Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:18 WIB
Oleh : Muhammad Awaludin / FFS
Pemprov NTB mengirimkan dua truk bantuan berupa makanan siap saji untuk para korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Mataram, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengirimkan dua truk bantuan berupa makanan siap saji untuk para korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Pengiriman bantuan untuk para korban gempa Cianjur dilepas oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas Sosial NTB, Ahsanul Khalik dan sejumlah kepala dinas lainnya di halaman Kantor Gubernur NTB Sabtu (3/12/2022).

Zulkieflimansyah mengatakan pengiriman dua truk bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian warga NTB kepada korban gempa Cianjur. Hal ini mengingat saat gempa Lombok beberapa tahun yang lalu, Pemprov Jawa Barat mengirimkan bantuan kepada warga Lombok.

“Kalau bantuan, dulu kan saat kita disapa gempa bumi, Pak Gubernurnya yang langsung ke sini. Sebagai empati kita kepada saudara-saudara kita yang tertimpa bencana gempa di Cianjur, sehingga kita mengirimkan bantuan” ungkapnya.

Lebih lanjut Zulkieflimansyah berharap bantuan berupa makanan siap saji ini dapat meringankan beban korban gempa Cianjur. apalagi, kuliner asal NTB memiliki cita rasa yang khas yang mampu meningkatkan selera makan.

“Saya kira makanan-makanan yang lain sudah banyak dan dari NTB ini bisa dirasakan oleh para korban gempa bumi dan bisa sedikit tersenyum, satu minggu, dua minggu dirasakan hambar juga, dan kuliner dari NTB memiliki rasa khas tersendiri,” ujarnya.

Sementara itu, kepala Dinas Sosial NTB Ahsanul Khalik mengatakan bantuan makanan siap saji merupakan hasil pengumpulan dari para pegawai Pemprov NTB dan sumbangan dari berbagai instansi serta perkumpulan guru di NTB dengan total senilai Rp 811 juta.

“Dana yang terkumpul dalam jumlah uang sebesar Rp 811.290.000. Yang kita kirimkan dalam bentuk makanan siap saji berupa makanan khas NTB, seperti ayam rarang, ayam taliwang, sate rembiga dan makan khas lainnya,” ungkapnya

Selain ayam taliwang, sate rembiga, dan ayam rarang, bantuan makanan yang merupakan produk hasil UMKM itu terdiri dari abon ikan dan daging, telur asin, madu Sumbawa, kopi Lombok dan Sumbawa, serta makanan kering yang mampu bertahan hingga tiga bulan.

“Produk makanan ini kita ambil dari para UMKM dan memiliki nilai positif bagi pengembangan usaha di masyarakat,” jelasnya

Pemprov NTB memilih mengirimkan bantuan berupa makanan khas selain membantu korban gempa di Cianjur sekaligus juga mempromosikan berbagai produk lokal asli NTB.

“Untuk mengenalkan produk unggulan khas daerah kita di daerah lain, karena saya yakin nanti warga masyarakat lain di Cianjur melihat ini produk dari NTB hingga suatu saat ada yang datang kesini mereka akan cari,” katanya.

Rencananya Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah dan pejabat terkait akan mengunjungi korban gempa Cianjur untuk mengetahui langsung kondisi para korban.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI