Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Erick Thohir Dinilai Cocok Jadi Ketua Umum PSSI

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:18 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Erick Thohir.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai cocok menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Erick dinilai memiliki kapasitas membangun sepak bola dan organisasi menjadi lebih baik dan kompetitif.

"Track record, jejak rekam Pak Erick Thohir dalam membangun sepak bola sangat bagus dan cocok memimpin PSSI," ujar Ketua Umum Forum Relawan Demokrasi (Foreder) Aidil Fitri di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Erick Thohir, kata Aidil, pernah menjadi pemilik klub Inter Milan dan beberapa klub sepak bola di luar negeri. Menurut Aidil, hal tersebut menunjukkan Erick mumpuni untuk mengelola sepak bola termasuk sepak bola di Indonesia.

"Selain itu hubungan internasional Pak Erick dengan FIFA juga bagus sehingga kemarin ketika kasus Kanjuruhan, komunikasi intens Erick dengan FIFA membuat Indonesia tidak kena sanksi," ungkap dia.

Kelebihan lain yang dilihat Aidil dari Erick Thohir adalah kemampuan membangun dan mengembangkan organisasi atau usaha. Hal ini terbukti dari kinerja Erick dalam mengembangkan usahanya dan juga mengembangkan BUMN sehingga saat ini sudah meraup keuntungan bagi negara.

"Yang kita lihat juga dari Pak Erick Thohir, pandai membangun dan mengembangkan sesuatu organisasi atau usaha yang mana telah terbukti, di BUMN sekarang banyak untung," tegas Aidil.

Sebelumnya, Erick Thohir menegaskan harus ada voters atau pemilih jika dirinya maju menjadi calon ketua umum PSSI. Menurut Erick, dorongan voters ini merupakan kekuatan nyata di lapangan.

"Ya, kalau dorongan kan secara media, kalau voters kan beda. Kalau media kan memberitakan, kalau di lapangan belum tentu," ujar Erick Thohir di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Erick mengaku mendengar adanya gosip dirinya sedang melakukan manuver untuk menjadi ketua umum PSSI belakangan ini. Menurut dia, gosip tersebut hanyalah asumsi.

"Nanti digosipin lagi ini PSSI manuver. Semua itu asumsi-asumsi terlalu dini," tegasnya.

Erick Thohir menduga gosip tersebut terkait dengan langkahnya menyelamatkan sepak bola Indonesia dari sanksi FIFA buntut kasus Kanjuruhan Malang yang menewaskan ratusan suporter. Erick menegaskan, langkahnya tersebut merupakan tindak lanjut dari tugas yang diberikan Presiden Jokowi, bukan manuver untuk menjadi ketua umum PSSI.

"Kemarin kan saya untuk sepak bola itu memang ditugaskan oleh Bapak Presiden untuk menyelamatkan, jangan sampai disanksi. Tugas Saya alhamdulillah berhasil menyelamatkan sepak bola untuk tidak disanksi," ungkap Erick.

Setelahnya, kata Erick, dibentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dipimpin oleh Menko Polhukam Mahfud MD. TGIPF pun menghasilkan sejumlah rekomendasi hingga mulai hari ini, Liga 1 kembali diizinkan bergulir. Erick menegaskan dirinya tidak campur tangan lagi dalam proses tersebut.

"Kan ini kan nanti tupoksinya bukan saya, kalau saya tupoksinya kalau Liga enggak lanjut, ya sponsor enggak cair dari BRI kan begitu. Dan kayak BRI itu sponsor, enggak ada hubungannya sama saya jadi ketua umum PSSI, karena ini kan duluan, kejadian Kanjuruhan kan belakangan," kata Erick Thohir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI