Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Kaesang Pangarep Ikuti Wilujengan Jelang Pernikahan

Kamis, 8 Desember 2022 | 05:51 WIB
Oleh : Rachman Pratama / JAS
Kaesang Pangarep (kiri) ditemani Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X usai mengikuti tradisi wilujengan jelang pernikahannya dengan Erina Gudono.

Solo, Beritasatu.com – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang akan menikah dengan Erina Gudono, menjalani tradisi wilujengan pada Rabu (07/12/2022) siang di Pendopo Pura Mangkunegaran di Kota Solo, Jawa Tengah.

Kaesang terlihat sendiri, sementara calon istrinya Erina Gudono tak terlihat karena sedang dipingit jelang hari bahagianya pada akhir pekan ini. Dalam kesempatan ini Kaesang tampak mengenakan baju batik berwarna ungu kuning emas. Dirinya ditemani Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X yang terlihat mengenakan batik warna kuning.

Saat menemui awak media yang menunggunya, adik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep mengaku jika wilujengan merupakan tradisi jawa yang digelar sebelum hari H pernikahan, yang bertujuan untuk memohon kelancaran dan keselamatan.

“Ini tadi menggelar wilujengan, atau syukuran memohon keselematan acara pada hari H pernikahan nanti. Kegiatannya ya doa-doa dan makan-makan. Tadi makan nasi liwet khas Mangkunegaran,” ungkap Kaesang.

Usai mengikuti tradisi wilujengan, calon suami Erina Gudono ini mengaku akan berziarah ke makam eyangnya, Sudjiatmi Notomihardjo yang berada di Mundu, Kabupaten Karanganyar, yang tak jauh dari Kota Solo.

“Setelah acara wilujengan, nanti mau lanjut nyekar ke makam eyang,” tambahnya.

Sementara itu, pada hari Kamis (08/12/2022) atau H-2 pernikahannya, Kaesang Pangarep mengaku akan mengikuti acara pengajian yang akan digelar di rumahnya di kawasan Sumber, Kota Solo.

“Besok (Kamis) akan ada pengajian di rumah. Setelah itu rampung,” jelas Kaesang.

Sementara itu, saat ditanya sejumlah wartawan mengenai persiapannya jelang hari pernikahan, Kaesang Pangarep mengaku tidak ada persiapan khusus. Kaesang mengaku persiapan dilakukan seperti orang-orang pada umumnya yang akan melangsungkan pernikahan.

“Tidak ada persiapan khusus. Ya persiapan kayak orang nikah pada umumnya saja. Insyaallah aman. Ini saya pakai batik, jadi harus kalem,” sebut Kaesang berseloroh.

Namun, Kaesang juga menjelaskan jika dirinya sempat menjalani perawatan khusus, seperti lulur, saat berada di Yogyakarta pada Selasa (06/12/2022). Selain itu kegiatan Kaesang yang biasanya dilakukan antara lain olahraga, makan, dan menonton pertandingan sepak bola.

“Jadwal saya ya nge-gym, kulineran dan nonton bola,” ujar Kaesang.

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan pernikahan pada Sabtu (10/12/2022) di Yogyakarta dan selanjutnya menggelar resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu (11/12/2022). Kaesang mengaku sudah latihan ijab kabul selama enam bulan dan akan menggunakan bahasa Indonesia dalam momen sakral tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI