Logo BeritaSatu

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Kamis, 8 Desember 2022 | 22:44 WIB
Oleh : Agnes Tahir Purba / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung yang dilakukan Agus Sujatno, seorang eks napi teroris, mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk harus lebih waspada dan memperketat keamanan. Masyarakat harus dibekali kemampuan deteksi dini ancaman terorisme.

Pengamat terorisme Stanislaus Riyanta mengatakan, penting bagi seluruh masyarakat untuk bersatu memerangi terorisme di Indonesia. Selain itu, pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

Advertisement

Saat seluruh masyarakat sudah diberikan edukasi untuk mengidentifikasi, melakukan pencegahan dini, dan sepakat bahwa terorisme adalah musuh bersama, maka ruang gerak bagi radikalisme dan terorisme di masyarakat akan makin kecil.

"Harus berkolaborasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat termasuk organisasi masyarakat (ormas). Kita punya dua ormas besar seperti ormas Muhammadiyah dan ormas NU, juga ormas-ormas lain diajak bekerja sama untuk bersepakat untuk mendeteksi dini dan pencegahan dini dari ancaman teror, ancaman radikalisme," ujar Stanislaus kepada jurnalis BTV saat diwawancarai via zoom pada Kamis (8/12/22).

"Terutama bersepakat bahwa radikalisme dan terorisme adalah musuh bersama. Ketika sudah ada kesepakatan dari ormas dan tokoh masyarakat, maka untuk menurunkannya (edukasi) kepada masyarakat akan lebih mudah, tetapi ini kan belum tercapai," tambahnya.

Lebih lanjut, Stanislaus memaparkan reaksi masyarakat yang masih terjadi hingga kini ketika ada aksi teror, masih ada pihak yang mendukung, membela, atau bahkan nyinyir terhadap pemerintah.

Baca selanjutnya
Reaksi ini yang kemudian secara tidak langsung membuktikan bahwa masyarakat belum ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kronologi Nenek di Sukabumi Dipolisikan Pelaku Pencabulan Cucunya

Kapolres Sukabumi, AKBP Zainal Abidin membeberkan kronologi nenek Sukabumi yang dipolisikan terdakwa kasus pencabulan terhadap cucunya. 

NEWS | 5 Februari 2023

PM Jepang Pecat Ajudan yang Anti-pasangan Sesama Jenis

PM Jepang Fumio Kishida pada Sabtu (4/2/2023), pecat ajudan yang mengatakan tidak ingin hidup berdampingan dengan pasangan sesama jenis.

NEWS | 5 Februari 2023

Bripka Madih Merasa Dizalimi Kementerian ATR/BPN dan Bareskrim Polri

Anggota Provost Polsek Jatinegara, Bripka Madih yang viral atas kasus polisi peras polisi mengaku dizalimi Kementerian ATR/BPN dan Bareskrim Polri. 

NEWS | 5 Februari 2023

Bersihkan Pengaruh Pro-Rusia, Zelensky Cabut Kewarganegaraan Sejumlah Politisi

Zelensky mencabut kewarganegaraan beberapa mantan politisi berpengaruh pada sebagai langkah terbaru untuk "membersihkan" negara dari pengaruh pro-Rusia.

NEWS | 5 Februari 2023

Diperas Polisi Jadi Alasan Bripka Madih Mundur dari Polri

Anggota Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih mengaku mengundurkan diri sebagai anggota Polri lantaran kasus polisi peras polisi. 

NEWS | 5 Februari 2023

Semakin Banyak Keluarga Kaya Tiongkok Pindahkan Hartanya ke Singapura

Singapura kini melihat semakin banyak masuknya keluarga kaya Tiongkok yang ingin melindungi harta kekayaan mereka dari Partai Komunis Tiongkok,

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Dipanggil Polda Metro Jaya

Bripka Madih dipanggil Polda Metro Jaya terkait kasus polisi peras polisi. Bripka Madih mengaku diperas penyidik terkait kasus sengketa tanah keluarganya.

NEWS | 5 Februari 2023

Pakistan Blokir Wikipedia karena Konten Penghujatan

Wikipedia diblokir di Pakistan pada hari Sabtu (4/2/2023) setelah pihak berwenang menyensor situs web karena menampung "konten yang menghujat".

NEWS | 5 Februari 2023

Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

Seekor paus terlilit tali jaring nelayan selama empat hari di Pantai Pasir Kandang, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Koto Tangah Kota Padang Sumatera Barat. 

NEWS | 5 Februari 2023

Saksi: Hasya Mahasiswa UI Masih Bernafas Usai Kecelakaan

Aprian (21), salah satu saksi mengungkapkan Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak masih sempat bernafas usai kecelakaan. 

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kronologi Nenek di Sukabumi Dipolisikan Pelaku Pencabulan Cucunya

Kronologi Nenek di Sukabumi Dipolisikan Pelaku Pencabulan Cucunya

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE