Logo BeritaSatu

Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar, Kok Bisa?

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Magelang, Beritasatu.com - Puput Setyoko, seorang petani jamur di Borobudur, Kabupaten Magelang tampak sumringah dan punya cerita menarik soal usahanya dalam membudidaya jamur yang telah ditekuni sejak tahun 2013. Kini usahanya semakin berkembang setelah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendatangi tempat usahanya dan turut mempromosikan.

Berawal dari usaha jamur kecil-kecilan di tahun 2013, pada tahun 2016, Puput mulai mencoba berproduksi olahan jamur, seperti kripik dan krupuk berbahan jamur. "Waktu itu, usaha ini memang belum banyak dikenal masyarakat. Saya kesulitan berkembang terutama soal pemasaran," ujarnya kepada B Universe pada Jumat (2/12/2022).

Advertisement

Puput yang pantang putus asa dan tetap menggeluti usahanya tersebut akhirnya menemukan keberuntungan setelah tempat usahanya di Dusun Jowahan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang didatangi oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Sejak itu, boleh dbilang usahanya semakin naik daun.

Saat mulai merintis wisata edukasi di tahun 2018, setelah dikunjungi oleh Ganjar Pranowo, usaha Puput pun langsung dikenal masyarakat lebih luas. Sosok Ganjar sendiri terbilang punya pengaruh besar dalam mem-branding usaha kecilnya itu karena usahanya pernah diposting di Lapak Ganjar.

"Setelah kunjungan Pak Ganjar, Saat itu banyak sekali yang berkunjung ke sini. Ada wisatawan dari Kalimantan sengaja datang ke sini karena dapat info dari Lapak Ganjar, bahkan minta foto bareng saya," ungkapnya sambil tertawa.

Dalam satu hari ada sekitar 200 wisatawan yang datang. Bahkan saat akhir pekan rata-rata bisa sampai 1000-an pengunjung. Pengunjung pun tidak ditarik tiket alias gratis. Dari hasil penjualan produknya, Puput terbilang mampu mendapatkan omzet mulai dari Rp100 juta hingga Rp150 juta per bulan.

"Karena berkembang pesat, saya akhirnya bisa membangun pendapa-pendapa sebagai fasilitas wisatawan yang datang," ucapnya.

Wisata edukasi jamur miliknya kini memang diminati para pengunjung. Selain sarana prasarana, wisatawan dapat dilayani oleh 16 karyawan yang ada. "Dulunya hanya 4 orang, kini sudah berkembang menjadi 16 karyawan", jelasnya. Menurut Puput, Gubernur Ganjar terbilang sangat peduli dengan UMKM. Selain sosoknya, Ganjar juga mempunya terobosan-terobosan dalam mengangkat UMKM.

Jamur Borobudur yang jadi usaha Puput memang bukan hanya layak untuk dikunjungi bagi siapa saja yang ingin belajar tentang jamur, tapi juga dapat menikmati hidangan olahan jamur, seperti kripik, krupuk, sambak dan lainnya.

Menariknya, olahan jamur di tempat Puput juga bisa dipesan online. "Biasanya pengiriman sampai ke Papua, Kalimantan, Jabar, Jatim, dan Jakarta. Harapannya, Lapak Ganjar terus ada dalam membantu UMKM seperti saya" tutupnya. (ADVERTORIAL)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Aneka Ciri-ciri Diabetes Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Anak-anak bahkan dapat dengan mudah terkena penyakit diabetes jika pola hidupnya tidak dipantau dengan baik sejak dini oleh orang tua.

NEWS | 1 Februari 2023

Audi Tabrak Mahasiswi di Cianjur, Kompol D Dimutasi

Kapolda Metro Jaya memutasi Kompol D buntut tabrakan mobil Audi yang menewaskan mahasiswi Universitas Suryakancana, Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur.

NEWS | 1 Februari 2023

Aksi Heroik Siswi SD di Surabaya Tangkap Jambret HP Terekam CCTV

Aksi heroik dilakukan siswi SD di Surabaya, lantaran berhasil menangkap pelaku penjambretan handphone (HP). Akibat aksi terekam CCTV.

NEWS | 1 Februari 2023

Jokowi: Tekanan Ekonomi Global ke Indonesia Sudah Reda

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kabarkan tekanan ekonomi global terhadap Indonesia sudah mereda.

NEWS | 1 Februari 2023

KPK Periksa Staf Hakim Agung Gazalba Saleh, Soal Tupoksi

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tiga staf hakim agung nonaktif Gazalba Saleh.

NEWS | 1 Februari 2023

Profil Sri Mulyani, Perempuan Penjaga Keuangan Negara

Inilah profil Sri Mulyani, perempuan tangguh yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju.

NEWS | 1 Februari 2023

Rangkaian Acara Puncak Peringatan 1 Abad NU Digelar 24 Jam Nonstop

Panitia Pelaksana Puncak Resepsi 1 Abad NU menyiapkan rangkaian acara Peringatan 1 Abad NU yang digelar 24 Jam nonstop.

NEWS | 1 Februari 2023

Kemenlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban Bom di Masjid Pakistan

Ledakan di masjid, yang penuh dengan jemaah, itu terjadi di kawasan Police Lines dan menewaskan 100 orang, 97 di antaranya adalah polisi.

NEWS | 1 Februari 2023

Status Literasi Digital Masyarakat Indonesia Meningkat di Tahun 2022

Skor tersebut menunjukkan bahwa Literasi Digital masyarakat Indonesia berada pada kategori “sedang”.

NEWS | 1 Februari 2023

Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

Ditemani Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi menjawab soal reshuffle sambil tertawa lebar.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gus Yahya Tegaskan NU Tak Boleh Jadi Senjata Politik

Gus Yahya Tegaskan NU Tak Boleh Jadi Senjata Politik

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE