Logo BeritaSatu

Perguruan Tinggi Dunia Apresiasi Kemendikbudristek Selenggarakan Program IISMA

Jumat, 9 Desember 2022 | 07:30 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Jakarta, Beritasatu.com - Pimpinan sejumlah perguruan tinggi dunia memberikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas penyelenggaraan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

IISMA sendiri merupakan program beasiswa yang diselenggarakan dengan dukungan pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mengikuti program mobilitas internasional ke beberapa perguruan tinggi terbaik di dunia selama satu semester atau empat hingga enam bulan.

“Atas nama rektor saya ingin menyampaikan apresiasi kami kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia atas kerja sama mereka. Kami berharap dapat meneruskan kolaborasi ini di masa mendatang,” ucap Wakil Dekan School of Arts and Sciences University of Pennsylvania, Norah Lewis.

University of Pennsylvania di Amerika Serikat menjadi salah satu mitra perguruan tinggi luar negeri untuk program IISMA bagi mahasiswa program sarjana. Sejak tahun akademik 2020/2021, universitas ini telah menerima 39 penerima beasiswa IISMA yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Keberadaan peserta IISMA menurutnya ikut meningkatkan keragaman di kampus tersebut dan meninggalkan berbagai cerita yang baik. Di samping mengikuti proses perkuliahan, para mahasiswa juga dinilai cukup aktif beraktivitas di komunitas kampus dan membagikan kebudayaan Indonesia kepada sesama mahasiswa.

“Mereka benar-benar menunjukkan apa artinya terlibat dalam pertukaran budaya. Kami menantikan untuk dapat menyambut mahasiswa IISMA di tahun 2023 beserta kontribusi mereka kepada komunitas di sini,” imbuhnya.

Apresiasi terhadap program IISMA juga disampaikan oleh mitra perguruan tinggi luar negeri untuk program IISMA edisi vokasi, salah satunya dari Woosong University di Korea Selatan.

“Kami berharap dapat terus mendukung segala bentuk inisiatif Pemerintah Indonesia di masa mendatang karena mahasiswa IISMA edisi vokasi telah menjadi aset berharga kami, mereka merupakan pribadi yang cerdas, sopan, dan tekun. Mengingat Indonesia adalah mitra strategis Korea Selatan, bekerja sama di bidang pendidikan merupakan salah satu cara agar kami lebih mengenal Indonesia,” kata Rezia Usman, Regional Director Southeast Asia & South Asia Woosong University.

Komentar serupa disampaikan oleh perwakilan dari Phoenix Academy. “Tim IISMA edisi Vokasi telah melakukan pekerjaan hebat. Ini adalah program luar biasa yang mengasah kemampuan mahasiswa vokasi menjadi pemimpin di masa depan dan duta Indonesia. Kami merasa bangga bisa ambil bagian di proses ini,” ucap Pankaj Pathak, Managing Director Phoenix Academy.

Saat gelaran Festival Kampus Merdeka berlangsung di Bali Senin (14/11/2022) lalu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menyebut IISMA sebagai salah satu program Kampus Merdeka tersukses karena telah memberikan kesempatan bagi banyak generasi muda untuk memperoleh pengalaman belajar di luar negeri dengan pendanaan dari pemerintah Indonesia.

Advertisement

“IISMA adalah salah satu program kita tersukses. Anak-anak dari berbagai macam universitas bisa bergabung dalam program ini dan mengalami life changing experience di luar negeri,” kata Nadiem. Selain harapan mahasiswa mendapatkan pengalaman yang dapat mengubah hidup mereka Kemendikbudritek juga menerima begitu banyak kumpulan cerita alumni program IISMA.

“Banyak sekali contoh cerita sukses. Ini adalah satu hal yang menjadi kebanggaan bagi kita semua,” tambah Nadiem. Di mana hal ini menjadi sebuah afirmasi minat serta keinginan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus dan mereka betul-betul menggunakan haknya dengan mendaftar di program "Kampus Merdeka".

Sejak diluncurkan pada tahun 2021, IISMA memang menjadi salah satu program yang paling kompetitif karena diminati oleh banyak mahasiswa. Pada tahun 2021, IISMA edisi Sarjana menerima sekitar 2.500 pendaftar dari 28 provinsi. Jumlah ini meningkat hingga tiga kali lipat di tahun 2022, dengan jumlah pendaftar mencapai 7.500 mahasiswa dari 31 provinsi. Program IISMA pada tahun ini telah berjalan dengan sekitar 1.600 mahasiswa sarjana dan vokasi, dan akan menerima lebih dari 1.800 mahasiswa di tahun 2023 mendatang.(ADV)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin menghadiri Ijtima' Ulama Nusantara bersama Ulama se NTB yang dirangkai dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di Lombok Tengah.

NEWS | 1 Februari 2023

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Polisi yang meninggal di Polres Metro Kepulauan Seribu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, dibawa ke rumah duka di Sunter Agung.

NEWS | 1 Februari 2023

Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau Istri Maju Pilwalkot Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberi lampu hijau kepada istrinya, Atalia Praratya, maju dalam Pilwalkot Bandung.

NEWS | 1 Februari 2023

Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

Polda Metro menyelidiki tewasnya anggota polisi didug berinisial Aipda I di Kantor Perwakilan Polres Metro Kepulauan Seribu, Selasa (31/1/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Disembunyikan di Kotak Buah, Polda Metro Jaya Sita Sabu 40 Kg

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menggagalkan upaya peredaran narkoba jenis sabu seberat 40 kilogram.

NEWS | 31 Januari 2023

Dua Menteri Partai Nasdem Tidak Hadiri Ratas di Istana, Ini kata Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi dua menteri dari Partai NasDem yang tidak hadir dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Negara hari ini.

NEWS | 31 Januari 2023

Lagi, Kecelakaan Sungai Rengut Nyawa Anggota TNI di Papua

Letda Inf Rian Alfeiro Putra Perdana dilaporkan tewas setelah terpeleset dan hanyut di Kali Yambi, Papua.

NEWS | 1 Februari 2023

Tertangkap Basah, Jambret HP Dihakimi Massa di Karawang

Seorang pemuda dihakimi warga setelah tertangkap basah menjambret HP atau ponsel di Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang.

NEWS | 1 Februari 2023

Menparekraf Ubah Pembuangan Sampah Jadi Taman Wisata Kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno berkolaborasi dengan Laskar Krukut Luhur (Laskaru) menggelar program menciptakan kampung kreatif.

NEWS | 1 Februari 2023

Menteri Muhadjir Dorong Kenaikan Biaya Haji Dilakukan Bertahap

Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku telah mengusulkan kepada Menteri Agama (Menag) agar menaikkan biaya haji secara bertahap.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE