Logo BeritaSatu

Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar, Kok Bisa?

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Magelang, Beritasatu.com - Puput Setyoko, seorang petani jamur di Borobudur, Kabupaten Magelang tampak sumringah dan punya cerita menarik soal usahanya dalam membudidaya jamur yang telah ditekuni sejak tahun 2013. Kini usahanya semakin berkembang setelah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendatangi tempat usahanya dan turut mempromosikan.

Berawal dari usaha jamur kecil-kecilan di tahun 2013, pada tahun 2016, Puput mulai mencoba berproduksi olahan jamur, seperti kripik dan krupuk berbahan jamur. "Waktu itu, usaha ini memang belum banyak dikenal masyarakat. Saya kesulitan berkembang terutama soal pemasaran," ujarnya kepada B Universe pada Jumat (2/12/2022).

Advertisement

Puput yang pantang putus asa dan tetap menggeluti usahanya tersebut akhirnya menemukan keberuntungan setelah tempat usahanya di Dusun Jowahan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang didatangi oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Sejak itu, boleh dbilang usahanya semakin naik daun.

Saat mulai merintis wisata edukasi di tahun 2018, setelah dikunjungi oleh Ganjar Pranowo, usaha Puput pun langsung dikenal masyarakat lebih luas. Sosok Ganjar sendiri terbilang punya pengaruh besar dalam mem-branding usaha kecilnya itu karena usahanya pernah diposting di Lapak Ganjar.

"Setelah kunjungan Pak Ganjar, Saat itu banyak sekali yang berkunjung ke sini. Ada wisatawan dari Kalimantan sengaja datang ke sini karena dapat info dari Lapak Ganjar, bahkan minta foto bareng saya," ungkapnya sambil tertawa.

Dalam satu hari ada sekitar 200 wisatawan yang datang. Bahkan saat akhir pekan rata-rata bisa sampai 1000-an pengunjung. Pengunjung pun tidak ditarik tiket alias gratis. Dari hasil penjualan produknya, Puput terbilang mampu mendapatkan omzet mulai dari Rp100 juta hingga Rp150 juta per bulan.

"Karena berkembang pesat, saya akhirnya bisa membangun pendapa-pendapa sebagai fasilitas wisatawan yang datang," ucapnya.

Wisata edukasi jamur miliknya kini memang diminati para pengunjung. Selain sarana prasarana, wisatawan dapat dilayani oleh 16 karyawan yang ada. "Dulunya hanya 4 orang, kini sudah berkembang menjadi 16 karyawan", jelasnya. Menurut Puput, Gubernur Ganjar terbilang sangat peduli dengan UMKM. Selain sosoknya, Ganjar juga mempunya terobosan-terobosan dalam mengangkat UMKM.

Jamur Borobudur yang jadi usaha Puput memang bukan hanya layak untuk dikunjungi bagi siapa saja yang ingin belajar tentang jamur, tapi juga dapat menikmati hidangan olahan jamur, seperti kripik, krupuk, sambak dan lainnya.

Menariknya, olahan jamur di tempat Puput juga bisa dipesan online. "Biasanya pengiriman sampai ke Papua, Kalimantan, Jabar, Jatim, dan Jakarta. Harapannya, Lapak Ganjar terus ada dalam membantu UMKM seperti saya" tutupnya. (ADVERTORIAL)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Tewas Gempa Dahsyat Turki dan Suriah Lebih 7.800, Tim Penyelamat Hadapi Cuaca Dingin

Tim penyelamat di Türki dan Suriah berjuang melawan cuaca dingin untuk menemukan korban selamat di bawah bangunan yang rata akibat gempa dahsyat.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023

Top 5 News: Korban Gempa Turki Lebih dari 3.800 hingga OJK Bakal Pangkas 600 BPR

Korban meninggal akibat gempa Turki lebih dari 3.800 orang menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Selasa (7/2/2023).

NEWS | 8 Februari 2023

BSKDN Bakal Bahas Aspirasi Publik Soal Pemerintahan Desa

BSKDN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal menggelar lokakarya untuk membahas aspirasi publik soal pemerintahan desa.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Muncul ke Publik Setelah 36 Hari, Kim Jong-un Minta Korut Bersiap Perang

Pemimpin Korut (Korea Utara) Kim Jong-un muncul di hadapan publik setelah tak terlihat di depan umum, yang menimbulkan spekulasi tentang kesehatannya.

NEWS | 8 Februari 2023

Gagal Ginjal Akut Kembali Terdeteksi, IDI: Monitoring Pemakaian Obat Harus Diperketat

Ketua Umum IDI mengatakan, kesadaran atas efek samping obat sirup merupakan hal yang penting untuk di monitor guna mencegah kasus gagal ginjal akut.

NASIONAL | 8 Februari 2023

MRCCC Siloam Minimalisasi Kesenjangan Perawatan Pasien Kanker

MRCCC Siloam Semanggi meminimalisasi kesenjangan perawatan pasien kanker serta menekankan kesetaraan pasien dalam mendapatkan pelayanan medis.

NASIONAL | 7 Februari 2023

510 Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Keracunan Makanan

Tim kesehatan Puskesmas Wagir mendapat laporan banyak mahasiswa yang mengalami diare saat berada di lokasi perkemahan.

NEWS | 7 Februari 2023

Bappenas: RI Butuh 22 Tahun untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyatakan, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menyandang status negara berpendapatan tinggi.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Pelabuhan Iskenderun Turki Terbakar Pascagempa, Operasional Dihentikan

Puluhan kontainer kargo terbakar sejak Senin (6/2/2023) petang hingga Selasa (7/2/2023) di kota pelabuhan Iskenderun yang dilanda gempa dahsyat.

NEWS | 8 Februari 2023

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Bareskrim Kirim Sampel ke BPOM

Bareskrim Polri mengirimkan sampel ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait dua kasus baru gagal ginjal akut yang ditemukan di DKI Jakarta.

NASIONAL | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pelabuhan Iskenderun Turki Terbakar Pascagempa, Operasional Dihentikan

Pelabuhan Iskenderun Turki Terbakar Pascagempa, Operasional Dihentikan

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE