Logo BeritaSatu

Soal Sidang Etik Bharada E dan Teddy Minahasa, Kompolnas Surati Kadiv Propam

Selasa, 6 Desember 2022 | 09:54 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Kompolnas akan menyurati Kepala Divisi (Kadiv) Propam Polri Irjen Syahardiantono. Dalam surat itu, Kompolnas mempertanyakan belum digelarnya sidang etik Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Irjen Teddy Minahasa, Irjen Napoleon Bonaparte, dan Brigjen Prasetijo Utomo.

"Kami akan bersurat ke Kadiv Propam. Kompolnas akan menanyakan terkait masih belum dilakukan sidang etik terhadap NB (Napoleon Bonaparte), P (Prasetijo Utomo), dan TM (Teddy Minahasa)," kata Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti saat dikonfirmasi, Selasa (6/12/2022).

Advertisement

Dikatakan Poengky, surat tersebut penting untuk menjelaskan soal status sidang etik empat anggota Polri tersebut kepada masyarakat. Ditekankan, sudah menjadi tugas Polri untuk menyampaikan secara transparan.

"Salah satu yang menjadi komplain masyarakat terkait pengaduan kasusnya kan soal kurangnya kejelasan informasi dan kurangnya komunikasi, sehingga masyarakat menganggap pelayanan Polri buruk," ucapnya.

Kendati demikian, Poengky belum dapat mengungkap alasan Polri belum membeberkan proses kode etik para anggota polri itu. Menurutnya, hal itu hanya dapat dijelaskan oleh Polri.

"Yang bisa menjawab sesuai kondisi adalah Kadiv Humas Polri. Jangan posisikan saya sebagai jubir Polri dong. Sepengetahuan saya, semuanya akan diproses kode etik," imbuhnya

Di sisi lain, Poengky turut menyoroti proses kode etik terhadap para polisi yang turut terlibat dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan salah satunya Bharada E.

Poengky mengatakan proses dugaan pelanggaran etik terhadap Bharada E akan dilanjut oleh Polri setelah sidang kasus pidananya rampung.

"Ini kan untuk Richard memang proses pidananya sudah dilakukan terlebih dulu. Jadi kalau hendak memproses dengan pemeriksaan kode etik pasti mengganggu jalannya sidang pidana. Sebaiknya, tunggu sampai proses di PN selesai," ungkap Poengky.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penjelajah Antariksa NASA Tangkap Gambar Beruang di Permukaan Mars

Para ilmuwan NASA telah menemukan penemuan tak terduga di permukaan planet Mars, sebuah formasi yang membentukan gambar menyerupai wajah beruang.

NEWS | 5 Februari 2023

Anggota DPR Sarankan AKBP (Purn) Eko Minta Maaf ke Keluarga Hasya UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyarankan agar AKBP (Purn) Eko Setia Budi meminta maaf ke keluarga mendiang Muhammad Hasya Athallah.

NEWS | 5 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Ungkap Warga Manggarai Risih Dicap Kampung Tawuran

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan warga Manggarai sudah risih wilayahnya dicap sebagai kampung tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Seluruh Kecamatan di Jaksel Rawan Tawuran, Ini Daftarnya

Polda Metro Jaya membeberkan 10 kecamatan di Jakarta Selatan rawan tawuran. Terdapat 14 titik di 10 kecamatan itu yang kerap menjadi lokasi tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Suami Kapak Istri di Tangerang, Ayah Bantah Nani Selingkuh

Terkait kasus suami kapak istri di Tangerang, Naning Hermawan, ayah korban Nani Hermawan membantah anaknya selingkuh. 

NEWS | 5 Februari 2023

DPR Desak Polda Metro Jaya Cabut Status Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mendesak Polda Metro Jaya mencabut status tersangka Hasya Athallah Saputra yang tewas ditabrak AKBP (Purn) Eko Setia Budi.

NEWS | 5 Februari 2023

Begini Rekayasa Lalin Saat Resepsi 1 Abad NU di Sidoarjo

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Delta Sidoarjo saat puncak peringatan harlah 1 abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 5 Februari 2023

Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

Pemkab Sidoarjo melakukan sejumlah persiapan menjelang resepsi puncak peringatan Harlah 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo. 

NEWS | 5 Februari 2023

Mesin Algoritma Deteksi 8 Sinyal Radio dari Luar Angkasa, Ilmuwan: Bisa Saja Alien

Sebuah mesin algoritma baru yang dioperasikan, telah mendeteksi delapan sinyal radio yang berasal dari lima bintang yang berjarak 30 hingga 90 tahun cahaya.

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Bripka Madih, DPR Sebut Masih Ada Oknum Pemeras di Polri

Kasus polisi peras polisi yang menimpa anggota Provos Bripka Madih kini tengah menyita perhatian publik luas.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Demam Berdarah di Indonesia Capai 121.000 Per Tahun

Kasus Demam Berdarah di Indonesia Capai 121.000 Per Tahun

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE