Logo BeritaSatu

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Minggu, 4 Desember 2022 | 23:00 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi sebesar Rp 1.400 triliun hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

Hal ini berkaca pada realisasi investasi pada kuartal III 2022 mencapai Rp 307,8 triliun yang terbagi dalam Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 138,9 triliun (45,1%) dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 168,9 triliun (54,9%).

Advertisement

Untuk PMDN terjadi kontraksi 0,05% jika dibandingkan kuartal sebelumnya, sedangkan jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya terjadi kenaikan 22,5%. Untuk PMA terjadi pertumbuhan 3,5% dari kuartal sebelumnya dan tumbuh pesat hingga 63,6% dari posisi yang sama tahun 2021.

"PMA tumbuh pesat, kenapa mereka masih ingin investasi ke Indonesia karena dalam pandangan mereka Indonesia sebagai negara tujuan menjanjikan. Karena kita dianggap mempunyai stabilitas yang baik," ucap Bahlil di Jakarta, Minggu(4/12/2022).

Bahlil Lahadalia menuturkan sampai hari ini tidak ada satu orang yang dapat meramalkan tentang ekonomi global ke depan. Saat ini sudah 16 negara antre menjadi pasien lembaga dana moneter internasional (International Monetary Fund /IMF). Namun masih banyak negara yang antre jadi pasien IMF yang terdiri dari negara maju dan negara berkembang.

"Jadi fundamental ekonomi global akan menjadi pertaruhan. Ini enggak main-main. Kalau ada orang mengatakan jangan menakut-nakuti orang, eh bos ini bukan menakut-nakuti tetapi ini fakta yang diperoleh," kata Bahlil.

Dia menuturkan keberhasilan pemerintah mendorong perekonomian di tengah kondisi pandemi Covid-19 tidak terlepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Sebab kabinet tidak bisa bekerja optimal bila tidak memiliki visi dan arah yang jelas.

"Itu leadership kepala negara, kasus pandemi Covid dan ekonomi pasca pandemi itu adalah pertarungan leadership dari seluruh kepala dunia. Tanpa bermaksud mengatakan berlebihan bahwa Pak Jokowi yang terbaik tetapi faktanya bisa menyelesaikan Covid-19, bisa memulihkan ekonomi dari pandemi, bisa menyelesaikan G-20 untuk pertumbuhan ekonomi yang stabil," kata Bahlil.

Meskipun terjadi gejolak perekonomian global, Bahlil tetap optimistis perekonomian Indonesia bisa berjalan optimal. Hal ini bisa terjadi bila pemerintah mampu mengelola perekonomian dengan baik. Apalagi pasca-Indonesia menjadi Presidensi G-20 di tahun 2022 ini kepercayaan internasional ke Indonesia semakin meningkat.

"Memang di tengah ekonomi global ada secercah harapan untuk Indonesia. Kalau kita bisa mengelola baik akan kita keluar dari lubang jarum. Di saat bersamaan trust dari global ke Indonesia paska G20 ini bagus sekali," ucap Bahlil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Campak bisa Menular dengan Cepat, Apakah Perlu Isolasi?

Agar tidak menularkan sekaligus tertular virus lain, penderita campak sebaiknya menjalani perawatan di ruang khusus atau melakukan isolasi.

NEWS | 7 Februari 2023

Jaksa Tuntut Surya Darmadi Dihukum Penjara Seumur Hidup

Jaksa menuntut agar bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng dihukum penjara seumur hidup terkait kasus korupsi dan pencucian uang. 

NEWS | 6 Februari 2023

Dugaan Pencemaran Nama Baik, Nikita Mirzani Kembali Dipolisikan

Artis Nikita Mirzani resmi dilaporkan penggiat media sosial Tengku Zanza Bella ke Polda Metro Jaya pada 3 Februari 2023 lalu.

NEWS | 6 Februari 2023

Polda Metro Akui Ada Kesalahan dalam Penetapan Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya mengakui adanya kesalahan dalam penetapan tersangka Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak pensiunan polisi. 

NEWS | 6 Februari 2023

Keras, Getaran Gempa Turki Terasa hingga Greenland!

Getaran gempa berkekuatan 7,8 magnitudo di Turki, Senin (6/2/2023) dirasakan hingga Greenland, Denmark.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, Heru Budi: Kami Serius Tangani

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku telah menginstruksikan Dinkes DKI untuk menelusuri kemunculan kembali kasus gagal ginjal akut.

NEWS | 6 Februari 2023

Bermagnitudo 7,5, Gempa Dahsyat Kembali Guncang Turki

Gempa yang berkekuatan 7,5 magnitudo kembali mengguncang wilayah Turki tenggara Senin (6/2/2023) sore waktu setempat.

NEWS | 6 Februari 2023

Status Tersangka Hasya Dicabut, Pengacara: Keluarga Lebih Tenang

Keluarga Hasya Athallah Saputera merasa lega karena status tersangka Hasya telah dicabut oleh Polda Metro Jaya.

NEWS | 6 Februari 2023

Miris, Bocah 12 Tahun Dipukuli, Disiram Air Panas, dan Ditelantarkan Ibu

Raya Aurel Rahma Visca, bocah perempuan berusia 12 tahun diduga jadi korban penganiayaan ibunya dan ditemukan terlantar di Pancoran Mas, Depok. 

NEWS | 6 Februari 2023

Polda Metro Jaya Cabut Status Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya mencabut status tersangka Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak mobil Pajero pensiunan polisi AKBP (Purn) Eko Setio BW.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hati-hati, Susu Formula Jadi Faktor Pencetus Diabetes Anak

Hati-hati, Susu Formula Jadi Faktor Pencetus Diabetes Anak

LIFESTYLE | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE