Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Dapat Suntikan Rp 551 M, Jakpro Segera Bangun ITF Sunter

Kamis, 8 Desember 2022 | 21:49 WIB
Oleh : Agnes Valentina Christa / BW
Maket ITF Sunter.

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyuntikkan modal Rp 551 miliar kepada PT Jakpro untuk pembangunan ITF Sunter.

PT Jakpro atau PT Jakarta Propertindo akan membangun proyek fasilitas pengolahan sampah di tempat pembuangan sementara (intermediate treatment facility/ITF) Sunter pada 2023.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto di Jakarta, Kamis (8/12/2022), penyertaan modal daerah (PMD) untuk proyek ITF tersebut sudah mendapat persetujuan dari DPRD DKI. “PMD yang disetujui oleh DPRD DKI Jakarta sebesar Rp 551 miliar. Itu hanya untuk membiayai proyek Sunter, tetapi keseluruhan biaya investasi sebesar Rp 5,2 triliun sesuai permintaan Jakpro,” ujar Asep.

“Untuk ITF Sunter, semua proyek penugasan dibiayai oleh mitra BUMD,” tambah Asep.

PT Jakpro mendapat proyek tersebut sesuai mandat Pemprov DKI Jakarta melalui Pergub Nomor 33 Tahun 2018.

Asep Kuswanto menjelaskan, nantinya Jakpro akan mencari mitra dan keduanya akan mencari pembiayaan pembangunan ITF Sunter. "Sedang dalam proses pencarian mitra yang mudah-mudahan di akhir Januari besok, mereka sudah bisa teken kontrak antara Jakpro dengan mitra," katanya.

Asep menyebut sudah ada dua perusahaan sebagai calon mitra yakni dari Tiongkok dan dari konsorsium Taiwan dan Korea Selatan. "Karena semua ITF ditugaskan kepada BUMD, kemudian BUMD cari mitra. Nanti BUMD dan mitra-lah yang mencari pembiayaan," ucapnya.

Nantinya, pembangunan ITF Sunter akan dikerjakan anak usaha Jakpro yakni PT Jakarta Solusi Lestari bersama dengan mitra terpilih.

Sebelumnya, Jakpro menyebutkan proyek ITF Sunter di Jakarta Utara mampu menghasilkan energi listrik sekitar 35 megawatt (MW) per jam sehingga dapat menjadi sumber energi baru ramah lingkungan.

Energi listrik tersebut dihasilkan dari proses pengolahan sampah di ITF Sunter yang diproyeksikan mampu mengolah hingga 2.200 ton sampah per hari.

Jumlah itu mengurangi sekitar 30 persen dari total jumlah sampah di Ibu Kota yang mencapai sekitar 7.800 ton per hari yang dikirim ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI