Logo BeritaSatu

Satu Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Temukan Kandungan Obat Kanker pada Jenazah

Jumat, 9 Desember 2022 | 18:31 WIB
Oleh : Prasetyo Nugroho / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Polda Metro Jaya menghentikan penyelidikan kasus kematian empat orang satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat karena tidak menemukan unsur pidana. Hal itu diungkapkan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi di Mapolda Metro Jaya pada hari ini Jumat (9/12/2022).

Dalam konferensi pers tersebut hadir pula Kabid Puslabfor Kombes Pol Wahyu Marsudi. Ia mengatakan bahwa di dalam tubuh salah satu korban, yakni Renny Margaretha Gunawan (68) ditemukan kandungan tamoxifen di organ hepar atau hati.

Advertisement

Tamoxifen merupakan zat yang terdapat dalam obat yang digunakan untuk penderita kanker payudara.

Seperti diberitakan, suami istri Rudiyanto Gunawan (71) dan Renny Margaretha (68) bersama anak mereka Dian Febbyana (42) serta Adik dari Rudi, Budiyanto Gunawan(69) ditemukan tewas dalam kondisi membusuk bahkan hingga mengering.

Mereka diduga sudah meninggal tiga minggu sebelum ditemukan pada Kamis (10/11/2022) petang.

Menurut Hengki Haryadi, kematian satu keluarga ini merupakan fenomena baru. Namun, dipastikan satu keluarga di Kalideres tersebut tewas secara wajar.

Satu Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Temukan Kandungan Obat Kanker pada Jenazah
Petugas mengevakuasi empat mayat .

"Hasil penyelidikan yang sangat detail kami temukan bahwa kematian yang terjadi di Kalideres adalah kematian wajar dalam kondisi yang tidak wajar," kata Hengki Haryadi.

Polisi turun tangan meski tidak ada laporan tindak kejahatan di rumah yang terletak di Blok AC5, Perumahan Citra Garden Satu Extension, Kalideres, Jakarta Barat tersebut. Dalam pemeriksaan awal juga tidak ditemukan adanya bekas atau tanda kekerasan pada jenazah.

Selama sebulan aparat Polda Metro serius menangani kasus yang menjadi tanda tanya publik mengingat ada empat jenazah dalam satu rumah. Selain melibatkan tim forensik yang memeriksa jenazah, Polda Metro Jaya juga mengikutsertakan tim dari Asosiasi Psikologi Forensik (Apsifor).

Satu Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Temukan Kandungan Obat Kanker pada Jenazah
Barang bukti yang dibawa petugas dari lokasi kejadian.

"Kegiatan autopsi psikologis ini tujuannya adalah kami ingin mengidentifikasi profil psikologis dari anggota keluarga yang ada di tempat kejadian perkara tersebut," kata salah satu pengurus Pusat Aksifor, Nathanael Sumampaw.

Pelibatan para ahli ini merupakan bentuk kolaborasi interprofesi scientific crime investigation. "Melibatkan berbagai disiplin keahlian antara lain forensik dan medikolegal, patologi anatomi, psikiatri dan psikologi forensik, toksikologi forensik dan ahli DNA," kata Hengki.

Penyidik mengungkap sejumlah temuan. Salah satunya kain bertuliskan mantra dan aktivitas ritual yang aktif dilakukan keluarga tersebut.

"Ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan yang mengarah kepada almarhum Budiyanto bahwa yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu," kata Hengki akhir November lalu.

Budiyanto merupakan salah satu korban. Dia berstatus sebagai adik dari kepala rumah tangga Rudiyanto Gunawan.

Aktivitas Budiyanto itu diduga diikuti oleh tiga anggota keluarga lainnya. Para korban itu percaya lewat ritual yang dijalankan hidup mereka akan menjadi lebih baik.

"Hal ini mengakibatkan adanya suatu believe dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga dilakukan melalui ritual tertentu," jelas Hengki Haryadi.

Ris Astuti, adik dari almarhum Renny Margaretha, mengngkapkan, ia sudah lama tak berkomunikasi dengan keluarga kakaknya. "Terakhir berkomunikasi lima tahun lalu. Itu pun melalui telepon," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Dorong Pelaksanaan Ibadah Haji 2023 Dipersingkat Jadi 35 Hari

DPR mendorong pemerintah agar mempersingkat durasi pelaksanaan ibadah haji 2023 menjadi 35 hari.

NASIONAL | 9 Februari 2023

FKPT Jateng Ajak Masyarakat Hindari Politik Identitas

Ketua FKPT Jateng Syamsul Ma’arif mengajak masyarakat menghindari penggunaan politik identitas.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

"Kalau hanya mengandalkan 70:30 saja subsidi bagi jemaah haji kita, tidak perlu ada BPKH. Dibubarkan saja!" kata Marwan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Polisi Temukan Puluhan Video Dewasa Milik Pelaku Pencabulan Belasan Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Jambi.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Menkes Sebut Biaya Vaksin Berbayar Rp 100.000 Masuk Akal

Menkes Budi Gunadi mengatakan, harga vaksin berbayar bagi masyarakat kurang mampu akan ditanggung negara melalui mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Sosialisasi KUHP, Ahli Hukum Berikan Edukasi di Manokwari

Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki), kembali melakukan sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Cari Pilot Susi Air, Aparat Gabungan Telusuri Hutan di Nduga Papua

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penelusuran hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan guna melacak keberadaan pilot Susi Air.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Indonesia Emas 2045, BUMN Diharapkan Jadi Pemeran Utama

BUMN diharapkan bisa menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Usut Kasus Lahan yang Libatkan Bripka Madih, Polda Metro Gandeng BPN

Polda Metro Jaya menggandeng Badan Pertanahan Nasional atau BPN untuk mengusut kasus lahan yang melibatkan Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE