Logo BeritaSatu

Menkes Ingatkan Masyarakat Pentingnya Menjaga Kualitas Udara

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:08 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengingatkan bahwa isu polusi udara merupakan permasalahan seluruh masyarakat karena dapat berpengaruh terhadap penyakit pernapasan. Menurutnya, salah satu penyebab penyakit yang bebannya paling tinggi di Indonesia adalah penyakit respiratorik atau penyakit gangguan pernapasan.

“Oleh karena itu pendidikan agar masyarakat Indonesia tetap sehat terutama bebas dari gangguan penyakit pernapasan itu sangat baik, karena buat kami lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujar Budi usai menghadiri peluncuran film dokumenter mengenai polusi udara berjudul “Sengal”, Kamis (8/12/2022).

Advertisement

Permasalahan polusi udara, lanjut Budi, tidak akan selesai kalau hanya dilakukan oleh pemerintah, sehingga perlu kerja sama dan kontribusi dari seluruh pihak mulai dari stakeholder pemerintahan sampai masyarakat luas.

“Ini nggak bisa dilakukan sendiri, harus bersama-sama. Nggak bisa dilakukan secara eksklusif, harus inklusif. Nggak bisa dilakukan dalam bentuk program pemerintah tapi harus dalam bentuk gerakan masyarakat,” lanjut Budi.

Karenanya, Budi mengapresiasi organisasi Bicara Udara yang terus berupaya menggencarkan pembahasan terkait isu polusi udara, salah satunya melalui film dokumenter berjudul “Sengal”.

Menurutnya, masyarakat perlu diedukasi bahwa polusi udara bisa menyebabkan penyakit pernapasan. Dikatakannya sudah banyak sekali masyarakat yang masuk rumah sakit dan mendatangi dokter karena penyakit pernapasan yang termasuk 5 besar penyakit yang bebannya paling tinggi di Indonesia, selain jantung, stroke dan kanker.

“Saya merasa seharusnya lebih banyak lagi film-film seperti ini, edukasi-edukasi seperti ini, yang bisa menyadarkan masyarakat bahwa polusi udara itu sangat besar dampaknya bagi kesehatan kita,” ungkap Budi.

Bagi Budi, keberadaan organisasi masyarakat seperti Bicara Udara yang fokus dalam menyuarakan isu terkait kualitas udara di Indonesia pun sangat diperlukan sebagai modal sosial yang luar biasa dari masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan Indonesia.

“Saya terima kasih sekali karena sudah diluncurkan contoh organisasi masyarakat yang konsen pada polusi udara. Mudah-mudahan ini bisa ditiru oleh organisasi-organisasi lain, sosial dan masyarakat. Sehingga seluruh bangsa Indonesia, masyarakat Indonesia, bisa bergerak bersama-sama mengatasi masalah ini,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Masjid di Markas Polisi Pakistan Dibom, 61 Tewas dan 150 Terluka

Sebuah ledakan di masjid di markas polisi Pakistan, menewaskan 61 orang dan 150 terluka, pada Senin (30/1/2023).

NEWS | 31 Januari 2023

Sempat Diikat, Istri Dede Solehudin Selamat dari Pembunuhan Berantai

Istri tersangka M Dede Solehudin bernama Yeni selamat dari maut setelah dua kali hendak dibunuh oleh komplotan pembunuh berantai.

NEWS | 31 Januari 2023

PPP Ungkap Kebiasaan Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

Wakil Ketua Umum Arsul Sani mengungkapkan kebiasaan Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet khususnya reshuffle menteri dari partai politik

NEWS | 31 Januari 2023

Buntut Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur, Kompol D Dipatsuskan

Kompol D dipatsuskan lantaran diketahui selingkuh dengan wanita di mobil Audi A6 yang terlibat tabrak lari mahasiswi Cianjur Selvi Amalia Nuraini. 

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Antar Langsung Surat SP3 Kasus Mahasiswa UI Tewas Ditabrak, Orang Tua: Aneh

Orang tua mahasiswa UI yang tewas ditabrak menyebut surat SP3 diberikan secara langsung oleh polisi ke rumahnya di Kota Bekasi, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Hentikan Penyelidikan Satu Keluarga Dikurung di Dalam Rumah

Juru parkir di Bandar Lampung yang mengurung istri dan 8 orang anaknya di kontrakan telah dipulangkan dan polisi menyatakan penyelidikan dihentikan.

NEWS | 31 Januari 2023

Diguyur Hujan, Atap SDN Bejelo Lombok Tengah Ambruk Lagi

Hujan lebat yang terus mengguyur membuat atap SDN Bejelo Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah NTB ambruk lagi. 

NEWS | 31 Januari 2023

AS Bakal Akhiri Kondisi Darurat Covid-19 pada 11 Mei

Pemerintahan Presiden Joe Biden pada Senin (30/1/2023) mengatakan, siap mengakhiri kondisi darurat Covid-19 pada 11 Mei.

NEWS | 31 Januari 2023

KIB Dinilai Koalisi Paling Solid, Ini Alasannya

PARA Syndicate menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP adalah koalisi yang paling solid dibandingkan koalisi lainnya.

NEWS | 31 Januari 2023

Pleidoi Ditolak Jaksa, Ferdy Sambo Cs Akan Tanggapi Hari Ini

Selain Ferdy Sambo, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf juga akan menjalani sidang dengan agenda yang sama dalam perkara pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J tersebut.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2023, Sektor Properti Masih Andalan Pertumbuhan Ekonomi

2023, Sektor Properti Masih Andalan Pertumbuhan Ekonomi

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE