Logo BeritaSatu

Fenomena Langka, Jutaan Klaper Membuat Puluhan Pengendara Kecelakaan

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:46 WIB
Oleh : Fredericus Hardiyanto / FMB

Mojokerto, Beritasatu.com - Musim hujan dan cuaca yang lembab membuat jutaan hewan mirip laron yang lazim disebut klaper berkumpul di atas Jembatan Ngrame, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto di Jawa Timur, Senin (5/12/2022).

Semakin malam, jutaan hewan klaper semakin memenuhi atas Jembatan Ngrame. Akibatnya, sejumlah pengendara yang melaju kencang terjatuh karena jalan yang licin, akibat minyak yang dikeluarkan oleh klapper ini. Nampak pengendara lain yang akan menuju Sidoarjo juga terjatuh karena kurang hati-hati, dan mengalami luka ringan.

Advertisement

Klaper atau lalat capung termasuk ke dalam ordo Ephemeroptera. Hewan ini hidup di dasar sungai ketika masih berupa larva. Fase dewasa klaper hanya 2 jam saja. Ketika dewasa mereka akan ke permukaan untuk bertelur hingga 3.000 butir per klaper. Telur-telur inilah yang membuat licin jalan.

Para pengendara lain pun terpaksa harus mengendarai kendaraannya dengan pelan dan lambat, karena jalan yang licin dan pandangan terbatas Tak hanya sepeda motor, kendaraan berat pun mengalami selip karena hewan yang licin ini. Untuk melanjutkan perjalanan mereka berjalan pelan dengan kecepatan yang sangat lambat.

Amin, salah satu pengemudi truk gas elpiji seberak 15 ton, mengatakan, truknya harus berjalan sangat pelan dan ekstra hati-hati, karena sering selip ketika melalui jembatan,

“Selip ini mobilnya, tidak bisa jalan, digas juga harus pelan-pelan, ini banyak minyak dari hewan ini. Ini saya bawa elpiji dari Tanjung Perak, Surabaya mau ke Mojosari, “ ujar Amin

Sementara itu untuk membantu pengendara sepeda motor dan kendaraan melintas sejumlah warga dan relawan berjaga di ujung jembatan dari arah Sidoarjo dan sebaliknya. Mereka meminta pengendara untuk berjalan pelan dan memilih jalur yang tak ada hewan klapernya. Saiful, seorang relawan, mengatakan, dalam dua jam sebanyak 20 pengendara sepeda motor terjatuh di atas jembatan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

Bocah yang ditemukan telantar di pinggir rel di Dewi Sartika Depok mengaku dipukuli ibu kandungnya dengan tongkat bisbol. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mantan Winger Chelsea Christian Atsu Dilaporkan Terperangkap di Reruntuhan Gempa Turki

Christian Atsu, mantan pemain sayap Chelsea dan Newcastle yang kini berusia 31 tahun, menjadi salah satu korban yang terperangkap di reruntuhan gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

Besok, Kemenag Gelar Ujian Nasional bagi 6.727 Santri

Kemenag akan menggelar Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional atau yang disebut dengan Imtihan Wathani bagi santri, Rabu (7/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Gunting Jari Bayi 7 Bulan, Perawat di Palembang Jadi Tersangka

Polrestabes Palembang menetapkan perawat RS Muhammadiyah sebagai tersangka. Perawat itu gunting jari bayi berusia 7 bulan hingga putus. 

NEWS | 6 Februari 2023

Taruna Poltekpel Surabaya Tewas Dianiaya Senior

Muhammad Rio Ferdinan Anwar (19), seorang taruna Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya tewas diduga dianiaya oleh sejumlah seniornya. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mitos Jus Jambu Bisa Sembuhkan DBD, Ini Pendapat Ahli

Mengonsumsi jus jambu, sari kurma dan air daun pepaya ternyata bukan upaya untuk menyembuhkan demam berdarah.

NEWS | 7 Februari 2023

Salju, Cuaca Buruk Hambat Upaya Penyelamatan Korban Gempa Turki

Kondisi salju, hujan, dan beku menghambat operasi pencarian dan penyelamatan korban tewas akibat gempa Turki yang diperkirakan mencapai 1.800 orang.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter di Sejumlah Perairan!

BMKG menyampaikan bahwa gelombang tinggi hingga 6 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan Indonesia pada 7-8 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023

Prabowo Tegaskan Pujian kepada Jokowi Bukan untuk Menjilat

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan pujiannya kepada Presiden Jokowi bukan untuk menjilat. 

NEWS | 6 Februari 2023

Update: Jumlah Korban Gempa Turki Melebihi 1.800 Orang

Lebih dari 1.800 orang telah tewas dan ribuan lainnya terluka setelah gempa dengan magnitudo 7,8 melanda kawasan Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE