Logo BeritaSatu

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Senin, 5 Desember 2022 | 18:00 WIB
Oleh : FW

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menargetkan seluruh Kabupaten dan kota di wilayahnya untuk memiliki mal pelayanan publik (MPP). Sampai saat ini, tercatat sudah ada 21 MPP di wilayah Jawa Tengah ditambah dengan mal pelayanan publik milik pemerintah provinsi.

Hal tersebut disampaikan Ganjar Pranowo usai menghadiri peresmian 26 MPP oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Istana Wakil Presiden pada Senin (5/12/2022).

Advertisement

"Saat ini, tercatat ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya berada di area Jawa Tengah. Artinya, tinggal 13 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang masih belum memiliki MPP", tukas Ganjar. "Tentunya itu menjadi bagian dari PR reformasi birokrasi kita yang mesti segera diselesaikan oleh daerah," ujar Ganjar lagi.

Menurutnya, semakin banyak MPP yang terbangun, maka kualitas pelayanan publik pun akan semakin baik. Namun, keberadaan MPP dipastikan dapat berfungsi dengan maksimal.

"Tapi itu nanti nggak cukup, loh. Jangan sampai terjebak hanya menjadi bangunannya saja, hanya mengumpulkan saja mal pelayanan publik. Tapi juga harus memudahkan, menggampangkan orang untuk dilayani. Dan yang kedua harus bisa berpindah ke sistem yang sekali lagi, yang wajib didigitalkan," paparnya.

Ke depan, Gubernur dengan ciri berambut putih itu menargetkan semua kabupaten/kota di Jawa Tengah memiliki MPP. "Mudah-mudahan sebentar lagi bisa 100 persen," tegasnya.

Sampai saat ini MPP di Jawa Tengah sudah ada di Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Kota Surakarta, Karanganyar, Kota Salatiga, Kota Magelang, Kota Semarang, Kendal, Kudus, Jepara, Pati, Blora, Kebumen, Purworejo, Banyumas, Grobogan, Klaten, Brebes, Rembang dan Cilacap. Selain itu ada juga MPP milik Pemprov Jawa Tengah.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin secara khusus ikut menyampaikan 5 (lima) arahan kepada lembaga terkait untuk mengembangkan MPP agar kualitas layanan publik semakin meningkat.

“Pertama, Kementerian PANRB segera rumuskan dan laksanakan terobosan MPP yang lebih dinamis melalui platform digital,” ujar Wapres. "Yang kedua, Kementerian Investasi juga turut menyempurnakan Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (OSS) karena saya masih mendengar adanya keluhan dan isu pada layanan OSS di kabupaten/kota. Untuk itu, OSS kiranya dapat segera diintegrasikan dengan MPP Digital,” tambah Wapres.

"Ketiga, bagi daerah yang kapasitas fiskalnya rendah harus bisa mendapat perhatian lebih (lagi) melalui tambahan anggaran", ujar Wapres lagi dalam sambutannya.

Wapres juga turut mengajak Bappenas dan Kementerian Keuangan agar memberikan dukungan anggaran untuk peningkatan kualitas pelayanan publik bagi Pemerintah Daerah, khususnya bagi daerah yang kapasitas fiskalnya rendah.

Selanjutnya, Wapres berharap bagi para pemimpin daerah untuk diharapkan dapat mengintegrasikan berbagai layanan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi satu kesatuan dalam MPP yang telah dibangun. “Para Gubernur, Bupati dan Sekda berkomitmen kuat dan bersama-sama mengintegrasikan berbagai jenis layanan OPD dalam satu penyelenggaraan MPP,” tutup Wapres dalam kesempatan siang itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

WHO: 23 Juta Orang Bakal Terdampak Gempa Turki dan Suriah

Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan, gempa dahsyat yang mengguncang Turki dan Suriah akan berdampak pada 23 juta orang.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Pembentukan Bursa Kripto Berlarut, Ombudsman Siap Buktikan Adanya Maladministrasi

Bila terbukti terjadi maladministrasi dalam proses pemberian izin usaha berjangka komoditi, Ombudsman akan menjatuhkan tindakan korektif.

EKONOMI | 7 Februari 2023

KPK Pastikan Lukas Enembe Sehat, Tak Perlu Dirujuk ke Singapura

KPK memastikan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe dalam kondisi sehat dan bisa mengikuti proses hukum.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Buntut Penundaan Bursa Kripto, Ombudsman Panggil Bappebti Besok

Ombudsman akan memanggil Bappebti sebagai tindak lanjut atas laporan penundaan pembentukan bursa kripto yang berlarut-larut.

EKONOMI | 7 Februari 2023

ASEAN Perkuat Stabilitas Kawasan untuk Hadapi Ketidakpastian Global

Perhimpunan Bangsa Bangsa Negara Asia Tenggara (ASEAN) bakal memperkuat stabilitas kawasan di luar guna menghadapai ketidakpastian global.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

ION Bawa Kembali Kliennya Online Setelah Serangan Ransomware

ION, sebuah perusahaan layanan perdagangan keuangan yang terkena serangan ransomware minggu lalu, mulai membawa klien kembali ke platform derivatifnya.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, IDI Minta Publik Jangan Beli Obat Sembarangan

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta publik agar tidak sembarangan dalam membeli obat terlebih saat ini kasus gagal ginjal akut kembali mencuat.

NEWS | 7 Februari 2023

Ternyata Gempa Dahsyat Turki Sudah Diprediksi Peneliti Ini 3 Hari Sebelumnya

Gempa dahsyat berkekuatan magnitudo (M) 7,8 mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023).

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Pedagang Pasar Pramuka Setop Penjualan Obat Sirop Praxion

Pedagang Pasar Pramuka telah menyetop penjualan obat sirop penurun demam anak Praxion setelah ditemukannya kasus baru gangguan ginjal akut pada anak.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Pemprov DKI Bangun Jalan Layang untuk Tambah Akses ke JIS

Pemprov DKI Jakarta sedang membangun jalan layang non-tol (JLNT) untuk menambah akses ke JIS atau Jakarta International Stadium.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pembentukan Bursa Kripto Berlarut, Ombudsman Siap Buktikan Adanya Maladministrasi

Pembentukan Bursa Kripto Berlarut, Ombudsman Siap Buktikan Adanya Maladministrasi

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE