Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Tokoh yang Diusung KIB Dinilai Akan Pengaruhi Peta Politik

Kamis, 8 Desember 2022 | 11:55 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAR
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri), bertumpu tangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono (kanan) pada pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Jakarta, Rabu 30 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat politik dari Universitas Diponegoro, Teguh Yuwono mengatakan tokoh yang bakal diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal memengaruhi peta politik nasional. Karenanya, KIB masih belum memutuskan nama calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres).

“Tokoh-tokoh siapa yang diusung KIB sangat menentukan di dalam proses politik, kenapa kemudian panjang lebar lobi-lobi? Ya ada di situ,” kata Teguh, Kamis (8/12/2022).

KIB terdiri dari Partai Golkar, PPP dan PAN. Ketiganya sampai saat ini masih solid berkoalisi, dan dikabarkan siap menerima partai baru untuk bergabung. Teguh mengatakan makin besar koalisi, maka tantangan dan posisi tawar kian tinggi.

“Jadi, tidak mungkin sebuah parpol bergabung tanpa ada kepentingan karena kepentingan ini yang kemudian nanti akan mengemuka, gabung dalam sebuah proses inisiasi politik bersama, atau proses target politik bersama,” ujar Teguh.

Akan tetapi, menurutnya, hal lain yang tidak bisa dipungkiri adalah keberadaan sosok yang kuat.

“Seberapa besar seseorang berpotensi memenangkan pemilihan, angka, proses seperti apa, itu yang menjadi dasar koalisi hitungannya kalah atau menang," tambah Teguh.

KIB sampai saat ini belum mengusung capres mereka. Satu sosok tokoh yang secara tegas akan maju adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Namun, pembicaraan internal masih terus dilakukan.

“Apapun nanti, apakah ada tambah, bergabung, capresnya nanti bagaimana, siapa, itu kita akan berunding dengan KIB ya. Jadi, segala sesuatu kita akan bicarakan bertiga nantinya,” ujar Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan di Jakarta, baru-baru ini.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI