Logo BeritaSatu

Warga Lebak Berdesakan Berebut BLT, Banyak Anak Terjepit

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:53 WIB
Oleh : Ibnu Malik / FMB

Lebak, Beritasatu.com - Ribuan warga dari sembilan kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten yang ingin mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) BBM membeludak di kantor Kecamatan Rangkasbitung sejak Sabtu pagi (3/12/2022).

Antrean panjang yang terjadi sejak Sabtu pagi hingga siang yang tidak tertangani membuat situasi mulai tidak kondusif. Mereka yang sudah bertahan berjam-jam tetapi tidak kunjung mendapatkan giliran terlibat aksi saling berebut masuk. Di antara mereka saling dorong berdesakan ingin lebih didahulukan oleh petugas menerima BLT BBM sebesar Rp 600.000.

Advertisement

Semakin banyak jumlah masyarakat yang terus berdatangan, membuat situasi semakin tidak terkendali. Warga tidak lagi peduli dengan sesama, mereka saling dorong dan berebut, dan akibatnya banyak penerima BLT yang merupakan ibu rumah tangga yang membawa anak mereka terjepit diantara warga yang berebut berdesakan. Satu orang warga penerima juga bahkan jatuh pingsan karena dalam kondisi tidak sehat setelah berjubel dengan warga lain.

"Dari tadi antre datang dari Maja tidak dapat dapat dari tadi, sudah lebih dari tiga jam kecewa banget ini suruh antre di Rangkasbitung, mana bawa anak," kata Ainah, warga, Sabtu (3/12/2022).

Petugas penyalur BLT dari Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Lebak mengatakan jumlah petugas di lapangan tidak sebanding dengan membeludaknya jumlah penerima yang datang secara bersamaan. Dalam sehari, penerima di sembilan kecamatan mencapai ribuan orang dijadikan satu lokasi penerimaan di kantor kecamatan. Ada empat lokasi penyaluran BLT BBM dari 28 kecamatan, dengan total penerima bantuan di Kabupaten Lebak mencapai 155.220 warga.

"Kecewa banget, harusnya dibagikan di masing-masing desa aja jadi gak antre kaya gini. Tadi antre jam delapan hingga saat ini belum dapat bantuan, ini kasihan banyak anak kecil di sini," kata Dahlan, warga, Sabtu (03/12/2022).

Warga berharap otoritas yang bertugas mendistribusikan BLT bisa mengubah pola pembagian, dengan tidak menjadwalkan pembagian untuk sejumlah kecamatan dalam sehari.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Salju, Cuaca Buruk Hambat Upaya Penyelamatan Korban Gempa Turki

Kondisi salju, hujan, dan beku menghambat operasi pencarian dan penyelamatan korban tewas akibat gempa Turki yang diperkirakan mencapai 1.800 orang.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter di Sejumlah Perairan!

BMKG menyampaikan bahwa gelombang tinggi hingga 6 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan Indonesia pada 7-8 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023

Prabowo Tegaskan Pujian kepada Jokowi Bukan untuk Menjilat

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan pujiannya kepada Presiden Jokowi bukan untuk menjilat. 

NEWS | 6 Februari 2023

Update: Jumlah Korban Gempa Turki Melebihi 1.800 Orang

Lebih dari 1.800 orang telah tewas dan ribuan lainnya terluka setelah gempa dengan magnitudo 7,8 melanda kawasan Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi.

NEWS | 6 Februari 2023

Tanggapi Pernyataan Erick Thohir, KPK Cek Dana Pensiun BUMN

KPK segera melakukan pengecekan terkait pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir yang menyebut 65 persen dana pensiun BUMN terindikasi bermasalah.

NEWS | 6 Februari 2023

Campak bisa Menular dengan Cepat, Apakah Perlu Isolasi?

Agar tidak menularkan sekaligus tertular virus lain, penderita campak sebaiknya menjalani perawatan di ruang khusus atau melakukan isolasi.

NEWS | 7 Februari 2023

Jaksa Tuntut Surya Darmadi Dihukum Penjara Seumur Hidup

Jaksa menuntut agar bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng dihukum penjara seumur hidup terkait kasus korupsi dan pencucian uang. 

NEWS | 6 Februari 2023

Dugaan Pencemaran Nama Baik, Nikita Mirzani Kembali Dipolisikan

Artis Nikita Mirzani resmi dilaporkan penggiat media sosial Tengku Zanza Bella ke Polda Metro Jaya pada 3 Februari 2023 lalu.

NEWS | 6 Februari 2023

Polda Metro Akui Ada Kesalahan dalam Penetapan Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya mengakui adanya kesalahan dalam penetapan tersangka Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak pensiunan polisi. 

NEWS | 6 Februari 2023

Keras, Getaran Gempa Turki Terasa hingga Greenland!

Getaran gempa berkekuatan 7,8 magnitudo di Turki, Senin (6/2/2023) dirasakan hingga Greenland, Denmark.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PTPP Gandeng 5 BUMN Bentuk Usaha Patungan Beton Pracetak

PTPP Gandeng 5 BUMN Bentuk Usaha Patungan Beton Pracetak

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE