Logo BeritaSatu

DPR Sahkan RUU KUHP Saat Fraksi PKS Interupsi

Selasa, 6 Desember 2022 | 11:08 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) menjadi UU dalam rapat paripurna, Selasa (6/12/2022).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta persetujuan kepada seluruh peserta rapat paripurna untuk mengesahkan RUU KUHP.

Advertisement

Sebelum Dasco meminta persetujuan anggota DPR yang hadir, salah satu anggota Fraksi PKS melakukan interupsi untuk memberikan catatan terkait RUU KUHP. Namun, saat anggota Fraksi PKS itu menyampaikan interupsi, Dasco langsung memotong.

"Kami akan menanyakan, apakah RUU KUHP dapat disetujui menjadi Undang-Undang?" tanya Dasco.

"Setuju," ungkap peserta rapat.

Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto mengungkapkan, pengaturan dalam KUHP yang berlaku sebelumnya sudah tidak relevan. Untu itu perlu adanya pembaharuan hukum pidana Indonesia.

"RUU KUHP ini dengan sasaran menjamin kepastian hukum. Menciptakan kemanfaatan dan keadilan terhadap terpidana. Memperkuat penegakan dan supremasi hukum di Indonesia," kata Bambang di Gedung DPR.

Dikatakan Bambang, DPR dan pemerintah sudah berupaya mendengar masukan dari akademisi dan praktisi hukum. Ia berharap RUU KUHP mendapatkan persetujuan bersama karena sangat dibutuhkan masyarakat.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly menegaskan RUU KUHP telah mengakomodasi aspirasi masyarakat. Menurut Yasonna, semua aspirasi masyarakat diterima dan ditindaklanjuti dengan mengevaluasi sejumlah pasal yang dianggap kontroversial.

"Kita sudah berkali-kali baik dengan LBH, baik dengan Dewan Pers, baik dengan kampus, dengan seluruh. Presiden kan sudah menginstruksikan tidak hanya mengintruksikan kepada kami, tetapi ke beberapa lembaga, Kemenkominfo, Polri, TNI dan BIN, kita sosialisasi ke beberapa daerah, kita tampung semua kok," ujar Yasonna di Gedung Nusantara II DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Yasonna mengatakan wajar jika ada perbedaan dalam proses pembahasan RUU KUHP. Diakui Yasonna, RUU KUHP yang bakal disahkan tidak mungkin akan memuaskan semua pihak.

"Perbedaan pendapat ya itu biasa dalam demokrasi tetapi tidak harus membajak sesuatu untuk membatalkan karena ini sudah lebih 63 tahun, ini sudah mulai memikirkan perbaikan, ini apa? Malu kita sebagai bangsa memakai hukum Belanda," tandas Yasonna.

Yasonna menegaskan RUU KUHP ini merupakan pride atau kebanggaan sebagai anak bangsa. Bahkan dia menyinggung guru besar hukum pidana Mulyadi yang sudah bekerja keras menyusun RKUHP ini, mendambakan agar RUU ini segera disahkan.

"Jadi, mari sebagai anak bangsa, perbedaan pendapat sah-sah saja ya kalau pada akhirnya nanti saya mohon gugat saja di MK, lebih elegan caranya," kata Yasonna.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lima Hari Hanyut, Bocah Perempuan di Malang Akhirnya Ditemukan

Warga Dusun Ngrancah di Malang, Jawa Timur digegerkan dengan penemuan sesosok jasad bocah perempuan dalam kondisi mengapung di aliran Sungai Brantas

NEWS | 30 Januari 2023

Unik, Pesta Ulang Tahun Anjing Digelar ala Kekaisaran Tiongkok

Di Kota Surabaya terdapat enam ekor anjing ras mini pom-pom yang merayakan ulang tahunnya secara besar-besaran layaknya manusia.

NEWS | 30 Januari 2023

Top 5 News: Jalan Ambles di Grobogan hingga Juventus Jelang Lawan Monza

Kabar tentang jalur Semarang-Grobogan yang ambles sepanjang 25 meter menjadi berita terpopuler atau top news Beritasatu.com, Minggu (29/1/2023).

NEWS | 30 Januari 2023

Menpan RB Klarifikasi Anggaran Kemiskinan Rp 500 Triliun Habis untuk Rapat

Menpan RB menegaskan dirinya tidak pernah menyebutkan anggaran pengetatan kemiskinan Rp 500 triliun tersedot untuk rapat dan studi banding kemiskinan.

NEWS | 30 Januari 2023

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor Digelar hingga 2 Februari 2023

Bazar Pesta Rakyat, salah satu kegiatan dari rangkaian acara Cap Go Meh (CGM)-Bogor Street Fest (BSF) 2023 digelar sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2023.

NEWS | 30 Januari 2023

2 Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan

Dua pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi korban pembacokan di dua lokasi berbeda, yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Perayaan Imlek, Ini Kata DPP PITI

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PITI Denny Sanusi menyatakan, Imlek bukan suatu perayaan agama tertentu.

NEWS | 30 Januari 2023

Permabudhi: Imlek Momentum Perayaan Sukacita Kebangsaan

Ketua Umum Permabudhi Philip Kuntjoro Widjaja mengatakan, Tahun Baru Imlek merupakan momentum perayaan sukacita kebangsaan.

NEWS | 30 Januari 2023

Besok, PM Malaysia Anwar Ibrahim Gelar Kunjungan Resmi ke Singapura

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan menggelar kunjungan resmi ke Singapura pada Senin (30/1/2023) besok.

NEWS | 29 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle Kabinet, PKB: Belum Pasti Terjadi

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebutkan bahwa reshuffle kabinet yang dikabarkan dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari 2023, belum pasti terjadi.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kripto Bitcoin Diprediksi Menguat Lagi

Kripto Bitcoin Diprediksi Menguat Lagi

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE