Logo BeritaSatu

Fokus Kejar Target Kurikulum, Guru Abai Kemampuan Siswa

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:18 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Zulfikri Anas mengatakan guru di sejumlah daerah masih fokus dalam merampungkan target kurikulum, sehingga mengabaikan kemampuan siswa. Untuk mencapai target kurikulum, Zulfikri menyebutkan guru hanya melihat materi di buku dan menggunakan materi dengan cara yang sama untuk semua anak di satu kelas.

Persoalannya, menurut Zulfikri, cara itu belum tentu cocok untuk semua anak yang ada di kelas tersebut. Zulfikri mengungkapkan cara yang dilakukan oleh para guru selama ini kurang memperhatikan kemampuan para siswa dan hanya berpatokan pada kurikulum.

Advertisement

“Guru itu adalah korban dari target kurikulum dan siswa adalah korban berikutnya. Saya pernah menemukan sebuah sekolah di mana siswa kelas 10 yang usianya rata-rata 15 tahun ke atas yang masih tertinggal pelajaran matematika-nya. Ini karena guru mengajar hanya berdasarkan kurikulum tanpa melihat kemampuan siswa,” kata Zulfikri saat menjadi pembicara pada acara Temu Inovasi Ke-14 Sesi Breakout 1 dengan tema “Capaian Keterampilan Dasar Siswa Indonesia” di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Zulfikar mengungkapkan literasi siswa-siswi sebenarnya sudah cukup tinggi. Namun, terkadang kurikulum yang diterapkan membuat literasi mereka seperti jatuh ke titik nol.

“Saya pernah ke salah satu sekolah di Papua. Di dalam kelas itu ada buku ‘Lelucon Berbuah Masalah’. Saya tanya kepada mereka apa artinya lelucon dan mereka tidak tahu. Padahal kalau saja kata lelucon itu diganti dengan kata ‘MOP’ (humor khas Papua) yang lebih dikenal maka mereka pasti tahu. Lalu mereka ketika membaca berbuah, maka yang diingat adalah berburu bukan berbuah. Mereka juga tidak paham maksud dari lelucon berbuah masalah,” tutur Zulfikar.

Baca selanjutnya
Zulfikar menilai pendidikan usia dini merupakan yang paling berat karena menjadi ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dugaan Pemerasan, Oknum Penyidik Akan Dipertemukan dengan Bripka Madih

Polda akan mempertemukan oknum penyidik kepolisian dengan anggota Provos Polsek Jatinegara, Bripka Madih terkait dugaan pemerasan.

NEWS | 4 Februari 2023

Ridwan Kamil Akui 30 Persen Petani Milenial Jawa Barat Gagal

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengakui 30 persen petani milenial gagal. Namun, RK optimistis program ini mampu meregenerasi profesi petani.

NEWS | 4 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas, Kasubag DPRD Jambi Dinonaktifkan

Kasubag Rumah Tangga dan Aset DPRD Jambi yang merupakan ibu anak SMA yang mengendarai mobil dinas DPRD Jambi dan kecelakaan akan dinonaktifkan. 

NEWS | 4 Februari 2023

Kesibukan Klenteng Tay Kak Sie Semarang Jelang Perayaan Cap Go Meh

Klenteng Tay Kak Sie yang berada di kawasan Pecinan Semarang, Jawa Tengah melakukan persiapan jelang perayaan Cap Go Meh.

NEWS | 4 Februari 2023

Klenteng Sanggar Agung Surabaya Dipadati Umat Hendak Tabur Bunga di Laut

Klenteng Sanggar Agung Surabaya yang berlokasi tepat di depan pantai Kenjeran tampak di padati para umat yang melaksanakan sembahyang dan tabur bunga.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

Ketersediaan pupuk subsidi di Kabupaten Lumajang belakangan ini cukup terbatas, yang diduga akibat terjadinya penyelewengan distribusi.

NEWS | 4 Februari 2023

Konser 30 Tahun Dewa 19 di JIS, Polda Metro Jaya Terapkan Penjagaan Berlapis

Polda Metro Jaya menerapkan penjagaan berlapis dalam pengamanan konser 30 tahun Dewa 19 di JIS atau Jakarta International Stadium, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Gandeng Lembaga Gereja Atasi Stunting

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat menggandeng lembaga gereja dalam upaya pencegahan stunting di wilayah NTT.

NEWS | 4 Februari 2023

Dewan Pers Tak Masalah Pemilik Media Terjun ke Politik

Dewan Pers tidak masalah pemilik media massa terjun ke dunia politik karena hak tiap orang, termasuk pemilik media. 

NEWS | 4 Februari 2023

Kemenkominfo Soroti Nenek Mandi Lumpur Malah Diundang ke TV

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyoroti soal pembuat konten nenek mandi lumpur yang justru diundang TV.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE