Logo BeritaSatu

Ferdy Sambo Ungkap Perintahnya ke Bharada E: Hajar Cad...

Rabu, 7 Desember 2022 | 16:23 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Ferdy Sambo mengungkapkan perintah yang dia katakan ke Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E untuk Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Perintah versi pengakuan Sambo kali ini adalah meminta Bharada E menghajar Brigadir J.

Namun, Bharada E justru melepaskan tembakan. Hal itu berujung pada tewasnya Brigadir J.

Advertisement

Hal itu diungkapkan Sambo saat menjadi saksi dalam persidangan kasus dugaan pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J. Duduk sebagai terdakwa dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jakarta, Rabu (7/12/2022) kali ini yakni Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal.

Ferdy Sambo diketahui juga merupakan terdakwa dalam kasus ini. Hanya saja, untuk persidangan kali ini dia didudukkan sebagai saksi.

Singkat cerita, Ferdy Sambo hendak meluncur ke Depok dalam rangka bermain badminton bersama sejumlah pejabat Polri sekitar pukul 17.00 WIB. Sementara Putri juga telah berangkat ke rumah dinas Duren Tiga untuk isolasi mandiri (isoman).

"Saudara dari Saguling menuju Depok?," cecar hakim.

"Iya, setelah sampai di Kompleks Duren Tiga, saya melihat Yosua di depan gerbang," jawab Sambo.

"Kemudian?," hakim kembali menanyakan.

"Saya perintahkan Adzan Romer untuk berhenti, setelah berhenti Adzan Romer turun," tutur Sambo.

Sambo menyampaikan, sudah menjadi kebiasaan sopirnya untuk melewati Kompleks Polri Duren Tiga dahulu dalam berpergian. Ferdy Sambo kemudian memutuskan menghentikan kendarannya saat melihat Brigadir J di rumah dinasnya. Dia teringat soal klaim Putri Candrawathi yang mengaku telah dilecehkan Brigadir J.

"Saya teringat apa yang dilakukan Yosua terhadap istri saya, karena di Saguling saya tidak bertemu. Saya perintahkan Romer untuk berhenti, Romer biasanya kalau berhenti langsung turun. Tapi saya masih berpikir apakah saya konfirmasi hari ini karena saya sudah konfirmasi ke istri malam," kata Sambo.

"Kemudian saya perintahkan jalan lagi udah jalan saja, tapi saya putuskan untuk berhenti dan konfirmasi hari itu juga. Kemudian saya turun, senjata saya jatuh kemudian saya ambil dan saya masuk ke Duren Tiga," ungkapnya.

Kemudian Ferdy Sambo menerangkan soal momen senjatanya jenis Combat Wilson Kaliber 45 mm terjatuh. Momen itu terjadi ketika dia turun dari mobil Land Cruiser warna hitam.

Eks Kadiv Propam Polri itu lalu masuk dan menemui Ricky Rizal, Bharada E, dan Kuat Ma'ruf. Dia lalu memerintahkan agar Brigadir J dipanggil masuk ke dalam.

"Saya masuk ke dalam kemudian Richard turun setelah itu Yosua masuk bersama Kuat, dan Ricky di belakangnya begitu masuk. Saya sudah emosi waktu itu karena mengingat perlakuan Yosua waktu itu, saya kemudian berhadapan dengan Yosua," kata Sambo.

"Saya sampaikan kepada Yosua, kenapa kamu tega sama ibu? Jawaban Yosua, tidak seperti yang saya harapkan. dia malah nanya balik ada apa komandan? Seperti menantang saya kemudian lupa saya tidak bisa mengingat lagi, saya bilang kamu kurang ajar, saya perintahkan Richard untuk hajar Cad," lanjutnya.

Bharada E lalu melepaskan tembakan Brigadir J sampai terjatuh. Ferdy Sambo mengaku peristiwa itu di luar rencananya.

"Hajar Cad kamu hajar Cad kemudian ditembak lah Yosua sambil maju sampai roboh, itu kejadian cepat sekali Yang Mulia tidak sampai sekian detik. Karena cepat sekali penembakkan itu," imbuh Ferdy Sambo.

Baca selanjutnya
Saat itu, Ferdy Sambo mengaku tersentak dan langsung memerintahkan Bharada E ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PKB Fasilitasi Aeshnina Azzahra Suarakan Keadilan Lingkungan

Jubir Milenial PKB Mikhael Sinaga mengatakan PKB akan memfasilitasi aktivis lingkungan Aeshnina Azzahra (15 tahun) untuk menyuarakan keadilan lingkungan. 

NEWS | 7 Februari 2023

Ayah Kandung Aniaya 2 Anaknya di Cimahi, 1 Meninggal Dunia

Seorang ayah kandung berinisial A menganiaya dua anaknya di Kota Cimahi. Bahkan, akibat penganiayaan itu, satu anaknya meninggal dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK yang menjangkit hewan ternak di Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir

NEWS | 6 Februari 2023

Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

Opini yang dilontarkan oleh sejumlah pejabat pemerintah tentang operasi tangkap tangan atau OTT KPK turut memengaruhi penurunan Indeks Persepsi Korupsi.

NEWS | 7 Februari 2023

Gempa Turki, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas bencana gempa Turki, Senin (6/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

Kawasan Simpang Lima Rapak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memiliki wajah baru berupa lukisan mural yang unik dan menarik.

NEWS | 7 Februari 2023

Live Instagram Saat Pesta Miras, 31 Anggota Geng Motor di Gowa Diciduk Polisi

Puluhan anggota geng motor di Gowa, Sulawesi Selatan diciduk Polrestabes Makassar saat sedang pesta miras setelah salah satu dari mereka live di Instagram.

NEWS | 6 Februari 2023

Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

Bocah yang ditemukan telantar di pinggir rel di Dewi Sartika Depok mengaku dipukuli ibu kandungnya dengan tongkat bisbol. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mantan Winger Chelsea Christian Atsu Dilaporkan Terperangkap di Reruntuhan Gempa Turki

Christian Atsu, mantan pemain sayap Chelsea dan Newcastle yang kini berusia 31 tahun, menjadi salah satu korban yang terperangkap di reruntuhan gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

Besok, Kemenag Gelar Ujian Nasional bagi 6.727 Santri

Kemenag akan menggelar Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional atau yang disebut dengan Imtihan Wathani bagi santri, Rabu (7/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE