Logo BeritaSatu

KPU Akan Terjunkan Tim Lakukan Coklit Data Pemilih

Kamis, 8 Desember 2022 | 10:49 WIB
Oleh : CAR

Padang, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menerjunkan tim untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan pemerintah akan memberikan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) kepada KPU pada 14 Desember 2022. Pihaknya akan membandingkan data tersebut dengan daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu terakhir melalui kegiatan sinkronisasi.

"Kita juga akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan menurunkan tim ke lapangan serta melakukan verifikasi yang tujuannya adalah orang yang berhak memilih dapat menjalankan haknya sesuai aturan," kata Hasyim sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (8/12/2022).

Advertisement

KPU menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Penyusunan Data Pemilih untuk Pemilu 2024 di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (7/12/2022). Kegiatan ini sebagai bentuk persiapan jelang melakukan penyusunan data pemilih.

Hasyim mengatakan KPU merupakan lembaga yang memberikan layanan yang sasaran adalah pemilih agar dapat menggunakan hak pilih dan sasaran kedua adalah peserta pemilu.

Untuk pemilih, harus berumur 17 tahun pada saat pelaksanaan pemilu dan terdaftar di KPU. Sebab, KPU yang diberikan kewenangan menetapkan seseorang terdaftar sebagai pemilih.

Menurut Hasyim, melalui kegiatan ini pihaknya ingin menyamakan persepsi terkait tata cara penyusunan data pemilih agar memiliki kesamaan pandangan.

"Bimtek ini bukan sekedar psikomotorik. Namun, ini lebih menekankan kepada keterampilan sehingga kita libatkan operator sidalih, kabag dan komisioner KPU," kata Hasyim.

Kegiatan ini dibagi dalam dua tahap dan tahap pertama di Kota Padang selama tiga hari yang diikuti sejumlah provinsi dan provinsi lain digelar di Surabaya pada 10 Desember 2022.

"Kita berharap tentu kita lebih siap dalam melakukan penyusunan data sehingga seluruh pihak yang berhak memilih terdaftar sebagai pemilih," kata Hasyim.

Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani mengucapkan terima kasih karena KPU memilih Kota Padang Sumatera Barat sebagai lokasi bimtek.

"Ini tentu dapat kita manfaatkan agar persiapan dalam masa penyusunan ini menjadi lebih baik lagi dan personel dapat memiliki pemahaman yang sama dalam pelaksanaan penyusunan data ini," kata Yanuk.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023

PSI Minta Pertumbuhan Sektor Pariwisata Juga Dinikmati UMKM

PSI berharap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tumbuh signifikan selama 2022 turut dinikmati oleh UMKM. 

NEWS | 2 Februari 2023

Bermaksud Serang Sejumlah Sasaran di Singapura, Pelajar Pendukung ISIS Ditahan

Seorang pelajar berusia 18 tahun ditangkap berdasarkan Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri, setelah berencana menyerang sejumlah sasaran di Singapura.

NEWS | 2 Februari 2023

Kerajinan Bambu Jombang Tembus Pasar Tiongkok dan Belanda

Perajin bambu asal Desa Pucangrejo, Kabupaten Jombang, sukses mengolah bambu menjadi kerajinan tangan bernilai tinggi dan menembus pasar ekspor.

NEWS | 2 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Mutasi Puluhan Kapolsek, Ini Daftarnya

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan mutasi jabatan puluhan kapolsek di jajaran Polda Metro Jaya. 

NEWS | 2 Februari 2023

DPR: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

Maman Imanulhaq menilai, pencegahan penyebaran paham yang berpotensi menimbulkan konflik sosial harus dilakukan.

NEWS | 2 Februari 2023

Keren! Rest Area Ini Punya Teknologi Pengolahan Limbah Organik

Rest area Cibubur yang terletak di jalan tol Jagorawi KM 10, merupakan yang pertama di Indonesia dalam menerapkan teknologi pengolahan limbah organik.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lemhannas Gelar Rapim Tentukan Arah Kebijakan Jelang Pemilu 2024

Lemhannas Gelar Rapim Tentukan Arah Kebijakan Jelang Pemilu 2024

BERSATU KAWAL PEMILU | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE