Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Semeru Meletus, Pemantauan Gunung Anak Krakatau Ditingkatkan

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:58 WIB
Oleh : Roy Triono / LES
Gunung Anak Krakatau kembali erupsi pada Rabu, (26/10/2022), dengan luncuran kolom abu mencapai 300 meter.

Bandar Lampung, Beritasatu.com – Pemantauan di Gunung Anak Krakatau (GAK) telah ditingkatkan setelah Gunung Semeru meletus di Jawa Timur. Petugas pos pantau GAK kini terus melakukan pantauan terhadap aktivitas gunung berapi yang berada di Selat Sunda tersebut.

Peningkatan pemantauan aktivitas Gunung Anak Krakatau tersebut karena Gunung Semeru dan Anak Gunung Anak Krakatau berada dalam satu lingkar cincin api Pasifik.

Dari pemantauan aktivitas Gunung Anak Krakatau dari pos pantau yang berada di Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung selama aktivitas Gunung Semeru meningkat dan sempat erupsi, Aktivitas Gunung Anak Krakatau masih terpantau normal.

Petugas pos pantau Anak Krakatau Andi Suardi mengatakan, selama Gunung Semeru erupsi tidak mempengaruhi aktivitas Gunung Anak Krakatau.

"Sejak 14 November hingga saat ini, Gunung Anak Krakatau terpantau normal dan tidak erupsi," kata Andi Suardi, Selasa (6/12/2022).

Menurut Andi Suardi, selama aktivitas Gunung Semeru meningkat, aktivitas Gunung Anak Krakatau tercatat hanya terjadi embusan dan gempa frekuensi kecil dengan kekuatan Amplitudo 1 milimeter.

"Dari dalam kawah hanya mengeluarkan asap putih tipis dengan tekanan lemah setinggi 25 meter," ujar Andi Suardi.

Andi Suardi menjelaskan, Gunung Anak Krakatau dan Gunung Semeru berada masih dalam satu jalur cincin api pasifik.

"Kedua Gunung berapi tersebut memang masih dalam satu lempeng api, namun memiliki dapur magma yang berbeda, sehingga Gunung Anak Krakatau cenderung aman," ungkap Andi Suardi.

Meski aktivitas Gunung Anak Krakatau terpantau relatif normal dengan status siaga atau level III, warga maupun wisatawan dilarang mendekati Gunung Anak Krakatau di radius 5 kilometer.

Masyarakat juga diimbau agar tetap tenang dan tidak termakan isu hoax dari sumber yang tidak jelas.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto memastikan pihaknya akan memberikan informasi terbaru aktivitas Gunung Anak Krakatau.

"Dinas terkait telah melakukan persiapan dan antisipasi jika terjadi bencana," ujar Nanang Ermanto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI