Logo BeritaSatu

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Rabu, 7 Desember 2022 | 02:11 WIB
Oleh : JAS

Semarang, Beritasatu.com – Ada kisah menarik dari Ganjar Pranowo terkait hubungannya dengan Megawati Soekarnoputri. Siapa sangka, politisi PDIP yang juga menjabat Gubernur Jawa Tengah itu banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Hal itu disampaikan Ganjar saat mengikuti podcast Ngopol (Ngopi Politik) di chanel youtube NgopiBarengID. Dalam sesi wawancara oleh Arif Affandi dan Moh Anis itu, Ganjar Pranowo menceritakan kisahnya terjun dalam dunia politik dan bergabung dengan PDIP.

Advertisement

“Saya itu sudah gabung dengan PDI sejak tahun 1992, saat saya masih mahasiswa di Jogja. Waktu itu masih PDI, belum PDIP. Saya sudah mulai ikut kampanye, bertemu Suryadi, Pak Kwik (Kwik Kian Gie) dan lainnya enggak pernah saya lupakan,” kata Ganjar.

Kecintaannya pada PDIP berlanjut saat Ganjar merantau ke Jakarta. Saat itu, Ganjar Pranowo mengatakan sering main ke rumah Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

“Tahun 1999 saya ke Jakarta, saat itu saya bukan siapa-siapa. Karena senang dengan PDIP, jadi saya sering main ke rumah Ibu Megawati di Kebagusan. Setiap sore saya nongkrong dengan teman-teman di Kebagusan. Dan kalau nongkrong ya di dapurnya Ibu Megawati itu,” kenang Ganjar.

Ternyata kebiasaan nongkrong di dapur Megawati itu membuat Ganjar mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman tentang politik. Ia sering bertemu dengan Taufiq Kiemas, dan ngobrol tentang politik meski dengan hal yang sederhana. Ganjar memang mengakui dekat dengan suami Megawati Soekarno Putri itu.

“Ya selama saya nongkrong di dapur bareng teman-teman, Mas Taufiq datang. Biasanya beliau absen, kamu datang ke sini ongkos bis habis berapa. Misalnya Rp 100.000, kemudian Mas Taufiq memberi Rp 50.000. Saya tanya kenapa dikasih dan hanya separuh, beliau menjawab, 'Njar, begini caranya gotong royong.' Itu salah satu pelajaran dari mas Taufiq yang selalu saya ingat,” katanya.

Baca selanjutnya
Saking seringnya nongkrong di dapur Megawati, Ganjar hafal betul bahwa masakan ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Kanker Anak di Indonesia, Leukemia Masih Dominan

Saat ini, leukemia masih menjadi jenis kanker yang paling banyak menyerang anak-anak di Indonesia.

NEWS | 4 Februari 2023

Cuaca Buruk, Nelayan Hilang di Perairan Laut Karawang

Seorang nelayan, Zakaria dikabarkan hilang saat mencari ikan di perairan pantai utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Saat melaut, tengah terjadi cuaca buruk.

NEWS | 4 Februari 2023

Ini Berbagai Tantangan Pengobatan Kanker Anak

Pengobatan kanker anak di Indonesia saat ini masih menghadapi sejumlah tantangan, utamanya dari sisi jumlah tenaga kesehatan dan juga fasilitas kesehatan.

NEWS | 4 Februari 2023

Jembatan di Kupang Putus Dihantam Banjir Bandang, Aktivitas Warga Lumpuh

Jembatan Kapsali di Desa Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) putus dihantam banjir bandang.

NEWS | 4 Februari 2023

Sejumlah Rumah di Cibitung Bekasi Teremdam Banjir Selama 1 Pekan

Sejumlah rumah warga di Kampung Utan, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terendam air 30 sentimeter selama 1 pekan terakhir.

NEWS | 4 Februari 2023

2023, DKI Targetkan Pasang Patok Batas 3.000 Bidang Tanah

DKI Jakarta menargetkan bisa memasang patok batas 2.000 hingga 3.000 bidang tanah dalam Gemapatas pada tahun 2023 ini.

NEWS | 4 Februari 2023

Penyakit Kanker Masih Pemicu Kematian Tertinggi di Dunia

Provinsi Sumatara Utara menjadi tuan rumah peringatan Hari Kanker Sedunia Tingkat Nasional 2023 yang digelar pada 4-5 Februari 2023.

NEWS | 4 Februari 2023

Cuaca Ekstrem, Dua Jalur Penyeberangan NTT Ditutup

Dua jalur penyeberangan dari Kupang ke dua daerah di wilayah Nusa Tenggara Timur sementara ditutup akibat cuaca ekstrem di NTT.

NEWS | 4 Februari 2023

Hutan Kota Pakansari, Wujud Program Pelestarian Lingkungan

Hutan Kota Pakansari yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor merupakan wujud dari program kolaborasi hijau sebagai bentuk pelestarian lingkungan.

NEWS | 4 Februari 2023

Libur Akhir Pekan, 21.000 Pengunjung Padati Ragunan

Sebanyak lebih dari 21.000 pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan untuk menghabiskan libur akhir pekan, Sabtu (4/2/2023). 

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE