Logo BeritaSatu

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Minggu, 4 Desember 2022 | 23:00 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi sebesar Rp 1.400 triliun hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

Hal ini berkaca pada realisasi investasi pada kuartal III 2022 mencapai Rp 307,8 triliun yang terbagi dalam Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 138,9 triliun (45,1%) dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 168,9 triliun (54,9%).

Advertisement

Untuk PMDN terjadi kontraksi 0,05% jika dibandingkan kuartal sebelumnya, sedangkan jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya terjadi kenaikan 22,5%. Untuk PMA terjadi pertumbuhan 3,5% dari kuartal sebelumnya dan tumbuh pesat hingga 63,6% dari posisi yang sama tahun 2021.

"PMA tumbuh pesat, kenapa mereka masih ingin investasi ke Indonesia karena dalam pandangan mereka Indonesia sebagai negara tujuan menjanjikan. Karena kita dianggap mempunyai stabilitas yang baik," ucap Bahlil di Jakarta, Minggu(4/12/2022).

Bahlil Lahadalia menuturkan sampai hari ini tidak ada satu orang yang dapat meramalkan tentang ekonomi global ke depan. Saat ini sudah 16 negara antre menjadi pasien lembaga dana moneter internasional (International Monetary Fund /IMF). Namun masih banyak negara yang antre jadi pasien IMF yang terdiri dari negara maju dan negara berkembang.

"Jadi fundamental ekonomi global akan menjadi pertaruhan. Ini enggak main-main. Kalau ada orang mengatakan jangan menakut-nakuti orang, eh bos ini bukan menakut-nakuti tetapi ini fakta yang diperoleh," kata Bahlil.

Dia menuturkan keberhasilan pemerintah mendorong perekonomian di tengah kondisi pandemi Covid-19 tidak terlepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Sebab kabinet tidak bisa bekerja optimal bila tidak memiliki visi dan arah yang jelas.

"Itu leadership kepala negara, kasus pandemi Covid dan ekonomi pasca pandemi itu adalah pertarungan leadership dari seluruh kepala dunia. Tanpa bermaksud mengatakan berlebihan bahwa Pak Jokowi yang terbaik tetapi faktanya bisa menyelesaikan Covid-19, bisa memulihkan ekonomi dari pandemi, bisa menyelesaikan G-20 untuk pertumbuhan ekonomi yang stabil," kata Bahlil.

Meskipun terjadi gejolak perekonomian global, Bahlil tetap optimistis perekonomian Indonesia bisa berjalan optimal. Hal ini bisa terjadi bila pemerintah mampu mengelola perekonomian dengan baik. Apalagi pasca-Indonesia menjadi Presidensi G-20 di tahun 2022 ini kepercayaan internasional ke Indonesia semakin meningkat.

"Memang di tengah ekonomi global ada secercah harapan untuk Indonesia. Kalau kita bisa mengelola baik akan kita keluar dari lubang jarum. Di saat bersamaan trust dari global ke Indonesia paska G20 ini bagus sekali," ucap Bahlil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wanita Tewas di Perumahan Mewah di Penjaringan, Polisi Temukan Pistol di TKP

Wanita berinisial (S) yang berusia 51 Tahun tersebut ditemukan tewas di sebuah kamar dalam kondisi luka-luka.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

DPR Dorong Pelaksanaan Ibadah Haji 2023 Dipersingkat Jadi 35 Hari

DPR mendorong pemerintah agar mempersingkat durasi pelaksanaan ibadah haji 2023 menjadi 35 hari.

NASIONAL | 9 Februari 2023

FKPT Jateng Ajak Masyarakat Hindari Politik Identitas

Ketua FKPT Jateng Syamsul Ma’arif mengajak masyarakat menghindari penggunaan politik identitas.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

"Kalau hanya mengandalkan 70:30 saja subsidi bagi jemaah haji kita, tidak perlu ada BPKH. Dibubarkan saja!" kata Marwan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Polisi Temukan Puluhan Video Dewasa Milik Pelaku Pencabulan Belasan Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Jambi.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Menkes Sebut Biaya Vaksin Berbayar Rp 100.000 Masuk Akal

Menkes Budi Gunadi mengatakan, harga vaksin berbayar bagi masyarakat kurang mampu akan ditanggung negara melalui mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Sosialisasi KUHP, Ahli Hukum Berikan Edukasi di Manokwari

Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki), kembali melakukan sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Cari Pilot Susi Air, Aparat Gabungan Telusuri Hutan di Nduga Papua

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penelusuran hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan guna melacak keberadaan pilot Susi Air.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Indonesia Emas 2045, BUMN Diharapkan Jadi Pemeran Utama

BUMN diharapkan bisa menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NASIONAL | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wanita Tewas di Perumahan Mewah di Penjaringan, Polisi Temukan Pistol di TKP

Wanita Tewas di Perumahan Mewah di Penjaringan, Polisi Temukan Pistol di TKP

MEGAPOLITAN | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE