Logo BeritaSatu

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Selasa, 6 Desember 2022 | 03:10 WIB
Oleh : JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur Natal dan Tahun Naru (nataru). Hal itu dilakukan untuk membangkitkan geliat pariwisata nasional.

"Kita bangun optimisme, dan beberapa waktu lalu Pak Presiden bilang 'Pikniknya di dalam negeri dong'," kata Ganjar di Gedung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta, Senin (5/12/2022).

Advertisement

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pemerintah daerah bersama Kemenparekraf juga berkolaborasi meningkatkan geliat wisata dalam negeri. Salah satunya melalui peluncuran 100 Paket Wisata Nusantara (Pak Wisnu).

Untuk Jateng, ada paket wisata yang masuk dalam daftar Pak Wisnu, yakni Wisata Religi Ziarah Walisongo, One Day Tour Solo Jeep Adventure and Shopping, dan Private Trip Mountain Merbabu.

"Senang, saya bisa diajak diskusi dan mempromosikan tiga masing-masing di provinsi sebagai satu destinasi untuk wisata lokal Pak Wisnu atau Paket Wisata Nusantara," ujar Ganjar.

Ganjar Pranowo pun memastikan Jateng mengambil peran dalam kolaborasi dengan daerah lain. Ganjar Pranowo mencontohkan, salah satunya adalah wisata religi ziarah Walisongo.

"Tentu kita tidak stand alone, Jateng, tapi kita berkolaborasi dengan tempat yang lain. Maka, tadi kita tawarkan, umpama yang religi, sunan-sunan yang ada. Mulai dari Cirebon, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur satu paket," tuturnya.

Ganjar Pranowo berharap, Pak Wisnu bisa menjadi penunjang untuk memenuhi target pergerakan wisatawan mencapai 1,4 miliar pada 2023. Target tersebut meningkat dari sebelumnya dengan 700 juta pergerakan wisatawan nusantara tahun 2022.

Sebab itu, Ganjar menyebut kehadiran Pak Wisnu menjadi bagian semangat liburan nataru. Ganjar pun kembali mengajak masyarakat untuk liburan di Indonesia saja.

"Jadi, menurut saya ini bagian dari kita menyemangati menjelang libur Nataru, piknik di Indonesia saja," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau pemerintah daerah untuk mengajak masyarakat berwisata di dalam negeri agar tidak terjadi defisit di sektor wisata.

"Sekali lagi, tolong masyarakat diajak. Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, ajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja," kata di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Kamis (29/9).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

Pemkab Sidoarjo melakukan sejumlah persiapan menjelang resepsi puncak peringatan Harlah 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo. 

NEWS | 5 Februari 2023

Mesin Algoritma Deteksi 8 Sinyal Radio dari Luar Angkasa, Ilmuwan: Bisa Saja Alien

Sebuah mesin algoritma baru yang dioperasikan, telah mendeteksi delapan sinyal radio yang berasal dari lima bintang yang berjarak 30 hingga 90 tahun cahaya.

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Bripka Madih, DPR Sebut Masih Ada Oknum Pemeras di Polri

Kasus polisi peras polisi yang menimpa anggota Provos Bripka Madih kini tengah menyita perhatian publik luas.

NEWS | 5 Februari 2023

Ibu Muda di Jambi Jadi Tersangka Pelecehan Anak, Sudah Ada 17 Korban

Polisi menetapkan seorang ibu muda di Jambi sebagai tersangka pelecehan anak. Korban pelecehan ibu muda itu terus bertambah dan kini mencapai 17 anak. 

NEWS | 5 Februari 2023

Soal Balon Mata-mata Tiongkok di AS, Pakar: Ini Amatir!

Penerbangan balon mata-mata Tiongkok di atas udara Amerika Serikat telah menandai taktik spionase yang lebih agresif, meskipun ceroboh dan amatir.

NEWS | 5 Februari 2023

16.000 Pekerja Bakal Masuk IKN, Badan Otorita Segera Hapus Kode Pos 6 Kecamatan

Menjelang masuknya 16.000 pekerja ke IKN, Badan Otorita IKN akan menghapus kode pos enam kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

NEWS | 5 Februari 2023

Respons Bamsoet soal Usulan Cak Imin Hapus Jabatan Gubernur

Ketua MPR, Bambang Soesatyo atau Bamsoet merespons usulan Ketua Umum PKB, Cak Imin agar jabatan gubernur dihapus. 

NEWS | 5 Februari 2023

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Perundingan Kode Etik di Laut China Selatan

Indonesia siap menjadi tuan rumah perundingan kode etik (code of conduct) di Laut China Selatan, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Kronologi Nenek di Sukabumi Dipolisikan Pelaku Pencabulan Cucunya

Kapolres Sukabumi, AKBP Zainal Abidin membeberkan kronologi nenek Sukabumi yang dipolisikan terdakwa kasus pencabulan terhadap cucunya. 

NEWS | 5 Februari 2023

PM Jepang Pecat Ajudan yang Anti-pasangan Sesama Jenis

PM Jepang Fumio Kishida pada Sabtu (4/2/2023), pecat ajudan yang mengatakan tidak ingin hidup berdampingan dengan pasangan sesama jenis.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE