Logo BeritaSatu

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:47 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Guru serta para orang tua dari anak-anak disabilitas tak kuasa menahan rasa bangga dan haru. Hal itu mengingat para anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta, Sabtu (3/12/2022). Bus ini sudah diresmikan dan langsung dioperasikan pada Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada hari ini.

Timotius Warsito dari komunitas Outsider Art Jakarta sekaligus mentor seni bagi para anak berkebutuhan khusus mengungkapkan kebanggaannya karena masyarakat Jakarta dapat menikmati hasil karya seni dari para anak didiknya.

Advertisement

"Saya sangat bangga tentunya, yang lebih membuat saya bahagia ketika orang tuanya bisa melihat pencapaian anaknya dan bangga dengan hasil yang dilakukan oleh anaknya," ungkap Toto, sapaan akrabnya, di Kantor Balai Kota, Jakarta.

Toto menerangkan, mendidik anak berkebutuhan khusus untuk melukis adalah hal yang tidak mudah. Apalagi dengan media yang dijadikan tempat para anak-anak melukis adalah badan bus Transjakarta. Ada cara-cara tertentu yang perlu diterapkan supaya anak didiknya bisa memaksimalkan kreativitas mereka.

Toto mengaku memperhatikan terlebih dahulu kebiasaan dari para anak didiknya. Hal itu mulai dari hobi hingga gambar yang digemari.

“Lalu dari situ saya kembangkan menjadi sebuah karya seni yang memang siap untuk dinikmati publik," ungkap Toto.

Rasa bangga juga disampaikan oleh Ina selaku salah satu perwakilan orang tua anak dengan kebutuhan khusus. Dia menilai, kegiatan kali ini bakal menjadi kenangan yang patut diingat. Dia juga berharap kegiatan ini dapat lebih menginspirasi lebih banyak orang lagi.

"Ini semua akan menjadi sebuah kenangan-kenangan dan sebagai titik jalan mereka menuju masa depan mereka," tutur Ina.

Sementara itu, Direktur Utama Transjakarta M Yana Aditya menerangkan pihaknya punya kepedulian terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Hal itu mendorong pihaknya menggelar kegiatan kali ini.

“Oleh sebab itu maka Transjakarta pada kesempatan kali ini memberikan satu apresiasi dengan cara anak-anak berkebutuhan khusus ini boleh melukis di badan bus,” imbuhnya.

Diketahui, kini bus Transjakarta yang sudah dihiasi gambar karya para anak-anak disabilitas telah turun ke jalan siang hari ini. Di bus tersebut sudah dihiasi dengan gambar berkarakter perempuan, anak-anak, bunga, dan hewan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

Kawasan Simpang Lima Rapak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memiliki wajah baru berupa lukisan mural yang unik dan menarik.

NEWS | 7 Februari 2023

Live Instagram Saat Pesta Miras, 31 Anggota Geng Motor di Gowa Diciduk Polisi

Puluhan anggota geng motor di Gowa, Sulawesi Selatan diciduk Polrestabes Makassar saat sedang pesta miras setelah salah satu dari mereka live di Instagram.

NEWS | 6 Februari 2023

Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

Bocah yang ditemukan telantar di pinggir rel di Dewi Sartika Depok mengaku dipukuli ibu kandungnya dengan tongkat bisbol. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mantan Winger Chelsea Christian Atsu Dilaporkan Terperangkap di Reruntuhan Gempa Turki

Christian Atsu, mantan pemain sayap Chelsea dan Newcastle yang kini berusia 31 tahun, menjadi salah satu korban yang terperangkap di reruntuhan gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

Besok, Kemenag Gelar Ujian Nasional bagi 6.727 Santri

Kemenag akan menggelar Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional atau yang disebut dengan Imtihan Wathani bagi santri, Rabu (7/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Gunting Jari Bayi 7 Bulan, Perawat di Palembang Jadi Tersangka

Polrestabes Palembang menetapkan perawat RS Muhammadiyah sebagai tersangka. Perawat itu gunting jari bayi berusia 7 bulan hingga putus. 

NEWS | 6 Februari 2023

Taruna Poltekpel Surabaya Tewas Dianiaya Senior

Muhammad Rio Ferdinan Anwar (19), seorang taruna Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya tewas diduga dianiaya oleh sejumlah seniornya. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mitos Jus Jambu Bisa Sembuhkan DBD, Ini Pendapat Ahli

Mengonsumsi jus jambu, sari kurma dan air daun pepaya ternyata bukan upaya untuk menyembuhkan demam berdarah.

NEWS | 7 Februari 2023

Salju, Cuaca Buruk Hambat Upaya Penyelamatan Korban Gempa Turki

Kondisi salju, hujan, dan beku menghambat operasi pencarian dan penyelamatan korban tewas akibat gempa Turki yang diperkirakan mencapai 1.800 orang.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter di Sejumlah Perairan!

BMKG menyampaikan bahwa gelombang tinggi hingga 6 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan Indonesia pada 7-8 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Live Instagram Saat Pesta Miras, 31 Anggota Geng Motor di Gowa Diciduk Polisi

Live Instagram Saat Pesta Miras, 31 Anggota Geng Motor di Gowa Diciduk Polisi

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE