Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

BMKG Laporkan Ada Gempa Susulan di Kabupaten Garut

Sabtu, 3 Desember 2022 | 22:23 WIB
Oleh : BW
Ilustrasi gempa.

Jakarta, Beritasatu.com – BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melaporkan hasil pemantauan adanya satu kali gempa susulan dengan magnitudo M3,3 setelah gempa utama M6,1 mengguncang wilayah sekitar Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022).

"Hingga pukul 19.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas satu kali gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo M3,3 pada pukul 17.59 WIB," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Sebelumnya, BMKG melaporkan pada hari ini pukul 16.49 WIB wilayah Garut Selatan diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa itu memiliki parameter M6,1. Episenter gempa terletak di darat 49 km barat daya Kabupaten Garut pada kedalaman 109 km.

Daryono mengatakan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa Cianjur yang terjadi merupakan jenis menengah akibat adanya deformasi atau patahan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab) yang menujam ke bawah Jawa Barat.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Terkait gempa Garut, dia meminta agar masyarakat tetap tenang dan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," kata Daryono.

Dia juga meminta agar masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


TERKINI