Logo BeritaSatu

Pencarian Korban Gempa Cianjur, 8 Orang Masih Belum Ditemukan

Kamis, 8 Desember 2022 | 20:14 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Asisten Daerah (Asda) II Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib menyatakan pencarian korban gempa Cianjur yang tertimbun longsor di Sate Sinta-Cijedil dan Jalan Mangunkerta, Kecamatan Cugenang pada hari ke-18 masih belum membuahkan hasil, dan sebanyak 8 orang belum ditemukan.

Dengan demikian pemerintah kabupaten Cianjur melaporkan korban meninggal masih tercatat sebanyak 334 orang dan upaya pencarian delapan orang tersebut masih berjalan.

Advertisement

Budi Rayahu Toyib mengatakan pencarian korban gempa Cianjur yang masih tertimbun sudah tidak dilakukan skala besar, namun lebih mengandalkan alat berat karena tingginya longsoran serta hujan yang selalu turun menjelang petang dapat mengancam keselamatan petugas.

"Sampai hari ke-18 setelah bencana, upaya pencarian masih berjalan dan dilakukan di dua titik Sate Sinta dan Jalan Mangunkerta, harapan kami sama dengan pihak keluarga sebelum tanggap darurat habis, jasad korban sudah dapat ditemukan," katanya saat konferensi pers daring pada Kamis (8/12/2022).

Asda I Cianjur, menjelaskan untuk pencarian korban akan terus dilakukan sampai tanggal 20 Desember dengan menggunakan alat berat yang jumlahnya sudah ditambah.

"Tim SAR gabungan tetap memantau ketika alat berat dapat menemukan jasad korban akan langsung dievakuasi," urai Budi.

Selain itu dia mengatakan, delapan orang hilang hingga saat ini belum ditemukan, sedangkan untuk korban luka berat mencapai 593 orang, dan 41 lainya masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Untuk titik pengungsian saat ini yang tervalidasi 494 titik dengan rincian 375 titik terpusat dan 119 mandiri. Dan jumlah pengungsi sebanyak 114.683 jiwa," ucap Budi.

Ia menjelaskan, rumah rusak akibat gempa yang sudah terdata mengalami kenaikan menjadi 55.391 dengan rincian rusak ringan sebanyak 26.213, rusak sedang sebanyak 15.757 dan rusak berat sebanyak 13.241 berat, fasilitas kesehatan rusak sebanyak 18, tempat ibadah 279, dan fasilitas pendidikan rusak sebanyak 540.

Jumlah rumah yang rusak diperkirakan akan terus bertambah karena pendataan dan verifikasi masih dilakukan petugas khusus dari BNPB dan dinas terkait di Pemkab Cianjur. Bagi mereka yang rumahnya rusak 8.100 orang diantaranya sudah menerima bantuan tahap pertama dari Presiden Joko Widodo.

"Kami berharap mereka yang sudah mendapat bantuan dapat segera membangun kembali rumahnya dan dapat menjalani hidup normal seperti biasa. Bagi warga yang rumahnya rusak ringan sudah dapat meninggalkan posko pengungsian, meski sebagian besar memilih untuk bertahan," pungkas Budi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Dipanggil Polda Metro Jaya

Bripka Madih dipanggil Polda Metro Jaya terkait kasus polisi peras polisi. Bripka Madih mengaku diperas penyidik terkait kasus sengketa tanah keluarganya.

NEWS | 5 Februari 2023

Pakistan Blokir Wikipedia karena Konten Penghujatan

Wikipedia diblokir di Pakistan pada hari Sabtu (4/2/2023) setelah pihak berwenang menyensor situs web karena menampung "konten yang menghujat".

NEWS | 5 Februari 2023

Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

Seekor paus terlilit tali jaring nelayan selama empat hari di Pantai Pasir Kandang, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Koto Tangah Kota Padang Sumatera Barat. 

NEWS | 5 Februari 2023

Saksi: Hasya Mahasiswa UI Masih Bernafas Usai Kecelakaan

Aprian (21), salah satu saksi mengungkapkan Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak masih sempat bernafas usai kecelakaan. 

NEWS | 5 Februari 2023

RS Muhammadiyah Palembang Nonaktifkan Perawat yang Sebabkan Jari Bayi Putus

RS Muhammadiyah Palembang menonaktifkan perawat yang menggunting jari bayi berusia 7 bulan hingga putus. 

NEWS | 5 Februari 2023

Dianggap Berlebihan, Tiongkok Kecam AS Soal Penembakan Balon Mata-mata

Tiongkok kecam AS yang menembak jatuh balon mata-mata yang terlihat terbang di atas Amerika Utara.

NEWS | 5 Februari 2023

Akses Jalan Tertimbun Longsor, Ribuan Warga Toraja Utara Terisolasi

Ribuan warga Toraja Utara terisolasi akibat akses jalan penghubung kecamatan di Dusun Kurra, Lembang To’yasa Akung tertimbun longsor. 

NEWS | 5 Februari 2023

Elon Musk Siap Luncurkan Roket Starship pada Maret Mendatang

Bos SpaceX Elon Musk pada Sabtu (4/2/2023) mencuit di Twitter, ia akan meluncurkan sistem roket Starship pada bulan Maret mendatang.

NEWS | 5 Februari 2023

Erick Thohir dan Moeldoko Hadiri Festival Cap Go Meh di Singkawang

Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan menghadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

NEWS | 5 Februari 2023

Cap Go Meh, Arus Wisata ke Surya Kencana Bogor Macet

Menjelang pelaksanaan puncak Cap Go Meh Bogor Street Festival kendaraan menuju kawasan Pecinan Surya Kencana, Kota Bogor padat.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menteri PUPR Pastikan Pembangunan di IKN Tak Ubah Bentang Alam

Menteri PUPR Pastikan Pembangunan di IKN Tak Ubah Bentang Alam

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE