Logo BeritaSatu

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Relatif Normal Meski Keluarkan Asap

Kamis, 8 Desember 2022 | 18:59 WIB
Oleh : Roy Triono / CAH

Lampung Selatan, Beritasatu.com - Dalam kurun waktu tiga pekan terakhir, aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) terpantau normal. Hampir setiap harinya gunung berapi yang berada di perairan selat Sunda ini mengeluarkan asap setinggi 25 meter. Asap tersebut bukan bertanda erupsi melainkan hanya asap yang keluar dari kawah Gunung Anak Krakatau.

Berdasarkan laporan Badan Geologi PVMBG pos pemantau Gunung Anak Krakatau yang berada di Desa Harga Pancuran, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung tercatat Gunung Anak Krakatau terakhir sekali erupsi dengan amplitudo 15 MM durasi 125 detik pada Senin, 14 November 2022 lalu, sekitar pukul 09.33 WIB.

Advertisement

Aktivitas Gunung Anak Krakatau didominasi kegempaan didominasi vulkanik dan tektonik serta tremor menerus serta sesekali keluar hembusan.

Petugas pos pantau Gunung Anak Krakatau, Andi Suardi (50) mengatakan aktivitas gunung api dengan ketinggian 157 Mdpl kurun waktu 24 jam terakhir, teramati normal, kegempaan low frekuensi terjadi 1 kali, dengan amplitudo 4 mm, durasi 6 detik dan tektonik jauh 2 kali dengan amplitudo: 1-5 mm, S-P: tidak terbaca, durasi 54-166 detik.

Meskipun gunung api Semeru di Jawa Timur dan Kerinci di Jambi, erupsi akan tetapi tidak memengaruhi aktivitas Gunung Anak Krakatau karena memiliki dapur magma tersendiri.

"Tidak berkaitan, sebab setiap gunung api memiliki dapur magma sendiri," kata Andi Suardi, Kamis (8/12/2022).

Andi Suardi mengungkapkan, hampir setiap harinya Gunung Anak Krakatau mengeluarkan asap setinggi 25 meter.

"Asap tersebut bukan bertanda erupsi melainkan hanya asap yang keluar dari kawah Gunung Anak Krakatau," ujar Andi Suardi.

Andi Suardi menjelaskan, Meskipun aktivitas Gunung Anak Krakatau normal, tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau berada di level III atau siaga. Masyarakat atau wisatawan dan nelayan tidak mendekat atau beraktivitas radius 5 km dari kawah aktif.

"Masyarakat sekitar pesisir pantai Kecamatan Rajabasa dan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan khususnya para nelayan, diminta tenang dan tetap waspada, patuhi rekomendasi radiusnya. Selain itu, jangan mudah percaya dengan berita atau informasi yang tidak jelas kebenarannya," ungkap Andi Suardi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Masjid di Markas Polisi Pakistan Dibom, 61 Tewas dan 150 Terluka

Sebuah ledakan di masjid di markas polisi Pakistan, menewaskan 61 orang dan 150 terluka, pada Senin (30/1/2023).

NEWS | 31 Januari 2023

Sempat Diikat, Istri Dede Solehudin Selamat dari Pembunuhan Berantai

Istri tersangka M Dede Solehudin bernama Yeni selamat dari maut setelah dua kali hendak dibunuh oleh komplotan pembunuh berantai.

NEWS | 31 Januari 2023

PPP Ungkap Kebiasaan Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

Wakil Ketua Umum Arsul Sani mengungkapkan kebiasaan Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet khususnya reshuffle menteri dari partai politik

NEWS | 31 Januari 2023

Buntut Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur, Kompol D Dipatsuskan

Kompol D dipatsuskan lantaran diketahui selingkuh dengan wanita di mobil Audi A6 yang terlibat tabrak lari mahasiswi Cianjur Selvi Amalia Nuraini. 

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Antar Langsung Surat SP3 Kasus Mahasiswa UI Tewas Ditabrak, Orang Tua: Aneh

Orang tua mahasiswa UI yang tewas ditabrak menyebut surat SP3 diberikan secara langsung oleh polisi ke rumahnya di Kota Bekasi, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Hentikan Penyelidikan Satu Keluarga Dikurung di Dalam Rumah

Juru parkir di Bandar Lampung yang mengurung istri dan 8 orang anaknya di kontrakan telah dipulangkan dan polisi menyatakan penyelidikan dihentikan.

NEWS | 31 Januari 2023

Diguyur Hujan, Atap SDN Bejelo Lombok Tengah Ambruk Lagi

Hujan lebat yang terus mengguyur membuat atap SDN Bejelo Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah NTB ambruk lagi. 

NEWS | 31 Januari 2023

AS Bakal Akhiri Kondisi Darurat Covid-19 pada 11 Mei

Pemerintahan Presiden Joe Biden pada Senin (30/1/2023) mengatakan, siap mengakhiri kondisi darurat Covid-19 pada 11 Mei.

NEWS | 31 Januari 2023

KIB Dinilai Koalisi Paling Solid, Ini Alasannya

PARA Syndicate menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP adalah koalisi yang paling solid dibandingkan koalisi lainnya.

NEWS | 31 Januari 2023

Pleidoi Ditolak Jaksa, Ferdy Sambo Cs Akan Tanggapi Hari Ini

Selain Ferdy Sambo, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf juga akan menjalani sidang dengan agenda yang sama dalam perkara pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J tersebut.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Witan Sulaeman Gabung Persija dengan Kontrak 3,5 Tahun

Witan Sulaeman Gabung Persija dengan Kontrak 3,5 Tahun

BOLA | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE