Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Terima Predikat A Reformasi Birokrasi, Ganjar Dorong MPP Fungsikan Digitalisasi

Selasa, 6 Desember 2022 | 14:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Selasa (6/12/2022) menerima penghargaan untuk Pemprov Jawa Tengah setelah mendapat predikat A di Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi pada 2022. Penghargaan diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI Abdullah Azwar di Jakarta.

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapat predikat A dalam gelaran Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi pada 2022. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI Abdullah Azwar Anas langsung kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Politikus dengan ciri berambut putih itu usai acara menegaskan bahwa penghargaan yang telah diterimanya sebagai langkah untuk terus melakukan terobosan guna reformasi birokrasi.

"Seluruh instansi kita, terutama dinas-dinas itu, badan-badan semuanya, agar ketika berhadapan dengan rakyat langsung, memudahkan layanan mereka," ujar Ganjar.

Sejak memimpin Jawa Tengah pada tahun 2013 lalu, Ganjar telah melakukan sejumlah gebrakan terkait pelayanan publik, khususnya dalam merespon laporan dari masyarakat. Salah satunya melalui banyak kanal seperti aplikasi Lapor Gub, medsos, SMS, Whatsapp, telepon, tatap muka dan kanal lain.

Melalui gebrakan tersebut, Ganjar menyebut pihaknya terus berupaya memudahkan birokrasi agar masyarakat semakin mendapatkan layanan termudah. Dengan begitu, persoalan masyarakat, peningkatan investasi, dan pengurangan kemiskinan bisa dimaksimalkan.

"Ada satu target lagi untuk bisa double A, jadi AA. Baru Yogyakarta yang bisa mencapai nilai ini. Kita mesti belajar dari tempat lain agar kita pun bisa melakukannya. Tapi intinya birokrasinya mesti direformasi dan layanannya mesti lebih baik," kata Ganjar.

Ganjar pun menjelaskan bahwa target tersebut telah berjalan di Jawa Tengah dengan membangun puluhan Mal Pelayanan Publik (MPP). Ganjar menargetkan 650 dari 35 Kabupaten atau Kota di seluruh Jawa Tengah memiliki MPP sendiri.

"Maka saya minta seluruh Jawa Tengah yang belum ada Mal Pelayanan Publik, segera buat, itu tidak sulit dan hanya butuh mau saja untuk melakukan itu," terangnya.

Sejauh ini, Jateng telah memiliki 22 MPP yang tersebar di berbagai wilayah. Di antaranya MPP Pemprov Jateng, Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Kota Surakarta, Karanganyar, dan Kota Salatiga.

Kemudian Kota Magelang, Kota Semarang, Kendal, Kudus, Jepara, Pati, Blora, Kebumen, Purworejo, Banyumas, Grobogan, Klaten, Brebes, Rembang, dan Cilacap.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mendorong MPP yang telah ada di Jawa Tengah untuk meningkatkan pelayanan secara digitalisasi.

"Dan setelah ada, MPP segera tingkatkan pada pelayanan digitalnya. Sehingga masyarakat akan mendapatkan kemudahan. Kalau semua sudah transparan dan akuntabel, insyaallah itu bisa mencegah potensi korupsi. Ini yang penting," tandasnya. (ADV)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI