Logo BeritaSatu

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:06 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / FFS

Semarang, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para guru untuk selalu memperbarui informasi dan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Jokowi menjelaskan sedikitnya ada tiga komponen yang menjadi bagian dari SDM unggul yang dihasilkan oleh para guru. Beberapa di antaranya, ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan keterampilan teknis yang relevan dengan perkembangan zaman.

Advertisement

Hal ini disampaikan Jokowi dalam sambutannya saat menghadiri puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 di Marina Convention Center, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (3/12/2022).

"SDM unggul yang bapak ibu hasilkan mempunyai beberapa komponen," kata Jokowi.

Pertama, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan keterampilan teknis yang relevan dengan perkembangan zaman.

Berkaitan dengan hal tersebut, Jokowi menyebutkan para guru kini diberikan kebebasan agar bisa beradaptasi dengan perubahan zaman yang sangat cepat.

Menurutnya, para guru harus terus memperbarui informasi dan proses pengajaran dengan berbagai ilmu maupun teknologi baru yang terus bermunculan.

"Guru pun harus selalu meng-update informasi dan proses yang terpenting dalam pengajaran, menurut saya, saat ini adalah bagaimana proses pengajaran itu agar anak memiliki daya kritis yang baik sehingga fleksibilitas itu diperlukan, tidak kaku, harus fleksibel karena ilmunya berkembang sangat cepat sekali," ungkapnya.

Kedua, salah komponen penting dalam SDM unggul adalah mentalitas dan karakter. Menurutnya, sikap santun, jujur, budi pekerti yang baik, peduli terhadap sesama, kerja keras, dan mampu bergotong royong makin penting untuk diajarkan dan harus terus dibangun.

"Karakter kebangsaan yang kuat, karakter yang pancasilais, yang moderat, yang toleran, yang tahu mengenai Bhinneka Tunggal Ika, ini juga adalah sebuah keharusan," imbuhnya.

Selanjutnya, komponen yang ketiga dari SDM unggul adalah kesehatan jasmani. Menurut Jokowi akan jadi percuma ilmu dan keterampilan tinggi yang dimiliki oleh seseorang jika kondisi fisik dan mentalnya tidak sehat.

"Penguasaan ilmu yang hebat juga akan menjadi sia-sia jika anak didik kita tidak sehat jiwanya dan tidak sehat badannya. Hati-hati mengenai ini karena sakit fisik maupun sakit mental adalah pengali nol dari prestasi akademis," jelasnya.

"Oleh karena itu, saya ingin mengingatkan untuk kita semuanya, tugas kita adalah mencetak SDM yang unggul, yang unggul prestasi akademisnya, yang unggul keterampilannya, tetapi juga yang unggul karakter sosial dan kebangsaannya, dan unggul pula kesehatan raganya. Harus komplet, ini tugas berat bapak ibu semuanya," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Brigadir J, Kubu Kuat Ma'ruf Nilai Replik Jaksa Tidak Mampu Buktikan Fakta Hukum

Kubu Kuat Ma'ruf menilai replik jaksa tidak mampu membuktikan fakta hukum terkait pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 31 Januari 2023

Masjid di Markas Polisi Pakistan Dibom, Diduga Serangan Bunuh Diri

Masjid di markas polisi dibom di ibu kota provinsi Peshawar Pakistan, yang menewaskan 61 orang dan 150 terluka, pada Senin (30/1/2023).

NEWS | 31 Januari 2023

Lada Damar Lampung Heran Suami yang Kurung Istri dan 8 Anaknya Dibebaskan

Lada Damar Lampung heran dengan langkah polisi membebaskan Rudi, suami yang mengurung istri dan delapan anaknya di rumah mereka. 

NEWS | 31 Januari 2023

Dituduh Otak Perampokan, Mantan Wali Kota Blitar Ajukan Praperadilan

Tersangka otak perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Blitar, Jawa Timur

NEWS | 31 Januari 2023

Masjid di Markas Polisi Pakistan Dibom, 61 Tewas dan 150 Terluka

Sebuah ledakan di masjid di markas polisi Pakistan, menewaskan 61 orang dan 150 terluka, pada Senin (30/1/2023).

NEWS | 31 Januari 2023

Sempat Diikat, Istri Dede Solehudin Selamat dari Pembunuhan Berantai

Istri tersangka M Dede Solehudin bernama Yeni selamat dari maut setelah dua kali hendak dibunuh oleh komplotan pembunuh berantai.

NEWS | 31 Januari 2023

PPP Ungkap Kebiasaan Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

Wakil Ketua Umum Arsul Sani mengungkapkan kebiasaan Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet khususnya reshuffle menteri dari partai politik

NEWS | 31 Januari 2023

Buntut Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur, Kompol D Dipatsuskan

Kompol D dipatsuskan lantaran diketahui selingkuh dengan wanita di mobil Audi A6 yang terlibat tabrak lari mahasiswi Cianjur Selvi Amalia Nuraini. 

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Antar Langsung Surat SP3 Kasus Mahasiswa UI Tewas Ditabrak, Orang Tua: Aneh

Orang tua mahasiswa UI yang tewas ditabrak menyebut surat SP3 diberikan secara langsung oleh polisi ke rumahnya di Kota Bekasi, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Hentikan Penyelidikan Satu Keluarga Dikurung di Dalam Rumah

Juru parkir di Bandar Lampung yang mengurung istri dan 8 orang anaknya di kontrakan telah dipulangkan dan polisi menyatakan penyelidikan dihentikan.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Shin Tae-yong Tidak Akan Tangani Timnas Indonesia di SEA Games 2023

Shin Tae-yong Tidak Akan Tangani Timnas Indonesia di SEA Games 2023

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE