Logo BeritaSatu

Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar, Kok Bisa?

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Magelang, Beritasatu.com - Puput Setyoko, seorang petani jamur di Borobudur, Kabupaten Magelang tampak sumringah dan punya cerita menarik soal usahanya dalam membudidaya jamur yang telah ditekuni sejak tahun 2013. Kini usahanya semakin berkembang setelah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendatangi tempat usahanya dan turut mempromosikan.

Berawal dari usaha jamur kecil-kecilan di tahun 2013, pada tahun 2016, Puput mulai mencoba berproduksi olahan jamur, seperti kripik dan krupuk berbahan jamur. "Waktu itu, usaha ini memang belum banyak dikenal masyarakat. Saya kesulitan berkembang terutama soal pemasaran," ujarnya kepada B Universe pada Jumat (2/12/2022).

Advertisement

Puput yang pantang putus asa dan tetap menggeluti usahanya tersebut akhirnya menemukan keberuntungan setelah tempat usahanya di Dusun Jowahan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang didatangi oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Sejak itu, boleh dbilang usahanya semakin naik daun.

Saat mulai merintis wisata edukasi di tahun 2018, setelah dikunjungi oleh Ganjar Pranowo, usaha Puput pun langsung dikenal masyarakat lebih luas. Sosok Ganjar sendiri terbilang punya pengaruh besar dalam mem-branding usaha kecilnya itu karena usahanya pernah diposting di Lapak Ganjar.

"Setelah kunjungan Pak Ganjar, Saat itu banyak sekali yang berkunjung ke sini. Ada wisatawan dari Kalimantan sengaja datang ke sini karena dapat info dari Lapak Ganjar, bahkan minta foto bareng saya," ungkapnya sambil tertawa.

Dalam satu hari ada sekitar 200 wisatawan yang datang. Bahkan saat akhir pekan rata-rata bisa sampai 1000-an pengunjung. Pengunjung pun tidak ditarik tiket alias gratis. Dari hasil penjualan produknya, Puput terbilang mampu mendapatkan omzet mulai dari Rp100 juta hingga Rp150 juta per bulan.

"Karena berkembang pesat, saya akhirnya bisa membangun pendapa-pendapa sebagai fasilitas wisatawan yang datang," ucapnya.

Wisata edukasi jamur miliknya kini memang diminati para pengunjung. Selain sarana prasarana, wisatawan dapat dilayani oleh 16 karyawan yang ada. "Dulunya hanya 4 orang, kini sudah berkembang menjadi 16 karyawan", jelasnya. Menurut Puput, Gubernur Ganjar terbilang sangat peduli dengan UMKM. Selain sosoknya, Ganjar juga mempunya terobosan-terobosan dalam mengangkat UMKM.

Jamur Borobudur yang jadi usaha Puput memang bukan hanya layak untuk dikunjungi bagi siapa saja yang ingin belajar tentang jamur, tapi juga dapat menikmati hidangan olahan jamur, seperti kripik, krupuk, sambak dan lainnya.

Menariknya, olahan jamur di tempat Puput juga bisa dipesan online. "Biasanya pengiriman sampai ke Papua, Kalimantan, Jabar, Jatim, dan Jakarta. Harapannya, Lapak Ganjar terus ada dalam membantu UMKM seperti saya" tutupnya. (ADVERTORIAL)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cuaca Buruk, Nelayan Hilang di Perairan Laut Karawang

Seorang nelayan, Zakaria dikabarkan hilang saat mencari ikan di perairan pantai utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Saat melaut, tengah terjadi cuaca buruk.

NEWS | 4 Februari 2023

Ini Berbagai Tantangan Pengobatan Kanker Anak

Pengobatan kanker anak di Indonesia saat ini masih menghadapi sejumlah tantangan, utamanya dari sisi jumlah tenaga kesehatan dan juga fasilitas kesehatan.

NEWS | 4 Februari 2023

Jembatan di Kupang Putus Dihantam Banjir Bandang, Aktivitas Warga Lumpuh

Jembatan Kapsali di Desa Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) putus dihantam banjir bandang.

NEWS | 4 Februari 2023

Sejumlah Rumah di Cibitung Bekasi Teremdam Banjir Selama 1 Pekan

Sejumlah rumah warga di Kampung Utan, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terendam air 30 sentimeter selama 1 pekan terakhir.

NEWS | 4 Februari 2023

2023, DKI Targetkan Pasang Patok Batas 3.000 Bidang Tanah

DKI Jakarta menargetkan bisa memasang patok batas 2.000 hingga 3.000 bidang tanah dalam Gemapatas pada tahun 2023 ini.

NEWS | 4 Februari 2023

Penyakit Kanker Masih Pemicu Kematian Tertinggi di Dunia

Provinsi Sumatara Utara menjadi tuan rumah peringatan Hari Kanker Sedunia Tingkat Nasional 2023 yang digelar pada 4-5 Februari 2023.

NEWS | 4 Februari 2023

Cuaca Ekstrem, Dua Jalur Penyeberangan NTT Ditutup

Dua jalur penyeberangan dari Kupang ke dua daerah di wilayah Nusa Tenggara Timur sementara ditutup akibat cuaca ekstrem di NTT.

NEWS | 4 Februari 2023

Hutan Kota Pakansari, Wujud Program Pelestarian Lingkungan

Hutan Kota Pakansari yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor merupakan wujud dari program kolaborasi hijau sebagai bentuk pelestarian lingkungan.

NEWS | 4 Februari 2023

Libur Akhir Pekan, 21.000 Pengunjung Padati Ragunan

Sebanyak lebih dari 21.000 pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan untuk menghabiskan libur akhir pekan, Sabtu (4/2/2023). 

NEWS | 4 Februari 2023

Pemkab Bekasi Didesak untuk Segera Atasi Darurat Sampah

DPRD Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mendesak pemerintah segera mengatasi persoalan sampah di kawasan tersebut.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE