Logo BeritaSatu

Berkah Pernikahan Kaesang-Erina, Hotel di DIY Full Booked

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:00 WIB
Oleh : Herman / FER

Yogyakarta, Beritasatu.com - Menjelang akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono yang rencananya akan digelar pada 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta yang berada di komplek Hotel Royal Ambarrukmo, tingkat okupansi hotel di wilayah Yogyakarta mulai bergerak naik, bahkan mendekati angka 100% atau full booked. Hal ini terlihat dari jumlah reservasi yang sudah dilakukan oleh para tamu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Deddy Pranowo Eryono mengungkapkan, sejak pekan lalu, reservasi untuk hotel-hotel di DIY sudah meningkat mencapai 70%. Bahkan saat ini reservasinya sudah melonjak hingga lebih dari 90%.

Advertisement

"Sejak kemarin malam, reservasinya meningkat jadi 95%, terutama di wilayah Timur dan Utara DIY. Untuk yang Tengah berkisar 90%. Ini kemungkinan sampai tanggal 11 Desember 2022," kata Deddy Pranowo kepada Beritasatu.com, Minggu (4/12/2022).

Meskipun permintaan untuk kamar hotel meningkat, Deddy memastikan tidak ada kenaikan harga yang siginifikan dari kamar-kamar hotel yang ditawarkan hotel anggota PHRI DIY.

"Saya pantau, tidak ada kenaikan tarif, sama saja walaupun ada kenaikan permintaan," kata Deddy.

Deddy sendiri melihat pernikahan Kaesang dengan Erina sebagai berkah bagi hotel-hotel anggota PHRI DIY. Apalagi sebelumnya industri hotel sempat mengalami penurunan tingkat okupansi yang besar sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

"Kami merasa ini berkah yang besar bagi kita, bisa mengobati rasa dahaga kita. Yang jelas ini momentum yang sangat tepat untuk menunjukkan bahwa DIY bisa memberikan pelayanan terbaik," ujar Deddy.

Sementara itu mengenai Pendopo Agung Ambarukmo yang menjadi lokasi akad nikah, ini merupakan bangunan semi outdoor tanpa dinding yang melambangkan keterbukaan raja kepada seluruh rakyatnya. Lantai lebih tinggi dari halaman untuk mencerminkan penghargaan kepada semua tamu dan keakraban dengan harmoni.

Sejak dibangun tahun 1857 oleh Sultan Hamengku Buwono VI, Pendopo Agung tidak mengalami perubahan bentuk melainkan lebarnya. Bentuk dasarnya adalah 'Joglo Sinom' dengan ukuran 32 x 32,4 meter, mengarah ke selatan.

Atapnya ditopang oleh total 36 pilar dari tiga jenis; 4 Saka Guru (pilar utama), 12 Saka Penanggap (pilar sub utama) dan 20 Saka Penitih (pilar luar dan pendukung). Semua pilar dihiasi dengan ukiran seperti 'Wajikan', 'Saton', 'Tlacapan', 'Mirong' dan 'Praba', masing-masing diletakkan di atas 'umpak' (dasar batu) yang diukir dengan kaligrafi Arab.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Petugas Gagalkan Penyelundupan Sabu Cair ke Lapas

Petugas lapas Narkotika Kelas II-A Kota Samarinda, Kalimantan timur, berhasil mengagalkan upaya penyelundupan sabu cair ke dalam lapas.

NEWS | 5 Februari 2023

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengtakan, oknum pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) diduga mengoplos beras.

NEWS | 5 Februari 2023

BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sulut hingga Senin 6 Februari

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Sulut (Sulawesi Utara) hingga Senin (6/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Tahun Ini Pemprov Bali Tambah 469 Titik Wi-Fi Gratis

Pemprov Bali menambah 469 titik Wi-Fi gratis tahun 2023 untuk mendukung perkembangan teknologi informasi, terutama dalam menghadirkan layanan publik.

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) menghentikan dua proyek reklamasi di Kepri (Kepulauan Riau) milik PT BSSTEC dan PT MPP, Jumat (3/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Gusti Ngurah Rai menahan seorang pramuantar sebuah maskapai penerbangan karena mencuri uang dalam bagasi penumpang wisatawan.

NEWS | 5 Februari 2023

Perawat Gunting Jari Bayi di RS Palembang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kasus seorang perawat yang diduga menggunting jari kelingking bayi yang sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang diselidiki kepolisian.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Minta Kasus Penembakan Balon DPD RI Diungkap Tuntas

Bupati Kaur Lismidianto meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus penembakan terhadap adiknya Rahiman Dani.

NEWS | 4 Februari 2023

Jaga Lingkungan, Ganjar Adaptasi Go Green di Perencanaan Pembangunan 2023

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadaptasi konsep go green dalam perencanaan pembangunan Jateng tahun 2023.

NEWS | 5 Februari 2023

Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berencana menaikkan nominal bantuan KJS di provinsinya.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Iwan Bule: Penyempurnaan PSSI Harus Terus Dilakukan

Iwan Bule: Penyempurnaan PSSI Harus Terus Dilakukan

BOLA | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE