan dalam kondisi ekonomi global yang diliputi oleh ketidakpastian kita harus memiliki perasaan yang sama mengenai ini ekonomi global yang sulit diprediksi sulit dihitung sulit dikalkulasi," ujar Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


TERKINI