Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Dinsos DKI Alokasikan Dana Rp 300.000 Per Bulan untuk Disabilitas

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:42 WIB
Oleh : Agnes Valentina Christa / CAH
Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari seusai acara Jakarta Cinta Disabilitas di Lapangan Banteng, Sabtu, 3 Desember 2022. 

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari mengungkapkan pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp 300.000 per bulan untuk penyandang disabilitas.

"Kami alokasikan anggaran bansos disabilitas Rp 300.000 tiap bulan. Ada panti untuk penyandang disabilitas, ada 6 panti. Sedangkan masing dinas, APBD untuk disabilitas pasti ada," ungkap Premi seusai acara Jakarta Cinta Disabilitas di Lapangan Banteng, Sabtu (3/12/2022).

Premi mengatakan anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sensorik para disabilitas setiap bulannya. Lebih lanjut, Premi mengungkapkan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta telah membahas fasilitas yang akan diberikan untuk para Disabilitas di Jakarta. Hal tersebut didiskusikan bersama dengan DPRD DKI Jakarta terkait amat undang-undang no 8 tahun 2016 mengenai perda disabilitas.

"Di sana merupakan penyempurnaan perda sebelumnya, yang tadinya 8 aspek Pemerintahan sekarang menjadi 14 aspek, tentunya ini memberikan ruang penghargaan penghormatan hak penyandang disabilitas," jelasnya.

Kemudian, Premi menyatakan 14 aspek yang di dalamnya yang akan mengatur apa-apa saja yang dibutuhkan oleh para Disabilitas.
"Misalnya Dinas Pendidikan, mereka buat adanya kelas inklusi buat anak-anak penyandang disabilitas, kemudian Dinas Bina Marga akan bangun sarana prasarana ramah disabilitas, kemudian ada konsensi, fasilitasi bagi penyandang disabilitas," tambahnya.

Terkait jumlah disabilitas yang tersaring dalam data Dinsos Pemprov DKI Jakarta, Premi mengungkapkan terdapat 44.456 penyandang disabilitas yang telah terdaftar.

"Tentunya akan terus bertambah dengan adanya pendaftaran yang sedang kami lakukan. Kami melakukan pendataan dari Lurah, Camat, kami membuka link juga bagi warga disabilitas dan kerja sama organisasi penyandang disabilitas di Jakarta," terangnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI