Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Selasa, 6 Desember 2022 | 00:23 WIB
Oleh : Gabriella Putrinda / BW
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ricky Rizal bersiap menjalani sidang lanjuutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin 21 November 2022. 

Jakarta, Beritasatu.com - Terdakwa Ricky Rizal atau Bripka RR ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. Ricky Rizal dinilai berbohong saat memberikan kesaksiannya.

Menanggapi hal tersebut, Erman Umar selaku kuasa hukum Ricky Rizal menuturkan, apa yang disampaikan oleh kliennya dalam sidang tidak jauh berbeda dari pernyataan saat penyidikan. Erman juga tidak mempermasalahkan penilaian dari hakim.

"Sebenarnya apa yang disampaikan hari ini tidak jauh berbeda dengan apa yang saya dengar dia di penyidikan," ujar Erman Umar yang ditemui sesudah sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022) malam.

"Tetapi, kalau sekarang dianggap oleh hakim berbohong, ya silakan aja hakim yang menganggap seperti itu. Saya tidak bisa juga bantah itu penilaian hakim," lanjutnya.

Kendati demikian, Erman berpendapat hakim bisa lebih adil. Menurutnya, jangan dipaksa dan mengarahkan.

"Cuma yang saya sesalkan hakim dia boleh menyatakan berbohong, tetapi jangan dipaksa-paksa untuk selanjutnya yang mengarahkan. Itu tidak boleh, hakim harusnya mendengar lebih adil," ucap Erman Umar.

Sebelumnya, Ricky Rizal dalam persidangan hari ini, Selasa (5/12/2022) juga mengungkapkan beberapa hal. Salah satunya perihal kronologi penembakan Brigadir J. Dia mengaku sempat kaget saat mendengar suara tembakan.

Ricky Rizal didakwa melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J bersama Kuat Ma'ruf dan Bharada E. Selain ketiganya, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi didakwa ikut terlibat dalam pembunuhan tersebut. Mereka didakwa melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI