Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:54 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR
Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto dan Ketum IDI Moh. Adib Khumaidi di acara pembukaan MEdical ASEAN (MASEAN) di Ruang Sumba C, Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Sabtu, 3 Desember 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19. Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang mampu mengendalikan Covid-19 dengan baik.

“Semua negara sebenarnya mengakui recovery-nya (pasca pandemi Covid-19) bagus, cepat pemulihannya,” ujar Adib di sela-sela acara pembukaan MEdical ASEAN atau MASEAN di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (3/12/2022).

Adib mengatakan pihaknya nanti akan meng-sharing-kan langkah penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia kepada organisasi profesi dokter se-ASEAN dalam acara MASEAN yang berlangsung di Hotel Borobudur selama dua hari ini. Dalam acara MASEAN tersebut, tutur dia, masing-masing organisasi profesi dokter negara ASEAN akan berbagi pengalaman terkait penanganan Covid-19 serta langkah-langkah ke depannya.

“Saat-saat pertemuan ini kita sharing. Ke depannya kita kolaborasi terkait dengan study exchange, penyetaraan kompetensi, termasuk transfer knowledge juga,” kaanya.

Selain Adib, acara pembukaan MASEAN ini dihadiri oleh Chairman of MASEAN 2020-2022, Nguyen Thi Xuyen, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyawati dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Mayjen (Pol) purn Sidarto Danusubroto.

Senada dengan Adib, Sidarto Danusubroto juga menyebutkan Indonesia, termasuk lima besar negara terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19. Meskipun, kata Sidarto, banyak juga dokter dan tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam upaya pengendalian Covid-19 tersebut.

“Mereka (dokter dan tenaga kesehatan) betul-betul pahlawan kemanusiaan di mata kita, yang mengangkat bagaimana Covid-19 cepat teratasi di Indonesia, itu luar biasa termasuk yang terbaik,” ujar Sidarto.

Sidarto juga mengapresiasi Adi menjadi Chairman of MASEAN, menggantikan Nguyen Thi Xuyen. Dia berharap organisasi-organisasi dokter se-ASEAN bisa meningkatkan kerja sama.

“Ini saatnya lebih mempererat kerja sama para dokter ASEAN dalam rangka pertukaran pengetahuan, kerja sama dan sebagainya untuk mengatasi masalah kesehatan,” kata Sidarto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI