Logo BeritaSatu
Musda IX HIPPI 2022

Membidik Jakarta Sebagai Pusat Ekonomi Nasional Paska Perpindahan Ibukota

Selasa, 6 Desember 2022 | 22:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Jakarta, Beritasatu.com - Bertempat di Hotel Aryaduta Jakarta Pusat, pada Selasa (6/12/2022) berlangsung Musyawarah Daerah (Musda) IX HIPPI atau Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia, sebuah organisasi pengusaha di bidang ekonomi yang bersifat profesional dan punya fungsi sebagai wadah berhimpunnya para pengusaha pribumi yang memiliki semangat nasionalisme, termasuk sebagai Pusat Informasi, Konsultansi, dan Advokasi Terpadu (PIKAT) untuk semua pelaku usaha.

"HIPPI merupakan wadah sekaligus instrumen yang mampu memberikan sumbangan yang bermanfaat bukan hanya untuk para anggotanya namun sekaligus untuk masyarakat, bangsa, dan negara", buka Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta periode 2016-2021 Sarman Simanjorang, Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta dalam kesempatan pembukaan Musda IX.

Advertisement

Merujuk pada istilah "Pengusaha Pribumi," apakah HIPPI kemudian memunculkan kesan diskriminatif yang seolah memisahkan diri dari warga yang bukan pribumi?

"Esensi istilah tersebut dalam organisasi Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia adalah bahwa para pengusaha yang jadi anggotanya lahir dan besar di Indonesia serta cinta dan setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia serta berjiwa patriotik dan semangat nasionalisme membangun perekonomian Indonesia. Kami ingin menegaskan bahwa istilah pribumi di sini bukan berarti anti non-pribumi, dan HIPPI bukanlah organisasi pengusaha yang rasialis, akan tetapi organisasi pengusaha pribumi yang menghimpun para pengusaha warga Indonesia tanpa terkecuali yang memiliki idealisme dan berjiwa patriotik memperjuangkan kepentingan ekonomi bangsa dan menjadikan produk Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri," tandas Sarman.

Kegiatan Musda IX HIPPI yang meriah dan dihadiri ratusan peserta juga turut dibuka antara lain oleh Tashya Megananda (Ketua Umum APJI DKI Jakarta), Suryani Motik (Ketua Umum DPP HIPPI), Erik Hidayat (Sekjen DPP HIPPI), serta Fadel Mohamad (Wakil Ketua MPR).

Dalam sambutannya, Fadel Mohamad mengungkapkan bahwa untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur dibutuhkan tekad dan semangat. "Semua orang pasti bisa, asal ada niat tekun, jadi jangan bilang enggak bisa ya", katanya yang disambut riuh para peserta.

Dibuka oleh Pejabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono, hadir juga perwakilan Bank DKI Endang Kurnia Saputra dan juga Diana Dewi sebagai Ketua Umum KADIN Jakarta dalam kegiatan Musda IX HIPPI kali ini. Kegiatan Musda sendiri diawali dengan forum dialog dan berbagi antar para pengusaha dengan para mentor yang hadir sebagai pembicara.

"Status sebagai pusat ekonomi dan bisnis sangatlah mendasar mengingat ekonomi Jakarta selama ini sudah memberikan kontribusi sebesar 17% terhadap perekonomian nasional. Bahkan secara rata rata pertumbuhan ekonomi Jakarta menjadi barometer terhadap perekonomian nasional karena pertumbuhan ekonomi Jakarta selalu lebih tinggi dibanding dengan nasional. Di sisi lain bahwa hampir keseluruhan kantor pusat berbagai perusahaan besar di Indonesia berada di kota Jakarta," tandas Heru.

"Jakarta meskipun nanti sudah ada IKN di Kalimantan tetap akan manjadi pusat administrasi bisnis dan pusat perdagangan termasuk jasa keuangan," tambah Heru.

Sebelum menutup sesi pertama Musda IX HIPPI, Sarman Simanjorang mengungkapkan bahwa DPD HIPPI DKI Jakarta akan siap memberikan kontribusi dan pemikiran dalam perubahan UU Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi Pusat Ekonomi dan Bisnis Nasional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Cari Ibu yang Aniaya dan Telantarkan Anaknya di Depok

Polres Metro Depok menyelidiki dan mencari ibu yang diduga menganiaya dan menelantarakan anaknya, Raya Aurel Rahma Visca. 

NEWS | 7 Februari 2023

Update: Gempa Turki Tewaskan 2.300 Orang, Penyelamatan Terus Dilakukan

Otoritas Turki mengkonfirmasi telah terjadi 1.541 korban tewas, dengan 810 korban lainnya dilaporkan di berada di kawasan Suriah, pasca gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

PKB Fasilitasi Aeshnina Azzahra Suarakan Keadilan Lingkungan

Jubir Milenial PKB Mikhael Sinaga mengatakan PKB akan memfasilitasi aktivis lingkungan Aeshnina Azzahra (15 tahun) untuk menyuarakan keadilan lingkungan. 

NEWS | 7 Februari 2023

Ayah Kandung Aniaya 2 Anaknya di Cimahi, 1 Meninggal Dunia

Seorang ayah kandung berinisial A menganiaya dua anaknya di Kota Cimahi. Bahkan, akibat penganiayaan itu, satu anaknya meninggal dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK yang menjangkit hewan ternak di Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir

NEWS | 6 Februari 2023

Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

Opini yang dilontarkan oleh sejumlah pejabat pemerintah tentang operasi tangkap tangan atau OTT KPK turut memengaruhi penurunan Indeks Persepsi Korupsi.

NEWS | 7 Februari 2023

Gempa Turki, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas bencana gempa Turki, Senin (6/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

Kawasan Simpang Lima Rapak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memiliki wajah baru berupa lukisan mural yang unik dan menarik.

NEWS | 7 Februari 2023

Live Instagram Saat Pesta Miras, 31 Anggota Geng Motor di Gowa Diciduk Polisi

Puluhan anggota geng motor di Gowa, Sulawesi Selatan diciduk Polrestabes Makassar saat sedang pesta miras setelah salah satu dari mereka live di Instagram.

NEWS | 6 Februari 2023

Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

Bocah yang ditemukan telantar di pinggir rel di Dewi Sartika Depok mengaku dipukuli ibu kandungnya dengan tongkat bisbol. 

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Update: Gempa Turki Tewaskan 2.300 Orang, Penyelamatan Terus Dilakukan

Update: Gempa Turki Tewaskan 2.300 Orang, Penyelamatan Terus Dilakukan

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE