Logo BeritaSatu

MK Larang Eks Koruptor Nyaleg, KPU Konsultasi dengan DPR

Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:00 WIB
Oleh : Pudja Lestari / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mengkaji putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang melarang mantan terpidana kasus korupsi atau eks koruptor setelah 5 tahun keluar dari penjara maju mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg). KPU menargetkan keputusan akan diambil paling lambat sebelum Mei 2023. Ketua KPU Hasyim Asyari mengatakan pihaknya saat ini masih berkonsultasi dengan DPR dalam mempelajari hasil putusan MK tersebut. Hasyim menyebut kajian mendalam diperlukan sebelum KPU dapat menyusun peraturan syarat pencalonan anggota DPR dan DPRD tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

“Pencalonan anggota DPR/DPRD provinsi, kabupaten, kota, itu dilaksanakan nanti pendaftarannya ke KPU Mei 2023. Sementara partai harus menyiapkan calon. Sebelum itu, sehingga sebisa mungkin kalau sudah konsultasi dengan pemerintah dan DPR,” kata Hasyim ketika ditemui dalam acara jalan sehat rapat Konsolidasi Nasional dalam Rangka Persiapan Pemilu 2024 di Monas, Jakarta, Sabtu pagi (3/12/2022).

Advertisement

Sebelumnya, MK memutuskan eks napi koruptor baru dapat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif lima tahun setelah keluar dari penjara. Putusan ini diambil dalam sidang yang digelar pada Rabu (30/11/2022)dengan nomor 87/PUU-XX/2022 atas gugatan seorang warga Tambun Utara, Bekasi, Leonardo Siahaan yang menguji Pasal 240 ayat (1) huruf g pada Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Memasuki tahun pemilu, KPU menggelar rapat Konsolidasi Nasional dalam Rangka Persiapan Pemilu 2024 yang dilaksanakan pada Jumat (2/12/2022). Dalam acara tersebut KPU mengundang perwakilan seluruh personel KPU di tingkat provinsi, kabupaten, atau kota.

Sejumlah agenda dilaksanakan, di antaranya melakukan verifikasi partai politik, persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih, penataan daerah pemilihan DPRD kabupaten/kota, pembentukan badan ad hoc panitia pemilihan tingkat kecamatan, persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih, dan penyerahan dukungan bagi bakal calon anggota DPD.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas, Kasubag DPRD Jambi Dinonaktifkan

Kasubag Rumah Tangga dan Aset DPRD Jambi yang merupakan ibu anak SMA yang mengendarai mobil dinas DPRD Jambi dan kecelakaan akan dinonaktifkan. 

NEWS | 4 Februari 2023

Kesibukan Klenteng Tay Kak Sie Semarang Jelang Perayaan Cap Go Meh

Klenteng Tay Kak Sie yang berada di kawasan Pecinan Semarang, Jawa Tengah melakukan persiapan jelang perayaan Cap Go Meh.

NEWS | 4 Februari 2023

Klenteng Sanggar Agung Surabaya Dipadati Umat Hendak Tabur Bunga di Laut

Klenteng Sanggar Agung Surabaya yang berlokasi tepat di depan pantai Kenjeran tampak di padati para umat yang melaksanakan sembahyang dan tabur bunga.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

Ketersediaan pupuk subsidi di Kabupaten Lumajang belakangan ini cukup terbatas, yang diduga akibat terjadinya penyelewengan distribusi.

NEWS | 4 Februari 2023

Konser 30 Tahun Dewa 19 di JIS, Polda Metro Jaya Terapkan Penjagaan Berlapis

Polda Metro Jaya menerapkan penjagaan berlapis dalam pengamanan konser 30 tahun Dewa 19 di JIS atau Jakarta International Stadium, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Gandeng Lembaga Gereja Atasi Stunting

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat menggandeng lembaga gereja dalam upaya pencegahan stunting di wilayah NTT.

NEWS | 4 Februari 2023

Dewan Pers Tak Masalah Pemilik Media Terjun ke Politik

Dewan Pers tidak masalah pemilik media massa terjun ke dunia politik karena hak tiap orang, termasuk pemilik media. 

NEWS | 4 Februari 2023

Kemenkominfo Soroti Nenek Mandi Lumpur Malah Diundang ke TV

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyoroti soal pembuat konten nenek mandi lumpur yang justru diundang TV.

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Polisi Peras Polisi, Polda Metro Sebut Bripka Madih 2 Kali Dilaporkan ke Propam

Polda Metro Jaya menyebut Bripka Madih yang mengaku diperas polisi terkait penyerobotan lahan sudah dua kali dilaporkan ke Propam atas dugaan KDRT. 

NEWS | 4 Februari 2023

Jokowi Bakal Kirim Jenderal Jadi Utusan Khusus ke Myanmar, Kemlu Enggan Beri Bocoran

Kementerian Luar Negeri RI menyebut pihaknya belum dapat memastikan nama jenderal tinggi yang akan diutus untuk berdialog dengan Junta Myanmar.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

EKONOMI | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE