Logo BeritaSatu

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:04 WIB
Oleh : Pudja Lestari/ Haniel Rivelino / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024. KPU berharap parpol dapat mencalonkan kader berdasarkan aspirasi dari masyarakat.

Ketua KPU Hasyim Asyari menyebut partai politik adalah aktor strategis dalam pemilu. Hal ini mengingat hanya parpol yang dapat mencalonkan presiden dan wakil presiden serta anggota DPR/DPRD. Sebelum mengutus nama calon, KPU berharap partai politik mempertimbangan masukan dan aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.

Advertisement

“Menggunakan mekanisme demokratis dan transparan supaya kemudian membuka diri tehadap aspirasi masyarakat tentang profil calon yang diharapkan masyarakat,” jelas Hasyim di sela acara jalan sehat yang merupakan rangkaian dari konsolidasi nasional persiapan Pemilu 2024 di Monas, Jakarta, Sabtu (3/12/2022) pagi.

KPU juga berharap masyarakat aktif menyuarakan aspirasinya kepada partai politik. KPU meminta masyarakat untuk menyampaikan gagasan-gagasan tentang kriteria pemimpin yang diharapkan di daerah pemilihannya.

Diketahui, untuk mempersiapkan Pemilu 2024, KPU menggelar rapat konsolidasi nasional sejak 1 Desember 2022. Dalam acara tersebut, KPU mengundang perwakilan seluruh personel KPU di dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia.

Sejumlah agenda dilaksanakan, seperti verifikasi partai politik, persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih, penataan daerah pemilihan DPRD kabupaten/kota, pembentukan badan adhoc panitia pemilihan tingkat kecamatan, persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih, dan penyerahan dukungan bagi bakal calon anggota DPD.

Rapat tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutannya, Jokowi meminta KPU memperhatikan hal-hak teknis seperti detail kesiapan sarana dan prasarana logistik dan merencanakan pengadaan dalam jumlah yang sesuai pada waktu yang tepat.

Jokowi juga meminta agar KPU mempersiapkan anggaran Pemilu 2024 secara matang. Hal ini mengingat Pemilu 2024 digelar di tengah ketidakpastian akibat kondisi ekonomi global.

"Pemilu 2024 ini kita selenggarakan dalam kondisi ekonomi global yang diliputi oleh ketidakpastian kita harus memiliki perasaan yang sama mengenai ini ekonomi global yang sulit diprediksi sulit dihitung sulit dikalkulasi," ujar Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Bakal Dikonfrontasi dengan Eks Penyidik TG

Polda Metro Jaya bakal mempertemukan dan mengkonfrontasi Bripka Madih dengan oknum penyidik berinisial TG terkait kasus dugaan polisi peras polisi. 

NEWS | 4 Februari 2023

Sebulan Diguyur Hujan, Jalan Industri Narogong Bogor Rusak Parah

Sebulan diguyur hujan terus-menerus, jalan utama ke kawasan industri Narogong, Kabupaten Bogor, rusak parah.

NEWS | 4 Februari 2023

Ketua SPS: Media Cetak Mesti Ubah Model Pemberitaan

Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Januar P Ruswita menyatakan media cetak mesti mengubah model pemberitaan yang disajikan kepada para pembaca.

NEWS | 4 Februari 2023

Dugaan Pemerasan, Oknum Penyidik Akan Dipertemukan dengan Bripka Madih

Polda akan mempertemukan oknum penyidik kepolisian dengan anggota Provos Polsek Jatinegara, Bripka Madih terkait dugaan pemerasan.

NEWS | 4 Februari 2023

Ridwan Kamil Akui 30 Persen Petani Milenial Jawa Barat Gagal

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengakui 30 persen petani milenial gagal. Namun, RK optimistis program ini mampu meregenerasi profesi petani.

NEWS | 4 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas, Kasubag DPRD Jambi Dinonaktifkan

Kasubag Rumah Tangga dan Aset DPRD Jambi yang merupakan ibu anak SMA yang mengendarai mobil dinas DPRD Jambi dan kecelakaan akan dinonaktifkan. 

NEWS | 4 Februari 2023

Kesibukan Klenteng Tay Kak Sie Semarang Jelang Perayaan Cap Go Meh

Klenteng Tay Kak Sie yang berada di kawasan Pecinan Semarang, Jawa Tengah melakukan persiapan jelang perayaan Cap Go Meh.

NEWS | 4 Februari 2023

Klenteng Sanggar Agung Surabaya Dipadati Umat Hendak Tabur Bunga di Laut

Klenteng Sanggar Agung Surabaya yang berlokasi tepat di depan pantai Kenjeran tampak di padati para umat yang melaksanakan sembahyang dan tabur bunga.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

Ketersediaan pupuk subsidi di Kabupaten Lumajang belakangan ini cukup terbatas, yang diduga akibat terjadinya penyelewengan distribusi.

NEWS | 4 Februari 2023

Konser 30 Tahun Dewa 19 di JIS, Polda Metro Jaya Terapkan Penjagaan Berlapis

Polda Metro Jaya menerapkan penjagaan berlapis dalam pengamanan konser 30 tahun Dewa 19 di JIS atau Jakarta International Stadium, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Bakal Dikonfrontasi dengan Eks Penyidik TG

Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Bakal Dikonfrontasi dengan Eks Penyidik TG

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE