Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Senin, 5 Desember 2022 | 21:32 WIB
Oleh : Pudja Lestari, Gabriella Putrinda / BW
Terdakwa pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ricky Rizal (kanan), Richard Eliezer (tengah) dan Kuat Ma'ruf (kiri), menunggu dimulainya sidang lanjutan kasus mereka di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 5 Desember 2022. 

Jakarta, Beritasatu.com - Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

Ricky Rizal menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan terdakwa Bharada E di Pengadilan Negeri Jaksel, Senin (5/12/2022).

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) awal, Ricky Rizal menyebut Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan hitam ketika terjadi penembakan pada 8 Juli 2022 di tempat kejadian perkara (TKP) di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Namun, pada 18 Agustus 2022, Ricky mengubah keterangannya dengan menyebut Ferdy Sambo mengenggam masker medis hitam di tangan kirinya ketika penembakan terjadi.

Ketika ditanya alasan mengubah BAP tersebut, Ricky Rizal bersikeras bahwa sejak awal ia tidak pernah menyebut Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan hitam.

Menurut Ricky Rizal, ia mendapat intimidasi dari penyidik untuk mengatakan bahwa Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan hitam.

Ricky Rizal menjelaskan, ia mengubah keterangan BAP setelah melihat rekaman CCTV yang dihadirkan di acara persidangan dan melihat bahwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan hitam.

“Saya berikan testimoni sejak awal bahwa Pak Ferdy Sambo tidak pakai sarung tangan. Tetapi pada saat penyidikan saya selalu ditanya oleh penyidik. Saya jawab tidak perhatikan, tetapi yang lain bilang perhatikan, kata penyidik,” tutur Ricky.

Kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy mengungkapkan, Ricky Rizal dan terdakwa Kuat Ma’ruf mengubah keterangan BAP pada hari yang sama, yaitu pada 18 Agustus 2022 lalu.

Menurut Ronny pada pemeriksaan sebelumnya, Bharada E dan Kuat Ma’ruf mengaku melihat Ferdy Sambo memakai sarung tangan hitam ketika terjadi penembakan. Namun, keduanya kompak mengubah keterangan tersebut.

“Ketika di BAP lain dia tidak mencabut, tetapi kenapa hanya BAP yang terkait sarung tangan. Apakah ini hanya untuk melindungi Ferdy sambo,” ujar Ronny.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI