Logo BeritaSatu

Ini Urutan Rangkaian Tradisi Kirab Pengantin Kaesang Pangarep

Jumat, 9 Desember 2022 | 14:40 WIB
Oleh : Chairul Fikri / WIR

Solo, Beritasatu.com - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menjalani serangkaian upacara adat termasuk Kirab Pengantin. Acara kirab dilaksanakan usai akad nikah pernikahan pada Sabtu (10/12/2022),

Kirab pengantin ini digelar pada Minggu (11/12/2022) pagi usai penyelenggaraan acara ngunduh mantu yang digelar di Loji Gandrung yang merupakan kediaman Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming yang merupakan kakak kandung Kaesang.

Advertisement

Adapun rute kirab pengantin akan dimulai dari Loji Gandrung yang terletak di Jalan Slamet Riyadi Kota Solo dan akan berakhir di Pura Mangkunegaran Solo dengan jarak tempuh berkisar 1,8 km.

Dari data yang diterima Beritasatu.com, pihak penyelenggara telah merinci barisan kirab yang akan ikut serta dalam rangkaian kirab pengantin pasangan Kaesang dan Erina Gudono itu.

Barisan kirab pertama adalah 81 orang prajurit Keraton Kasunanan Surakarta yang akan berisi Korps Musik, 6 Brogodo (Tamtomo, Prawiro Anom, Jayeng Astro, Sorogeni, Joyosuro, dan Doropati).

"Barisan kedua akan diisi oleh 11 kereta kuda dan 1 kereta kuda cadangan yang akan dinaiki pengantin (Kaesang Pangarep dan Erina), orang tua Kaesang (Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi), orang tua Erina Gudono dan keluarga inti kedua pasangan lainnya," ungkap Juru Bicara Pernikahan Kaesang-Erina Gudono, Gibran Rakabuming.

Urutan ketiga akan diisi oleh bendi perwakilan media dan tamu undangan.

"Akan ada kusir cadangan yang berjumlah 10 orang. Dan barisan terakhir ada 100 orang prajurit TNI," tegasnya.

Selain barisan yang akan mengikuti kirab pengantin telah disiapkan barisan penyambut barisan kirab pengantin tadi. Penyambut ini akan menunggu di Pura Mangkunegaran Solo.

"Nanti barisan kirab pengantin akan disambut barisan penyambut di Pura Mangkunegaran yang akan berisi 80 orang prajurit Mangkunegaran dan Putra Putri Solo sebanyak 8 pasang yang menjadi rangkaian terakhir kirab pengantin," lanjutnya.

Gibran menyebut, sepanjang perjalanan kirab pengantin, barisan kirab akan melewati 9 panggung hiburan yang sudah disiapkan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo hingga Pura Mangkunegaran.

Panggung pertama adalah Loji Gandrung yang nanti akan menggelar hiburan Karawitan Muda Sanggar Guyub Rukun. Panggung kedua di pertigaan Sriwedari diisi kesenian Keroncong Sawunggaling.

Panggugn ketiga di Plaza Sriwedari yang diisi musik dari ANF Band. panggung keempat di Danar Hadi yang diisi hiburan dari OK Latar Jembar.

Panggung kelima di Halte Timuran yang diisi hiburan dari Romanz Pitoe dan panggung keenam di depan CIMB Niaga diisi Java El Mariachi (Pecel Solo).

Panggung ketujuh di perempatan Ngarsopuro yang akan diisi hiburan dari Komunitas Keroncong Muda Surakarta. Panggung kedelapan di Pasar Triwindu yang diisi hiburan dari Karawitan Sanggar Gedong Kuning dan panggung kesembilan di Pamedan yang akan diisi Keroncong de Java.

Gibran juga memastikan bahwa penyelenggaraan kirab pengantin pernikahan adiknya tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat Kota Solo yang akan menjalani Car Free Day pada Minggu (11/12/2022).

"Penyelenggaraan kirab tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat yang ingin menjalankan olahraga pagi di Car Free Day. Bahkan masyarakat akan disuguhi makanan yang ada di stand yang disiapkan secara gratis," tandasnya.

Saat ini, Kaesang dan Erina sendiri tengah menjalani prosesi siraman jelang pernikahannya yang diselenggarakan di kediamannya masing-masing.

Jumat (9/12) malam akan ada tradisi midodareni yang merupakan tradisi kunjungan keluarga calon pengantin pria ke keluarga calon pengantin pria yang dilakukan di kediaman Erina Gudono yang berada di Yogyakarta.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Band Wali Rilis Lagu Berbahasa Sunda Kumaha Aing

Band Wali Rilis Lagu Berbahasa Sunda Kumaha Aing

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE