Logo BeritaSatu

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:18 WIB
Oleh : Muhammad Awaludin / FFS

Mataram, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengirimkan dua truk bantuan berupa makanan siap saji untuk para korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Pengiriman bantuan untuk para korban gempa Cianjur dilepas oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas Sosial NTB, Ahsanul Khalik dan sejumlah kepala dinas lainnya di halaman Kantor Gubernur NTB Sabtu (3/12/2022).

Advertisement

Zulkieflimansyah mengatakan pengiriman dua truk bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian warga NTB kepada korban gempa Cianjur. Hal ini mengingat saat gempa Lombok beberapa tahun yang lalu, Pemprov Jawa Barat mengirimkan bantuan kepada warga Lombok.

“Kalau bantuan, dulu kan saat kita disapa gempa bumi, Pak Gubernurnya yang langsung ke sini. Sebagai empati kita kepada saudara-saudara kita yang tertimpa bencana gempa di Cianjur, sehingga kita mengirimkan bantuan” ungkapnya.

Lebih lanjut Zulkieflimansyah berharap bantuan berupa makanan siap saji ini dapat meringankan beban korban gempa Cianjur. apalagi, kuliner asal NTB memiliki cita rasa yang khas yang mampu meningkatkan selera makan.

“Saya kira makanan-makanan yang lain sudah banyak dan dari NTB ini bisa dirasakan oleh para korban gempa bumi dan bisa sedikit tersenyum, satu minggu, dua minggu dirasakan hambar juga, dan kuliner dari NTB memiliki rasa khas tersendiri,” ujarnya.

Sementara itu, kepala Dinas Sosial NTB Ahsanul Khalik mengatakan bantuan makanan siap saji merupakan hasil pengumpulan dari para pegawai Pemprov NTB dan sumbangan dari berbagai instansi serta perkumpulan guru di NTB dengan total senilai Rp 811 juta.

“Dana yang terkumpul dalam jumlah uang sebesar Rp 811.290.000. Yang kita kirimkan dalam bentuk makanan siap saji berupa makanan khas NTB, seperti ayam rarang, ayam taliwang, sate rembiga dan makan khas lainnya,” ungkapnya

Selain ayam taliwang, sate rembiga, dan ayam rarang, bantuan makanan yang merupakan produk hasil UMKM itu terdiri dari abon ikan dan daging, telur asin, madu Sumbawa, kopi Lombok dan Sumbawa, serta makanan kering yang mampu bertahan hingga tiga bulan.

“Produk makanan ini kita ambil dari para UMKM dan memiliki nilai positif bagi pengembangan usaha di masyarakat,” jelasnya

Pemprov NTB memilih mengirimkan bantuan berupa makanan khas selain membantu korban gempa di Cianjur sekaligus juga mempromosikan berbagai produk lokal asli NTB.

“Untuk mengenalkan produk unggulan khas daerah kita di daerah lain, karena saya yakin nanti warga masyarakat lain di Cianjur melihat ini produk dari NTB hingga suatu saat ada yang datang kesini mereka akan cari,” katanya.

Rencananya Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah dan pejabat terkait akan mengunjungi korban gempa Cianjur untuk mengetahui langsung kondisi para korban.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur, Kompol D Dipatsuskan

Kompol D dipatsuskan lantaran diketahui selingkuh dengan wanita di mobil Audi A6 yang terlibat tabrak lari mahasiswi Cianjur Selvi Amalia Nuraini. 

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Antar Langsung Surat SP3 Kasus Mahasiswa UI Tewas Ditabrak, Orang Tua: Aneh

Orang tua mahasiswa UI yang tewas ditabrak menyebut surat SP3 diberikan secara langsung oleh polisi ke rumahnya di Kota Bekasi, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Hentikan Penyelidikan Satu Keluarga Dikurung di Dalam Rumah

Juru parkir di Bandar Lampung yang mengurung istri dan 8 orang anaknya di kontrakan telah dipulangkan dan polisi menyatakan penyelidikan dihentikan.

NEWS | 31 Januari 2023

Diguyur Hujan, Atap SDN Bejelo Lombok Tengah Ambruk Lagi

Hujan lebat yang terus mengguyur membuat atap SDN Bejelo Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah NTB ambruk lagi. 

NEWS | 31 Januari 2023

AS Bakal Akhiri Kondisi Darurat Covid-19 pada 11 Mei

Pemerintahan Presiden Joe Biden pada Senin (30/1/2023) mengatakan, siap mengakhiri kondisi darurat Covid-19 pada 11 Mei.

NEWS | 31 Januari 2023

KIB Dinilai Koalisi Paling Solid, Ini Alasannya

PARA Syndicate menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP adalah koalisi yang paling solid dibandingkan koalisi lainnya.

NEWS | 31 Januari 2023

Pleidoi Ditolak Jaksa, Ferdy Sambo Cs Akan Tanggapi Hari Ini

Selain Ferdy Sambo, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf juga akan menjalani sidang dengan agenda yang sama dalam perkara pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J tersebut.

NEWS | 31 Januari 2023

Bencana Hidrometeorologi Basah Tak Lepas dari Faktor Populasi

Menurut BNPB, dengan populasi tinggi, pasti di situ bencana hidrometeorologi basah cukup dominan

NEWS | 31 Januari 2023

5 Top News: Kabar Reshuffle, Tuntutan Bharada E hingga Tewasnya Mahasiswi Ditabrak

Selain berita mengenai perombakan kabinet atau reshuffle, berita soal tuntutan Bharada E dan juga tewasnya mahasiswi ditabrak di Cianjur mendapat perhatian besar,

NEWS | 31 Januari 2023

PKB Tunggu Parpol Pilihan Kaesang

Wakil Sekjen PKB itu berharap rencana Kaesang terjun ke politik menjadi momentum bagi para generasi Z dan milenial mengambil pilihan masuk di politik praktis.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Buntut Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur, Kompol D Dipatsuskan

Buntut Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur, Kompol D Dipatsuskan

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE