Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Top 5 News: Pengakuan Sambo soal Istrinya Diperkosa dan KKB Tembak Mati Tukang Ojek

Rabu, 7 Desember 2022 | 07:55 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo (kanan), dan Putri Chandrawathi (kiri), bersiap menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 6 Desember 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Pengakuan Ferdy Sambo soal istrinya diperkosa Brigadir J dan Basarnas cari korban gempa Cianjur merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com sepanjang Selasa (6/12/2022).

Selain itu, berita lain yang menghiasai pilihan pembaca adalah KKB tembak mati tiga tukang ojek serta pesan Jokowi-Iriana jelang pernikahan Kaesang Pangarep.

Ada juga berita soal 12 masalah yang mengintai KUHP.

Berikut lima berita terpopuler Beritasatu.com sepanjang Selasa (7/12/2022):

1. Ferdy Sambo: Istri Saya Diperkosa Brigadir J, Tidak Ada Motif Perselingkuhan

Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo, menegaskan, tidak ada motif lain dalam pembunuhan Brigadir J selain motif pelecehan seksual. Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi diperkosa Brigadir J, tidak ada motif perselingkuhan.

“Jelasnya, istri saya kan diperkosa sama Yosua. Tidak ada motif lain, apalagi perselingkuhan,” kata Ferdy Sambo kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Pernyataan tersebut ia sampaikan ketika menanggapi kesaksian Bharada E yang juga merupakan terdakwa dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Bharada E, pada Rabu (30/11/2022), ketika menjadi saksi untuk terdakwa Ricky Rizal, mengungkapkan bahwa dirinya melihat seorang perempuan yang keluar dari rumah Ferdy Sambo di Bangka dalam kondisi menangis.

2. Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas terus mencari delapan korban hilang akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Namun, mulai Rabu (7/12/2022), operasi pencarian dilakukan secara pasif.

Kepala Kantor Basarnas Jawa Barat, Jumaril menyatakan, operasi pencarian korban hilang sudah digelar sejak 21 November 2022 atau saat kali pertama terjadi gempa Cianjur bermagnitudo (M) 5,6.

Operasinya SAR gabungan dilakukan secara masif. Namun hingga hari terakhir perpanjangan ketiga upaya pencarian selama tiga hari, masih ada delapan korban gempa Cianjur yang dinyatakan hilang.

"Kami menggelar operasi SAR sejak pertama kejadian 21 November lalu cukup masif melibatkan relawan potensi SAR sebanyak 1.850 orang dan ditambah dukungan TNI, Polri, serta internal Basarnas lebih kurang 1.000 personel," kata Jumaril saat konferensi pers daring, Selasa (6/12/2022).

3. KKB Tembak Mati 3 Tukang Ojek di Pegunungan Bintang Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB tembak mati tiga tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kapolres Pegunungan Bintang, Akbp Cahyo Sukarnito menjelaskan, aksi keji KKB tersebut terjadi pada Senin (5/12/2022) sekitar pukul 14.00 WIT.

"Menurut keterangan saksi yang adalah rekan korban, saat itu mereka sedang menunggu penumpang, lalu muncul sekitar 13 orang mendatangi mereka dan meminta mereka mengumpulkan kunci motor, karena tidak di gubris, salah satu orang (KKB) mengeluarkan senjata laras pendek dan mengancam akan menembak meteka," ungkap Kapolres Cahyo, Selasa (6/12/2022).

Lanjut Cahyo, melihat hal tersebut saksi dan dua orang rekannya lalu melarikan diri dengan cara melompat ke dalam jurang.

4. Jelang Pernikahannya, Kaesang Ungkap Pesan Jokowi dan Iriana

Kaesang Pangarep mengungkap pesan kedua orang tuanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi. Pesan itu disampaikan Jokowi dan Iriana kepada Kaesang yang akan melangsungkan pernikahan dengan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022) mendatang.

Menurut Kaesang, Jokowi berpesan kepadanya untuk menjadi orang baik. Sementara sang ibu berpesan agar Kaesang menjadi anak yang tangguh. "Nasihat dari bapak jadi anak yang baik, dari ibu jadi anak yang tangguh," ucap Kaesang kepada wartawan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, DIY, Selasa (6/12/22).


Kaesang juga meminta doa restu kepada masyarakat Indonesia menjelang pernikahannya. Dalam kesempatan itu, Kaesang juga memohon maaf jika kegiatannya mengganggu aktivitas masyarakat. "Kami sekeluarga mohon doa restunya, agar semua dapat berjalan dengan lancar", ujar Kaesang.

5. RUU KUHP Disahkan Hari Ini, 12 Masalah Mengintai

Aliansi Nasional Reformasi KUHP membeberkan 12 ketentuan bermasalah yang diatur dalam Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) yang rencananya akan disahkan DPR hari ini, Selasa (6/12/2022). Untuk itu, Aliansi menolak pengesahan RUU KUHP karena akan bisa mematikan demokrasi di Indonesia.

"Pasal-pasal yang terkandung dalam draf akhir RUU KUHP masih memuat pasal-pasal antidemokrasi, melanggengkan korupsi di Indonesia, membungkam kebebasan pers, menghambat kebebasan akademik, mengatur ruang privat masyarakat, diskriminatif terhadap perempuan dan kelompok marginal, mengancam keberadaan masyarakat adat, dan memiskinkan rakyat," ujar Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Muhammad Isnur di sela-sela aksi demonstrasi menolak RUU KUHP di depan Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/12/2022).

Selain YLBHI, terdapat sekitar 100 organisasi demokrasi, HAM dan mahasiswa yang bergabung dalam aliansi tersebut. Beberapa di antaranya, Imparsial, Kontras, AJI, BEM UI, HWRG, ELSAM, ICJR, PSHK, dan lembaga lainnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI