Logo BeritaSatu

Kerupuk Rengginang Mojokerto Tembus Pasar Hong Kong

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:46 WIB
Oleh : Fredericus Hardiyanto / FER

Jombang, Beritasatu.com - Di tengah serbuan aneka jajanan modern, usaha kerupuk rengginang, makanan khas berbahan beras, yang selama ini biasa disuguhkan di acara-acara hajatan di pedesaan, masih tetap eksis berproduksi hingga sekarang.

Seperti yang dilakukan oleh pasangan Umi Mufidah dan warga Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, yang hingga sekarang masih membuat kerupuk renginang.

Advertisement

Pemilik usaha rengginang, Bagus Dwi Purnomo, menjelaskan, produksi kerupuk rengginang ini merupakan usaha turun temurun yang masih tetap eksis hingga sekarang.

"Untuk produksi renginang sejak generasi pertama nenek saya, sejak 1978 sampai sekarang masih dipegang generasi kedua, dan saya generasi ke tiga," ujar Bagus Dwi Purnomo kepada BTV, di Mojokerto, Minggu (4/12/2022).

Setiap harinya, usaha tradisional ini mampu memproduksi hingga 180 kilogram rengginang atau sekitar 2.000 bungkus kerupuk rengginang.

Kerupuk Rengginang Mojokerto Tembus Pasar Hong Kong
Usaha krupuk rengginang masih tetap eksis berproduksi di Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Menurut Bagus, untuk membuat kerupuk rengginang sama seperti biasanya. Beras dikukus hingga matang dan selanjutnya diberi aneka macam bumbu dan rasa, kemudian dijemur hingga kering.

"Namun, jika musim hujan seperti sekarang ini untuk mengeringkan rengginang dilakukan dengan menggunakan oven," jelas Bagus.

Setelah kering, rengginang kemudian digoreng sehingga mekar. Selanjutnya, kerupuk rengginang dikemas dalam kantong ukuran seperempat kilogram dan siap untuk dipasarkan.

"Dahulu kerupuk rengginang hanya satu rasa saja, namun kini untuk tetap diminati konsumen, dibuat aneka varian rasa seperti rasa udang, asin, manis, hingga wijen manis," kata Bagus.

Menyoal harga jualnya, satu bungkus kerupuk rengginang dijual dengan harga Rp 18.000, dan dipasarkan ke berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur. "Pemasarannya sendiri melalui media sosial," imbuhnya.

Tak hanya di Indonesia, produk rengginang ini dipasarkan hingga mancanegara. Usaha rumahan ini mampu menembus pasar Hong Kong, dengan kemasan khusus menggunakan bahasa Mandarin.

"Rata-rata pengiriman kerupuk rengginang ke Hong Kong mencapai 1.500 hingga 2.000 bungkus setiap minggu, dengan omzet mencapai Rp 10 juta," pungkas Bagus.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anak di Padang Hampir Diculik, Orang Tua Waspada

Warga Gurun Laweh, Sumatera Barat, digegerkan oleh beredarnya kabar percobaan penculikan yang dialami Z, siswi SDN 14 Gurun Laweh, Kota Padang.

NEWS | 31 Januari 2023

Setelah Banjir Bandang, Warga Kota Auckland Diminta Bersiap Hadapi Cuaca Buruk

Pejabat Selandia Baru pada Selasa (31/1/2023) meminta warga Kota Auckland yang dilanda banjir bandang untuk bersiap menghadapi cuaca buruk berupa hujan lebat.

NEWS | 31 Januari 2023

PN Jaksel Ajukan Perpanjangan Masa Penahanan Ferdy Sambo Cs

PN Jakarta Selatan telah mengajukan permohonan perpanjangan masa penahanan terdakwa pembunuhan berencana Brigadir Joshua Hutabarat, Ferdy Sambo cs

NEWS | 31 Januari 2023

Kasus Brigadir J, Sidang Vonis Kuat Ma'ruf Digelar di Hari Valentine

PN Jaksel) menjadwalkan sidang vonis Kuat Ma'ruf di Hari Valentine atau pada Selasa (14/2/2023). Kuat Ma'ruf adalah terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 31 Januari 2023

Sampaikan Duplik, Kuat Ma'ruf Tetap Minta Dibebaskan

Kuat Ma'ruf tetap meminta agar dibebaskan dari perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 31 Januari 2023

Kasus Brigadir J, Kubu Kuat Ma'ruf Nilai Replik Jaksa Tidak Mampu Buktikan Fakta Hukum

Kubu Kuat Ma'ruf menilai replik jaksa tidak mampu membuktikan fakta hukum terkait pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 31 Januari 2023

Bom di Markas Polisi Pakistan Tewaskan 61 Orang Diduga Aksi Bunuh Diri

Masjid di markas polisi dibom di ibu kota provinsi Peshawar Pakistan, yang menewaskan 61 orang dan 150 terluka, pada Senin (30/1/2023).

NEWS | 31 Januari 2023

Lada Damar Lampung Heran Suami yang Kurung Istri dan 8 Anaknya Dibebaskan

Lada Damar Lampung heran dengan langkah polisi membebaskan Rudi, suami yang mengurung istri dan delapan anaknya di rumah mereka. 

NEWS | 31 Januari 2023

Dituduh Otak Perampokan, Mantan Wali Kota Blitar Ajukan Praperadilan

Tersangka otak perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Blitar, Jawa Timur

NEWS | 31 Januari 2023

Masjid di Markas Polisi Pakistan Dibom, 61 Tewas dan 150 Terluka

Sebuah ledakan di masjid di markas polisi Pakistan, menewaskan 61 orang dan 150 terluka, pada Senin (30/1/2023).

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anak di Padang Hampir Diculik, Orang Tua Waspada

Anak di Padang Hampir Diculik, Orang Tua Waspada

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE