Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Kamis, 8 Desember 2022 | 22:23 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Obrolan Malam Fristian di BTV, Kamis 8 Desember 2022.

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

“Yang Bapak (Jokowi) inginkan, pernikahan ini ada Festival Budaya dan mendorong ekonomi kerakyatan. Jangan sampai ini dianggap sebuah kemegahan. Ini Festival Budaya yang ingin diciptakan. Kita bisa lihat nanti, bagaimana kereta kuda diiringi pasukan yang berpakaian Jawa. Ini adalah adat yang membuat kita diingatkan,” ujar Erick Thohir di acara Obrolan Malam Fristian di BTV, Kamis (8/12/2022).

Menurut Erick, Jokowi ingin pernikahan Kaesang memiliki kontak dengan budaya Solo. Hal itu juga dilakukan Jokowi saat menikahkan putra pertamanya, Gibran Rakabuming.

“Selama ini, banyak orang terjebak dengan tata cara pernikahan Barat. Padahal pernikahan Jawa lebih membumi. Banyak filosofi yang indah. Saya rasa ini visi besar dari beliau (Jokowi). Festival budaya dan dekat dengan rakyat. Lagipula beliau berasal dari sini, jadi bukan orang lain,” paparnya.

Menurut Erick, pernikahan Kaesang akan diramaikan dengan car free day dan orang-orang bisa berjalan kaki. Nanti juga ada sembilan panggung kecil untuk festival budaya. Kalau car free day di Solo memang biasanya ramai.

“Ada musik jalanan, ada lagu keroncong, ada tari-tarian. Belum lagi nanti, Mas Kaesang berinsiasi dengan restorannya yang ngasih makan gratis. Itu nanti kami lakukan. Ini ide dari Mas Kaesang sendiri, bukan dari kami,” paparnya.

Erick mengakui hal yang harus diantisipasi adalah tamu-tamu masyarakat yang ingin ikut kemeriahan. Kondisi itulah yang membuat panitia lantas memberdayakan masyarakat menjadi bagian dari pernikahan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI