Logo BeritaSatu

Kemenkes Siapkan 420 Rumah Sakit Pendidikan di Indonesia

Selasa, 6 Desember 2022 | 11:13 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 420 rumah sakit (RS) pendidikan di Indonesia. bertekad mempercepat pemenuhan dokter, dokter gigi, dan spesialis untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di seluruh fasilitas layanan kesehatan di Indonesia.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengatakan pemerintah menyiapkan 420 rumah sakit pendidikan guna memberikan layanan kesehatan yang memadai sekaligus bisa menghasilkan tenaga kesehatan yang bermutu dan berkualitas.

Advertisement

"Seperti yang kita tahu, banyak fasilitas pelayanan kesehatan yang masih kekurangan tenaga kesehatan, dibutuhkan waktu sekitar tujuh sampai 36 tahun untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis di jejaring layanan rujukan,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Senin (5/12/2022).

Dante menjelaskan upaya akselerasi dilakukan dengan menambah kuota dan jumlah program studi di fakultas kedokteran serta melakukan program pengampuan rumah sakit pendidikan terhadap rumah sakit lainnya.

Skema itu disebut juga dengan Academic-Based Health System (AHS). Melalui skema tersebut, rumah sakit didorong agar tidak hanya berperan dalam memberikan pelayanan kesehatan, tetapi juga dalam bidang pendidikan dan penelitian.

“Kami bentuk sistem rumah sakit online untuk meningkatkan sistem integrasi dan interoperabilitas antarrumah sakit, sehingga rumah sakit pendidikan yang sudah ada bisa mengampu rumah sakit lainnya,” kata Dante.

Sejauh ini, program AHS telah dilaksanakan oleh Universitas Indonesia sejak tahun 2010 lalu. Kala itu, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia diintegrasikan dengan RSUPN Cipto Mangunkusumo untuk memberikan layanan kesehatan juga meningkatkan produksi tenaga kesehatan yang berkualitas dan bermutu.

Sejak saat itu, program AHS terus diperluas mencakup enam fakultas kedokteran, di antaranya Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Keenam fakultas kedokteran tersebut kemudian melakukan pengampuan di enam wilayah. Hasilnya, jumlah rumah sakit pendidikan meningkat hingga 210 rumah sakit di seluruh di Indonesia, terdiri dari 82 unit rumah sakit pendidikan utama, 13 RSGM, 28 rumah sakit afiliasi, dan 87 rumah sakit satelit.

Dante menuturkan bahwa pemerintah sedang mengupayakan agar 210 rumah sakit lainnya bisa berpotensi menjadi rumah sakit pendidikan, sehingga nantinya total rumah sakit pendidikan bisa mencapai 420 unit di seluruh Indonesia. Dia meminta Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI) aktif melakukan pendampingan dan memberikan bimbingan kepada 210 rumah sakit lainnya yang belum ditetapkan menjadi rumah sakit pendidikan agar target 420 rumah sakit pendidikan tersebut bisa terwujud.

Tak hanya itu, asosiasi juga diminta untuk memastikan proses pendidikan di rumah sakit pendidikan yang telah ditetapkan berjalan baik dengan kualitas pendidikan yang tetap terjaga.

“Mudah-mudahan, kita bersama bisa meningkatkan jumlah tenaga kesehatan melalui penguatan rumah sakit pendidikan yang terintegrasi,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Waspada, Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Anak Kembali Ditemukan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan laporan kasus baru gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA),

NEWS | 6 Februari 2023

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pengemis di Tangerang mengaku pendapatannya saat Cap Go Meh lebih sedikit dibanding tahun baru Imlek 2 minggu lalu.

NEWS | 6 Februari 2023

SA Tengah Asyik dengan Wanita Bugil di Mobil Dinas DPRD Jambi Saat Kepergok Warga

SA remaja (17) pengemudi kendaraan dinas bersama wanita bugil mengaku panik dikejar oleh warga saat kedapatan tengah asyik memadu cinta di dalam sedan Camry.

NEWS | 6 Februari 2023

Bareskrim Telusuri Dua Kasus Baru Gagal Ginjal Akut Anak di Jakarta

Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri akan menelusuri dua kasus baru gagal ginjal akut anak.

NEWS | 6 Februari 2023

Ini Awal Kasus Ferdy Sambo Terungkap ke Publik

Polri menyatakan Brigadir J tewas dalam insiden tembak-menembak dengan sesama polisi pada 8 Juli 2022. Belakangan diketahui Ferdy Sambo yang merencanakannya.

NEWS | 6 Februari 2023

Top 5 News: Ibu Muda Lecehkan Belasan Anak hingga Kasus Polisi Peras Polisi

Kasus ibu muda yang melakukan pelecehan kepada belasan anak di Jambi dan juga kasus Bripka Madih, anggota Provost Polsek Jatinegara mendapat banyak perhatian.

NEWS | 6 Februari 2023

BMKG Prakirakan Jakarta Senin Siang Cerah Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu cerah berawan pada Senin (6/2/2023) siang.

NEWS | 6 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas DPRD Jambi Mengaku Panik Dikejar Warga

SA, pelajar yang memakai kendaraan dinas ibunya yang merupakan Kasubag Aset dan Rumah Tangga DPRD Provinsi Jambi mengaku panik dikejar oleh warga.

NEWS | 6 Februari 2023

Ternak Kelinci Tawarkan Potensi Cuan Puluhan Juta Rupiah

Ternak kelinci menjadi usaha sampingan yang menguntungkan bagi Sudaryanto, warga desa Kolam Kanan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

NEWS | 6 Februari 2023

Sandiaga Optimistis Target Transaksi Travex 2023 Tercapai

Sandiaga mengatakan, antusiasme seller dan buyer cukup tinggi, mengingat produk pariwisata dan ekonomi kreatif terbaik hadir dalam pameran Travex 2023.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE