Logo BeritaSatu

Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 91,7%

Kamis, 8 Desember 2022 | 11:43 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sudah mencapai 91,70 persen.

Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal menyampaikan persentase ini berdasarkan perhitungan nilai investasi aktual yang telah dikeluarkan oleh kontraktor

Advertisement

"Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang direncanakan dibangun sepanjang 142,3 kilometer (km) tersebut akan memiliki empat stasiun yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, Stasiun Tegalluar, dan satu Depo di Tegalluar," kata Risal dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Ia menjelaskan, progres masing-masing stasiun, yaitu Stasiun Halim mencapai 74,19 persen, Stasiun Karawang 72,72 persen, Stasiun Padalarang 11,19 persen, Stasiun Tegalluar 86,29 persen, dan Depo Tegalluar mencapai 76,67 persen.

Pengerjaan jembatan mencapai 97,27 persen, konstruksi tanah dasar (subgrade) mencapai 80,41 persen, dan pengerjaan terowongan mencapai 99,48 persen.

Risal menyampaikan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) sebagai regulator turut menyiapkan operasional melalui sertifikasi sumber daya manusia, pengujian kelayakan sarana dan prasarana, serta penilaian keamanan.

"Untuk mendukung pengoperasian pada Juni 2023, didahului dengan commissioning test, integrasi, serta trial pengoperasian," ujarnya.

PT KAI tengah menyiapkan dua layanan kereta api yang akan mendukung konektivitas KCJB, yakni LRT Jabodebek dan KA Feeder KCJB.

Selaku pimpinan konsorsium pembangunan proyek KCJB, PT KAI menyampaikan bahwa penumpang dapat langsung berpindah dari Stasiun LRT Jabodebek Halim ke Stasiun KCJB Halim karena kedua layanan tersebut telah terintegrasi pada lokasi yang sama.

Di Stasiun Padalarang, KAI menyediakan layanan KA Feeder yang jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KCJB. Waktu tempuh KA Feeder KCJB untuk menuju Stasiun Bandung hanya 18 menit.

Dengan menggunakan layanan kereta api yang sudah terkoneksi tersebut, total waktu yang dibutuhkan antara pusat Kota Jakarta dan Bandung sekitar satu jam perjalanan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penegakan Hukum, KPK Sebut RUU Perampasan Aset Sangat Bagus

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai RUU Perampasan Aset sangat bagus dalam upaya penegakan hukum.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Firli Akui KPK Hadapi Kendala Besar dalam Menangani Kasus Lukas Enembe

Ketua KPK Firli Bahuri mengakui KPK menghadapi kendala besar dalam menangani kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe.

NEWS | 9 Februari 2023

Novel Baswedan Yakin Harun Masiku Tak Akan Ditangkap, KPK: Jangan Berprasangka

KPK meminta publik, termasuk Novel Baswedan tidak berprasangka negatif soal perkembangan pengejaran terhadap Harun Masiku dan buronan lainnya. 

NASIONAL | 9 Februari 2023

Pakar Sebut Hal Ini Jadi Pemicu Kasus Gangguan Ginjal Anak

Kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) pada anak kembali muncul karena belum tuntas penyelidikan dan evaluasi pada kasus GGAPA.

NASIONAL | 9 Februari 2023

TNI Belum Dapat Pastikan Keberadaan Pilot Susi Air

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sampaikan saat ini pasukan TNI masih terus mencari keberadaan pilot Susi Air Kapten Philips Marthen.

NASIONAL | 9 Februari 2023

KPK Benarkan Napi Kasus Korupsi Tanah Munjul Anja Runtuwene Meninggal

KPK membenarkan Wakil Direktur PT Adonara Propertindo Anja Runtuwene meninggal dunia. Anja merupakan terpidana kasus korupsi tanah Munjul. 

NASIONAL | 9 Februari 2023

Hasil PLN Mobile Proliga: Gagal di Kandang, Petrokimia Menang di Malang

Gresik Petrokimia menang di Malang dalam lanjutan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023, Kamis (9/2/2023). Sebelumnya, saat di kandang mereka kalah.

SPORT | 9 Februari 2023

Polisi Tahan Perawat yang Gunting Jari Bayi di Palembang

Perawat RS Muhammadiyah Palembang yang menggunting jari bayi berusia 7 bulan ditahan polisi untuk 20 hari ke depan. 

NUSANTARA | 9 Februari 2023

Ini Pentingnya Edukasi Anak Pada Area Privasi Sejak Kecil

Orang tua bisa mulai melakukan edukasi anak tentang area tubuh privasi sejak berusia di bawah lima tahun saat mereka sudah mengenal anggota tubuhnya.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Jelang Konser Westlife, Antrean Penonton yang Ingin Berfoto Membeludak

Jelang dimulainya konser Westlife, antrean pengunjung yang ingin berfoto di depan stand boyband tersebut membeludak, Kamis (9/2/2023)

LIFESTYLE | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penegakan Hukum, KPK Sebut RUU Perampasan Aset Sangat Bagus

Penegakan Hukum, KPK Sebut RUU Perampasan Aset Sangat Bagus

NASIONAL | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE