Logo BeritaSatu

Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 91,7%

Kamis, 8 Desember 2022 | 11:43 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sudah mencapai 91,70 persen.

Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal menyampaikan persentase ini berdasarkan perhitungan nilai investasi aktual yang telah dikeluarkan oleh kontraktor

Advertisement

"Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang direncanakan dibangun sepanjang 142,3 kilometer (km) tersebut akan memiliki empat stasiun yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, Stasiun Tegalluar, dan satu Depo di Tegalluar," kata Risal dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Ia menjelaskan, progres masing-masing stasiun, yaitu Stasiun Halim mencapai 74,19 persen, Stasiun Karawang 72,72 persen, Stasiun Padalarang 11,19 persen, Stasiun Tegalluar 86,29 persen, dan Depo Tegalluar mencapai 76,67 persen.

Pengerjaan jembatan mencapai 97,27 persen, konstruksi tanah dasar (subgrade) mencapai 80,41 persen, dan pengerjaan terowongan mencapai 99,48 persen.

Risal menyampaikan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) sebagai regulator turut menyiapkan operasional melalui sertifikasi sumber daya manusia, pengujian kelayakan sarana dan prasarana, serta penilaian keamanan.

"Untuk mendukung pengoperasian pada Juni 2023, didahului dengan commissioning test, integrasi, serta trial pengoperasian," ujarnya.

PT KAI tengah menyiapkan dua layanan kereta api yang akan mendukung konektivitas KCJB, yakni LRT Jabodebek dan KA Feeder KCJB.

Selaku pimpinan konsorsium pembangunan proyek KCJB, PT KAI menyampaikan bahwa penumpang dapat langsung berpindah dari Stasiun LRT Jabodebek Halim ke Stasiun KCJB Halim karena kedua layanan tersebut telah terintegrasi pada lokasi yang sama.

Di Stasiun Padalarang, KAI menyediakan layanan KA Feeder yang jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KCJB. Waktu tempuh KA Feeder KCJB untuk menuju Stasiun Bandung hanya 18 menit.

Dengan menggunakan layanan kereta api yang sudah terkoneksi tersebut, total waktu yang dibutuhkan antara pusat Kota Jakarta dan Bandung sekitar satu jam perjalanan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jadi Pembuka Konser Westlife, Judika Bawakan 4 Lagu

Judika menjadi penyanyi pembuka pada konser Westlife malam ini, Kamis (9/2/2023). Judika membawakan 4 lagu dalam kesempatan ini.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Laksamana Yudo Margono Tekankan Netralitas Prajurit TNI di Pemilu 2024

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengingatkan para prajurit TNI tidak terlibat dalam politik praktis khususnya dalam menyongsong Pemilu 2024. 

NASIONAL | 9 Februari 2023

Ini Pertimbangan Kemenkes Tak Tetapkan Gangguan Ginjal Anak Jadi KLB

Kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal tidak dijadikan sebagai KLB karena GGAPA bukan penyakit menular.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Menkes: Genom Sekuensing dan Sero Survei Efektif Kendalikan Kasus Covid-19

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengemukakan strategi genom sekuensing dan serologi survei (sero survei) efektif menjaga laju kasus Covid-19.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Gempa Jayapura, 300 Pasien RSUD Dok II Dievakuasi

Gempa M 5,4 Jayapura yang terjadi hari ini, Kamis, 9 Februari 2023 membuat sekitar 300 pasien RSUD Dok II Jayapura dievakuasi. 

NUSANTARA | 9 Februari 2023

Ini Strategi yang Dilakukan Kemenkes Cegah Penyakit Diabetes

Kemenkes akan fokus pada tindakan promotif dan preventif serta menyiapkan sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan guna mencegah penyakit diabetes.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Kasus Gangguan Ginjal Anak Muncul Lagi, Legislator Desak Pemerintah Tanggung Jawab

Legislator mendesak pemerintah bertanggung jawab atas kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) pada anak yang kembali muncul.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Akun Peramal Gempa Turki Mendadak Banyak Dipalsukan

Akun Twitter Frank Hoogerbeets, peneliti yang tepat meramal terjadinya gempa Turki belakangan banyak dipalsukan.

INTERNASIONAL | 9 Februari 2023

Verrell Bramasta Bakal Jadi Ketua Milenial PAN

Aktris Verrell Bramasta digadang-gadang bakal menjadi Ketua Milenial PAN atau Partai Amanat Nasional usai secara resmi menjadi kader PAN hari ini.

NASIONAL | 9 Februari 2023

KPK Klaim Tahu Banyak soal Aktivitas Tukang Cukur Lukas Enembe

KPK mengungkapkan tukang cukur Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe, Budi Hermawan alias Beni kerap berpergian ke Singapura atas arahan Lukas. 

NASIONAL | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Laksamana Yudo Margono Tekankan Netralitas Prajurit TNI di Pemilu 2024

Laksamana Yudo Margono Tekankan Netralitas Prajurit TNI di Pemilu 2024

NASIONAL | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE