Logo BeritaSatu

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:04 WIB
Oleh : Pudja Lestari/ Haniel Rivelino / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024. KPU berharap parpol dapat mencalonkan kader berdasarkan aspirasi dari masyarakat.

Ketua KPU Hasyim Asyari menyebut partai politik adalah aktor strategis dalam pemilu. Hal ini mengingat hanya parpol yang dapat mencalonkan presiden dan wakil presiden serta anggota DPR/DPRD. Sebelum mengutus nama calon, KPU berharap partai politik mempertimbangan masukan dan aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.

Advertisement

“Menggunakan mekanisme demokratis dan transparan supaya kemudian membuka diri tehadap aspirasi masyarakat tentang profil calon yang diharapkan masyarakat,” jelas Hasyim di sela acara jalan sehat yang merupakan rangkaian dari konsolidasi nasional persiapan Pemilu 2024 di Monas, Jakarta, Sabtu (3/12/2022) pagi.

KPU juga berharap masyarakat aktif menyuarakan aspirasinya kepada partai politik. KPU meminta masyarakat untuk menyampaikan gagasan-gagasan tentang kriteria pemimpin yang diharapkan di daerah pemilihannya.

Diketahui, untuk mempersiapkan Pemilu 2024, KPU menggelar rapat konsolidasi nasional sejak 1 Desember 2022. Dalam acara tersebut, KPU mengundang perwakilan seluruh personel KPU di dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia.

Sejumlah agenda dilaksanakan, seperti verifikasi partai politik, persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih, penataan daerah pemilihan DPRD kabupaten/kota, pembentukan badan adhoc panitia pemilihan tingkat kecamatan, persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih, dan penyerahan dukungan bagi bakal calon anggota DPD.

Rapat tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutannya, Jokowi meminta KPU memperhatikan hal-hak teknis seperti detail kesiapan sarana dan prasarana logistik dan merencanakan pengadaan dalam jumlah yang sesuai pada waktu yang tepat.

Jokowi juga meminta agar KPU mempersiapkan anggaran Pemilu 2024 secara matang. Hal ini mengingat Pemilu 2024 digelar di tengah ketidakpastian akibat kondisi ekonomi global.

"Pemilu 2024 ini kita selenggarakan dalam kondisi ekonomi global yang diliputi oleh ketidakpastian kita harus memiliki perasaan yang sama mengenai ini ekonomi global yang sulit diprediksi sulit dihitung sulit dikalkulasi," ujar Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibu Muda di Jambi Jadi Tersangka Pelecehan Anak, Sudah Ada 17 Korban

Polisi menetapkan seorang ibu muda di Jambi sebagai tersangka pelecehan anak. Korban pelecehan ibu muda itu terus bertambah dan kini mencapai 17 anak. 

NEWS | 5 Februari 2023

Soal Balon Mata-mata Tiongkok di AS, Pakar: Ini Amatir!

Penerbangan balon mata-mata Tiongkok di atas udara Amerika Serikat telah menandai taktik spionase yang lebih agresif, meskipun ceroboh dan amatir.

NEWS | 5 Februari 2023

16.000 Pekerja Bakal Masuk IKN, Badan Otorita Segera Hapus Kode Pos 6 Kecamatan

Menjelang masuknya 16.000 pekerja ke IKN, Badan Otorita IKN akan menghapus kode pos enam kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

NEWS | 5 Februari 2023

Respons Bamsoet soal Usulan Cak Imin Hapus Jabatan Gubernur

Ketua MPR, Bambang Soesatyo atau Bamsoet merespons usulan Ketua Umum PKB, Cak Imin agar jabatan gubernur dihapus. 

NEWS | 5 Februari 2023

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Perundingan Kode Etik di Laut China Selatan

Indonesia siap menjadi tuan rumah perundingan kode etik (code of conduct) di Laut China Selatan, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Kronologi Nenek di Sukabumi Dipolisikan Pelaku Pencabulan Cucunya

Kapolres Sukabumi, AKBP Zainal Abidin membeberkan kronologi nenek Sukabumi yang dipolisikan terdakwa kasus pencabulan terhadap cucunya. 

NEWS | 5 Februari 2023

PM Jepang Pecat Ajudan yang Anti-pasangan Sesama Jenis

PM Jepang Fumio Kishida pada Sabtu (4/2/2023), pecat ajudan yang mengatakan tidak ingin hidup berdampingan dengan pasangan sesama jenis.

NEWS | 5 Februari 2023

Bripka Madih Merasa Dizalimi Kementerian ATR/BPN dan Bareskrim Polri

Anggota Provost Polsek Jatinegara, Bripka Madih yang viral atas kasus polisi peras polisi mengaku dizalimi Kementerian ATR/BPN dan Bareskrim Polri. 

NEWS | 5 Februari 2023

Bersihkan Pengaruh Pro-Rusia, Zelensky Cabut Kewarganegaraan Sejumlah Politisi

Zelensky mencabut kewarganegaraan beberapa mantan politisi berpengaruh pada sebagai langkah terbaru untuk "membersihkan" negara dari pengaruh pro-Rusia.

NEWS | 5 Februari 2023

Diperas Polisi Jadi Alasan Bripka Madih Mundur dari Polri

Anggota Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih mengaku mengundurkan diri sebagai anggota Polri lantaran kasus polisi peras polisi. 

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ibu Muda di Jambi Jadi Tersangka Pelecehan Anak, Sudah Ada 17 Korban

Ibu Muda di Jambi Jadi Tersangka Pelecehan Anak, Sudah Ada 17 Korban

NEWS | 36 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE