Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

KPU Akan Terjunkan Tim Lakukan Coklit Data Pemilih

Kamis, 8 Desember 2022 | 10:49 WIB
Oleh : CAR
Ilustrasi KPU

Padang, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menerjunkan tim untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan pemerintah akan memberikan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) kepada KPU pada 14 Desember 2022. Pihaknya akan membandingkan data tersebut dengan daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu terakhir melalui kegiatan sinkronisasi.

"Kita juga akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan menurunkan tim ke lapangan serta melakukan verifikasi yang tujuannya adalah orang yang berhak memilih dapat menjalankan haknya sesuai aturan," kata Hasyim sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (8/12/2022).

KPU menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Penyusunan Data Pemilih untuk Pemilu 2024 di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (7/12/2022). Kegiatan ini sebagai bentuk persiapan jelang melakukan penyusunan data pemilih.

Hasyim mengatakan KPU merupakan lembaga yang memberikan layanan yang sasaran adalah pemilih agar dapat menggunakan hak pilih dan sasaran kedua adalah peserta pemilu.

Untuk pemilih, harus berumur 17 tahun pada saat pelaksanaan pemilu dan terdaftar di KPU. Sebab, KPU yang diberikan kewenangan menetapkan seseorang terdaftar sebagai pemilih.

Menurut Hasyim, melalui kegiatan ini pihaknya ingin menyamakan persepsi terkait tata cara penyusunan data pemilih agar memiliki kesamaan pandangan.

"Bimtek ini bukan sekedar psikomotorik. Namun, ini lebih menekankan kepada keterampilan sehingga kita libatkan operator sidalih, kabag dan komisioner KPU," kata Hasyim.

Kegiatan ini dibagi dalam dua tahap dan tahap pertama di Kota Padang selama tiga hari yang diikuti sejumlah provinsi dan provinsi lain digelar di Surabaya pada 10 Desember 2022.

"Kita berharap tentu kita lebih siap dalam melakukan penyusunan data sehingga seluruh pihak yang berhak memilih terdaftar sebagai pemilih," kata Hasyim.

Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani mengucapkan terima kasih karena KPU memilih Kota Padang Sumatera Barat sebagai lokasi bimtek.

"Ini tentu dapat kita manfaatkan agar persiapan dalam masa penyusunan ini menjadi lebih baik lagi dan personel dapat memiliki pemahaman yang sama dalam pelaksanaan penyusunan data ini," kata Yanuk.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI